Penanganan herpes zoster

  • Dari
    Pertanyaan
  • #2070

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

    #2142

    Selamat pagi, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com
    Herpes tergolong dalam infeksi yang perlu dikhawatirkan saat kehamilan, yaitu infeksi TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes). Penyakit herpes pada wanita hamil juga bisa menular kepada anak yang sedang dikandungnya. Bahaya atau tidaknya tergantung pada kapan pertama kali sang ibu terinfeksi virus herpes. Gejala herpes yang dapat timbul di antaranya demam, nyeri otot, mual, lelah, dan muncul luka atau lentingan yang terasa nyeri pada mukosa mulut atau vagina. Luka ini dapat menyebabkan keluhan nyeri saat berkemih.
    Jika ibu pertama kali terinfeksi penyakit herpes pada wanita saat hamil trimester pertama atau kedua (sampai minggu ke-26), ibu berisiko tinggi mengalami keguguran. Herpes memang terdiri dari beberapa macam misalnya herpes zooster, Herpes Simpleks Tipe I, Herpes Simpleks Tipe II dan Herpangina. Nah untuk menentukanya perlu pemeriksaan secara langusng. Sebaiknya Anda berkonsultasi pada Dokter Kandungan (Sp. OG) untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.
    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

You must be logged in to reply to this topic.