×

Perbedaan bercak kehamilan dan menstruasi

Bagikan Artikel :

  • Raysha Azzahra
  • Hpt saya bulan april tgl 22 dok tapi darah yg keluar saat menstruasi hanya sedikit seperti bercak kemudian tgl 3 mei keluar bercak lagi berwarna coklat kira kira karna apa ya dok soal nya saya belum pernah seperti ini berbahaya gak dok

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo, terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Jangan sampai terkecoh ya. Ada beberapa ciri atau perbedaan antara pendarahan kehamilan dan menstruasi. Ciri atau perbedaan tersebut adalah:
    1. Warna
    Bercak darah pada pendarahan implantasi berwarna pink atau cokelat dan tampak samar-samar. Sementara, darah pada menstruasi berwarna lebih terang dan bercaknya tampak jelas.
    2. Aliran
    Aliran darah pada pendarahan implantasi ringan saja. Darah mengalir pelan dan tidak bertambah deras. Darah yang keluar juga tidak terdapat gumpalan-gumpalan seperti darah menstruasi. Sebaliknya, aliran darah menstruasi meski awalnya perlahan, semakin lama semakin deras.
    3. Kram
    Sebagaimana kram yang terjadi saat menstruasi, perdarahan implantasi mungkin memicu juga kram pada perut. Namun, cobalah perhatikan. Jika kram ringan diiringi bercak darah sedikit berwarna pink, kemungkinan Anda mengalami pendarahan implantasi. Sementara, jika kram terasa jauh lebih hebat, apalagi dibarengi keluarnya darah berwarna cerah, dengan jumlah yang cukup banyak, maka kemungkinan itu berarti Anda sedang mengalami menstruasi.
    4. Jeda waktu
    Berbeda dengan darah menstruasi yang keluar terus menerus sekitar 2-7 hari, pendarahan implantasi memiliki jeda waktu. Misalnya, saat ini muncul bercak, beberapa saat kemudian tidak muncul lagi sampai beberapa jam ke depan. Pagi muncul bercak, kemudian berhenti dan muncul lagi pada sore hari. Hal ini berlangsung selama 1-2 hari. Umumnya perdarahan implantasi akan berhenti, tidak lama setelah Anda mulai mengalami gejala mual muntah atau morning sicknes yang umumnya dialami ibu hamil.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membatnu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    1 balasan, 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan