Haid Tidak Teratur

  • Dari
    Pertanyaan
  • #2047

    Dok saya mau bertanya, terakhir istri saya kan haid pada tanggal 8 februari hingga tanggal 14 februari. Namun setelah 1 minggu bersih dari haid, kemudian pada tanggal 20, 21, 22 istri saya mengeluarkan darah yang memang terbilang kecil hanya sebesar cendol tapi bergumpal. Namun, setiap hari hanya ada 1 gumpalan saja yang keluar ini. Yang saya mau tanyakan, ini kira kira kenapa ya dok dengan kondisi istri saya? berbahaya tidak dok, mohon penjelasannya, terimakasih.

  • #2181

    Selamat siang terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com
    Pengeluaran gumpalan darah haid merupakan kondisi yang normal jika tidak disertai dengan gejala lain seperti nyeri perut bagian bawah, rasa panas pada pangguul dan jumlahnya tidak melebihi seperempat dari jumlah darah menstruasi. Namun waspadai bila keluarnya gumpalan darah disertai dengan keluhan lain seperti:

    1. volume darah haid yang berlebihan
    2. menstruasi berkepanjangan
    3. gumpalan darah sangat banyak (lebih dari seperempat jumlah darah haid)
    4. timbul nyeri perut yang hebat
    Menstruasi sangat dipengaruhi oleh hormon. Jika hormon tidak seimbang maka siklus menstruasi akan tidak teratur. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakseimbangan hormon antara lain diet ketat, obesitas, kehamilan, KB hormonal, endometriosis, kista ovarium.
    Jika pengeluaran gumpalan darah disertai keluhan dan lebih dari 2 minggu segera hubungi dokter kandungan. Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

You must be logged in to reply to this topic.