×

Kanker payudara

Bagikan Artikel :

  • Irma Andari
  • Bu saya punya masalah dgn payudara putingnya jika ditekan mengeluarkan cairan berwarna putih bening. Apakah ini termasuk gejala kanker payudara? Bagaimana cara mengatasinya?
    Terimakasih

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Sebelumnya ada yang ingin saya tanyakan. Apakah ada tanda-tanda lain seperti kerutan di daerah payudara, luka memar, tarikan payudara dan benjolan payudara?
    Karena apabilah hanya keluar cairan dari puting tanpa ada keluhan lain yang sudah saya sebutkan tadi normal saja meskipun Anda tidak hamil atau menyusui. Keluarnya cairan dari puting dapat terjadi pada sebagian wanita jika puting ditekan. Kondisi ini dalam dunia medis dikenal dengan galactorrhea, yakni keluarnya air susu dari puting yang tidak terkait dengan produksi susu normal menyusui. Galaktorea bukanlah penyakit, namun bisa menjadi tanda dari adanya masalah yang mendasarinya. Galaktorea dapat terjadi pada wanita, bahkan yang belum pernah memiliki anak atau setelah menopause, laki-laki, atau bayi. Galaktorea disebabkan oleh peningkatan hormon prolaktin, hormon yang bertanggung jawab untuk produksi susu (laktasi) ketika Anda memiliki bayi. Tapi jika pengeluaran dari puting terjadi tanpa menekan atau meremasnya dan terutama jika cairan bercampur darah, hanya berasal dari salah satu payudara dan disertai keluhan lain segera temui dokter.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    1 balasan, 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan