Kuret Akibat Keguguran

  • Dari
    Pertanyaan
  • #2074

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    #2138

    Selamat siang terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com
    Kuret adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengikis lapisan rahim (endometrium). Proses ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan jaringan yang tersisa di dalam rahim.

    Proses kuretase tentunya akan diupayakan se-steril mungkin. Namun tetap saja, setiap prosedur tindakan medis memiliki resiko infeksi, apalagi tindakan kuretase dengan memasukan alat dari luar tubuh ke dalam tubuh Anda. Maka dari itu resiko infeksi dari paparan kuman luar cukup tinggi. Tentu tim dokter pasti sudah berupaya meminimalisasi risiko terjadinya hal ini, namun kembali lagi kejadian infeksi selama operasi adalah hal yang sulit diprediksi. Jika infeksi ini menyebar maka kemungkinan besar akan menyebabkan komplikasi dengan gelaja-gejala :

    1. Perdarahan hebat yang terkadang disertai dengan adanya gumpalan besar.
    2. Rasa nyeri atau sakit pada perut bagian bawah.
    3. Terjadinya perubahan cairan vagina seperti keputihan dan berbau.
    4. Mengalami demam dengan suhu yang tinggi.
    5. Mengalami menstruasi yang tidak normal sebulan setelah kuret.
    Jika mengalami gelaja seperti ini sebaiknya tidak diabaikan dan segera menghubungi dokter kandungan agar segera ditangani secara tepat.
    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

You must be logged in to reply to this topic.