×

Keluar bercak merah kecoklatan sebelum masa haid

Bagikan Artikel :

  • Dwi Nanda
  • Mau tanya dok apakah itu normal?, padahal saya baru umur 18 tahun dan memang siklus haid saya belum teratur

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Sebenarnya, ada beberapa penyebab bercak cokelat sebelum haid Anda. Nah, agar tidak panik, sebaiknya cari tahu penyebab munculnya flek cokelat yang
    Berikut adalah penjelasan selengkapnya.
    1. Gejala premenstrual syndrome (PMS)
    Salah satu penyebab bercak cokelat atau bercak darah sebelum siklus haid bisa jadi gejala premenstrual syndrome (PMS), yang menandakan bahwa Anda akan datang bulan dalam waktu dekat.Umumnya, selang 1-2 hari atau bahkan beberapa jam setelah munculnya bercak yang berwarna merah muda atau cokelat, darah haid akan mulai mengalir seperti biasa.Selain bercak cokelat, beberapa tanda lain yang menyertai gejala PMS, seperti perut terasa kembung, kram perut, hingga payudara terasa kencang dan nyeri.
    2. Sisa darah menstruasi
    Tidak hanya gejala PMS, penyebab bercak cokelat sebelum siklus haid bisa saja merupakan cairan keputihan yang sedikit bercampur dengan darah lama sisa menstruasi kemarin.Sisa darah yang masih menempel di dinding rahim ini dapat luruh dan keluar sewaktu-waktu. Maka dari itu, flek cokelat setelah haid tidak perlu dikhawatirkan karena bukan tanda penyakit tertentu.
    3. Cedera vagina
    Penyebab flek cokelat sebelum haid berikutnya adalah cedera vagina. Umumnya, cedera vagina menimbulkan darah yang berwarna merah.Cedera vagina dapat terjadi akibat aktivitas seksual yang terlalu kasar. Selain itu, penggunaan kondom, mainan seks, atau tampon juga dapat mengiritasi area vagina sehingga menimbulkan bercak cokelat hingga berwarna kemerahan.
    4. Baru melakukan tes Pap smear
    Pemeriksaan di area vagina, termasuk tes Pap smear, mungkin saja menyebabkan munculnya flek cokelat. Anda tak perlu khawatir karena flek cokelat akan hilang dengan sendirinya.Akan tetapi, jika bercak cokelat tak kunjung hilang setelah melakukan pemeriksaan di area vagina, segera konsultasikan dengan dokter.
    5. Ciri-ciri hamil
    Flek bisa jadi tanda hamil jika hari berikutnya tidak menstruasi.

    Untuk menentukan penyebabnya lakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    1 balasan, 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan