×

Cara mengatasi PMS

Bagikan Artikel :

  • Nelly Tampubolon
  • Selamat sore bu bidan, kenapa yah setiap menjelang menstruasi saya jadi mudah marah dan lebih sensitif? bagaimana sih cara mengatasi PMS itu bu bidan? Terimakasih:)

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo selamat pagi Maharani 🙂
    Mudah marah dan sensitif menjelang menstruasi terjadi karena respon sel otak yang disebut dengan reseptor GABA. Fungsi sel GABA pada otak ialah untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang terkait dengan stress dan kecemasan. Pada wanita yang menderita PMDD atau Premenstrual Dysphoric Disorder (jenis gangguan disforik pramenstruasi) hormon progesteron akan mengubah bentuk reseptor GABA pada otak kecil. Nah perubahan bentuk yang terjadi saat menjelang menstruasi inilah yang membuat sel GABA akan sulit megontrol perasaan cemas, stress mudah marah dan lebih sensitif.

    Maharani tidak perlu merasa takut atau khawatir ketika rasa marah yang muncul ketika menstruasi, karena hal tersebut bukan merupakan kelainan. Dan juga emosi yang tidak stabil ini wajar terjadi pada setiap wanita yang sedang menstruasi. Hal yang perlu dilakukan hanya bagaimana cara mengatasi rasa marah tersebut agar tidak menyakiti orang-orang sekitar 🙂 ada beberapa cara untuk mengatasi marah dan sensitif ketika menstruasi seperti :
    Makan, makanlah makanan/cemilan yang sehat, jangan mengkonsumsi alkohol, rokok, atau yang mengandung kafein karena bisa membuat semakin tinggi rasa marah anda.
    Banyak beristirahat.
    Olahraga atau berusaha untuk aktif bergerak ketika menstruasi.
    Curhat, cari teman atau kerabat yang bisa diajak mengobrol agar anda bisa melupakan apa yang membuat anda marah.
    Tidur yang cukup, karena akan membuat otak menjadi lebih rileks sehingga tidak mudah terpicu oleh rasa marah.
    Banyak mengkonsumsi air mineral.
    Banyak mengkonsumsi susu yang rendah lemak atau jus untuk melengkapi kebutuhan kalsium dan vitamin D yang bisa mencegah PMS.
    -Terakhir, ketika sebelum menstruasi tiba, sebisa mungkin anda menghindari diri dari perdebatan yang tidak perlu.

    Dengan menjaga tubuh untuk tetap fit dan prima menjelang menstruasi maka naik turunnya mood bisa dikurangi seminimal mungkin. Perlu diingat juga bahwa perubahan perilaku dan fisik yang terjadi ketika menjelang menstruasi merupakan hal yang normal yang menyertai siklus reproduksi wanita. Semoga bisa membantu Maharani:) Salam Sehat!! Terimakasih telah berkunjung ke situs Curhatbidan.com

    1 balasan, 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan