Flek Cokelat

  • Dari
    Pertanyaan
  • #169

    Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI
    apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan?
    bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

    #519

    Selamat Pagi Bunda terimakasih telah berkonsultasi kepada kami http://www.curhatbidan.com

    SADARI adalah singkatan dari pemeriksaan payudara sendiri. Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh diri sendiri dihadapan cermin. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan secara rutin oleh wanita yang sudah menstruasi. SADARI dilakukan satu bulan sekali pada senggang waktu hari ke 5 sampai hari ke 10 setelah hari pertama menstruasi. Pemeriksaan ini meliputi dua hal, yaitu yaitu pengamatan secara langsung dan yang kedua adalah palpasi atau pemijatan. Tujuan dari sadari adalah untuk mengetahui secara dini apakah terdapat kelainan seperti tanda awal kanker payudara. Meski kanker payudara merupakan penyebab kematian terbesar pada wanita di Indonesia, tetapi penyakit ini sangat besar kemungkinannya bisa disembuhkan jika sudah diketahui sejak dini. Menurut badan Badan Kesehatan Dunia, satu dari dua pasien kanker payudara akan meninggal dunia karena terlambat ditangani.

    Berikut langkah melakukan SADARI.

    1. Berdirilah tegak menghadap cermin dalam kondisi terang. Amati jika adanya perubahan pada bentuk, permukaan kulit payudara, terjadi pembengkakan, atau perubahan pada bagian puting.
    2. Angkat kedua lengan dan letakkan di belakang kepala. Setelah itu, dorong siku ke depan dan amati payudara Anda. Dorong juga siku ke belakang dan amati bentuk serta ukuran payudara. Ketika melakukan gerakan ini, otot dada akan berkontraksi.
    3. Letakkan kedua tangan pada pinggang, lalu condongkan bahu ke depan. Kembali dorong kedua siku ke depan dengan kuat sehingga membuat otot dada berkontraksi. Amati apabila terdapat perubahan pada payudara Anda.
    4. Angkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku. Sementara itu, gunakan tangan kanan untuk meraba dan menekan area payudara. Cermati seluruh bagian kedua payudara dan raba hingga ke area ketiak. Raba lah dengan gerakan lurus dari atas ke bawah payudara dan sebaliknya. Kemudian lakukan gerakan melingkar di payudara. Lakukan juga dengan gerakan lurus dari tepi lingkaran payudara ke daerah puting dan sebaliknya.
    5. Cubit kedua puting. Lalu, cermati apakah ada cairan yang keluar dari puting payudara Anda.
    6. Lakukan dalam posisi tidur. Letakkan bantal di bawah pundak kanan dan angkat lengan kiri ke atas. Kemudian amati payudara sebelah kanan sambil melakukan gerakan meraba seperti langkah keempat. Gunakan jari-jari Anda untuk tekan seluruh bagian payudara hingga daerah ketiak. Lakukan pula pada payudara sebelah kiri.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

     

    #529

    ayu hamil mantan suami jahat

You must be logged in to reply to this topic.