Pijat Bayi

  • Dari
    Pertanyaan
  • #106

    Anonymous

    Siang bu bidan. Saya mau tanya, bayi saya usia 6 bulan apa sudah boleh dipijat ? Bagaimana langkah-langkah memijat bayi yang benar ?

    #429

    Siang Alisa,

    Pijat bayi dapat dilakukan pada usia berapa saja atau segera setelah bayi lahir. Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa pijatan dapat memberikan banyak manfaat bagi bayi. Beberapa manfaat pemijatan pada bayi diantaranya membantu bayi untuk tertidur pulas, membuat bayi rileks, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan berat badan, dan meningkatkan pencernaan.

    Memijat bayi harus dilakukan dengan penuh kelembutan. Sebelum memijat bayi pastikan ruangan bersuhu hangat dengan suasana yang tenang dan nyaman. Siapkan segala perangkat yang dibutuhkan untuk memijat bayi, seperti minyak untuk menggosok (baby oil) dan tatakan bayi. Mulailah memijat bayi dari tungkai atau pangkal paha ke bawah, dilanjutkan dengan lengan, dada, dan punggung. Waktu terbaik untuk memijat bayi adalah ketika bayi sedang terjaga namun dengan kondisi yang tenang. Hindari memijat bayi dalam keadaan terlalu lapar dan kenyang. Hindari pula memijat bayi pada saat tertidur lelap di siang hari.

    Sekian dan semoga bermanfaat.

You must be logged in to reply to this topic.