×

Keluar darah di vagina

Bagikan Artikel :

  • Mia Ilmiyah agus pratiwi
  • Bu saya tadi habis cuci baju keluar darah bu sedikit . Apa faktor kecapean atau gimana ya.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Hampir semua wanita dewasa pernah mengalami pengeluaran darah/bercak darah diluar menstruasi. Penyebabnya beragam, bisa dari hal yang berbahaya atau tidak sama sekali. Salah satu penyebabnya yaitu :
    1. Perubahan hormon yang signifikan
    Perubahan ini bisa terjadi karena wanita memasuki masa puber atau memasuki masa menopause. Selain itu, wanita yang mendekati menstruasi juga akan mengeluarkan cairan vagina dengan warna merah muda. Cairan ini muncul saat wanita melakukan seks dengan pasangan. Sementara itu pada wanita yang memasuki usia puber, darah akan muncul sebagai tanda dari menstruasi.
    2. PCOS
    PCOS juga menyebabkan perubahan hormon di dalam tubuh wanita menjadi tidak seimbang. Perubahan ini akan mengganggu menstruasi bulanan dan juga memunculkan bercak darah di luar jadwal. Selain masalah menstruasi, kondisi ini juga ditandai dengan kista di ovarium dan jerawat yang susah disembuhkan.
    3. Kontrasepsi hormonal
    Kontrasepsi hormonal ada banyak mulai dari jenis pil, suntik, hingga implan yang dimasukkan oleh dokter ke tubuh. Hormon tiruan yang dimasukkan ke dalam tubuh wanita akan menyebabkan banyak perubahan seperti tidak terbentuknya ovarium hingga masalah perdarahan pada beberapa orang.
    4. Kelainan di rahim
    Kelainan pada rahim juga bisa menyebabkan perdarahan di luar waktu siklus haid. Perdarahan yang terjadi pada wanita ini biasanya muncul dengan sendirinya atau setelah melakukan seks. Darah akan keluar disertai dengan rasa nyeri yang cukup mengganggu.
    5. Penyakit menular seksual
    Hal terakhir yang jadi penyebab perdarahan di luar siklus haid adalah penyakit menular seksual. Kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan ringan disertai rasa sakit dan cairan abnormal lain seperti keputihan patogen.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    1 balasan, 3 hari, 18 jam yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan