×

Menstruasi sakit dan tidak teratur

Bagikan Artikel :

  • Siska Damayanti
  • Selamat siang mbak, saya siska mau tanya kalo saya seminggu sebelum datang haid kaki saya terasa pegel**, trus pas udah dtang haidnya perut ,pinggang sampai menjalar kekaki sakitnya? Dan pas dtang haid tanggalnya gak teratur, kalo seandainya bulan belkang tgl 16 ,blan ini dtangnya tgl 11 apakah itu wajar mbak ?

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Yang Anda alamai adalah premenstrual syndrome (PMS) dan dysmenorrhe. Kedual ini normal di alami wanita usia reproduksi. Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan kombinasi dari gejala-gejala yang dirasakan secara fisik maupun emosional yang terjadi setelah proses ovulasi (proses pelepasan sel telur dari indung telur) dan sebelum dimulainya menstruasi (sekitar 1 minggu sebelum menstruasi).

    Bagi beberapa wanita, gejala PMS yang dialami hanya ringan atau bahkan sama sekali tidak terasa. Namun bagi sebagian wanita yang lain, gejala PMS yang muncul bisa jadi sangat parah hingga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari, termasuk bekerja dan sekolah.

    Gejala PMS umumnya berbeda-beda, tapi salah satunya yaitu perut terasa kembung, payudara terasa lebih lembut dan membesar, sakit kepala, nyeri di persendian serta otot, pembengkakan di anggota tubuh, kenaikan berat badan, lebih mudah marah, mudah cemas, terlihat bingung, dan lebih nyaman menyendiri.

    Nah kalau dysmenorrhoe yaitu terjadi pada saat menstruasi dan bukan menandakan adanya masalah pada organ reproduksi. Keadaan ini umumnya disebabkan peningkatan dari prostaglandin, yang diproduksi pada lapisan dari rahim. Peningkatan prostaglandin memicu kontraksi dari uterus atau rahim. Secara alami, rahim cenderung memiliki kontraksi lebih kuat semasa haid. Kontraksi rahim ini dapat menimbulkan keluhan nyeri.

    Selain itu, kontraksi rahim yang terlalu kuat dapat menekan pembuluh darah sekitar dan menyebabkan kurangnya aliran darah ke jaringan otot dari rahim. Jika jaringan otot ini mengalami kekurangan oksigen akibat kekurangan suplai darah, keluhan nyeri dapat timbul.

    Jadi baik PMS maupun dysmenorrhoe yang Anda alami setiap bulan itu bukanlah sebuah penyakti atau hal yang perlu ditakuti.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    1 balasan, 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan