evidence base

  • Dari
    Pertanyaan
  • #154

    Apa evidence base dari persiapan persalinan??

  • #499

    Selamat siang Zulfa. Terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com
    Segala bentuk pelayanan kesehatan harus sesuai dengan evidence base, yaitu asuhan yang berdasarkan bukti penelitian yang telah teruji menurut metodologi ilmiah sistematis. untuk persiapan persalinan yang sesuai dengan evidence based harus memerhatikan 5 aspek , ke 5 aspek tersebut yaitu:
    1. Aspek Pemecahan Masalah yang diharapkan untuk menentukan Pengambilan Keputusan Klinik (Clinical Decision Making).
    2. Aspek Sayang Ibu dan juga sayang Bayi
    3. Aspek Pencegahan Infeksi
    4. Aspek Pencatatan (Dokumentasi)
    5. Aspek Rujukan
    Setelah 5 aspek tersebut, tenaga kesehatan akan melakukan tindakan persiapan persalinan yang sesuai dengan Evidence based diantaranya :
    1. asuhan sayang ibu
    sebelum evidence based ibu bersalin dilarang untuk makan dan minum bahkan untuk memberishkan dirinya. setelah evidence based ibu bebas melakukan aktifitas apapun yang mereka sukai, seperti jalanm makanm dll.
    2. pengaturan posisi persalinan
    sebelum evidence based ibu hanya noleh bersalin dengan posisi terlentang. setelah evidence based ibu bebas untuk memilih posisi yang mereka inginkan. seperti jongkok, berdiri, miring, dll.
    3. Menahan nafas saat mengeran
    sebelum evidence based Ibu harus menahan nafas pada saat mengeran. setelah evidence based Ibu boleh bernafas seperti biasa pada saat mengeran
    4. tindakan episiotomi
    sebelum evidence based slalu rutin melakukan episiotomi (menghindari ruptur perineum yang tidak beraturan). setelah evidence based episiotomi hanya dilakukan pada saat tertentu saja.
    Semoga jawaban kami membantu, kami tunggu konsultasi selanjutnya. Salam

You must be logged in to reply to this topic.