×

Seputar alat kelamin perempuan

Bagikan Artikel :

  • Nur Aulia
  • Assalamualaikum….
    nama saya:nurbella
    jadi saya mau tanya bulan lalu waktu puasa saya kebetulan mengeluarkan kayak darah itu apa keputihan warna coklat/itu mestruasi tapi keluarnya hanya sehari dan kali ini saya juga mengeluarkan kayak darah gitu itu apa ya bu bidan kalau sekarang kayak darahnya itu banyak itu pa menstruasi mohon dijawab yabu bidann
    [Terimakasih.wassalamualaikum wr.wb]

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Penyebab flek coklat ini bervariasi dari mulai hal yang normal hingga sesuatu yang ganas. Dalam banyak kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun jika terjadi terus-menerus selama beberapa bulan disertai dengan gejala lain, kemungkinan itu merupakan tanda dari kondisi medis tertentu.

    Penyebab Flek Coklat Sebelum Haid
    • Stres. Stres bisa membuat kadar hormon di dalam tubuh Anda menjadi terganggu, sehingga menyebabkan flek coklat sebelum memasuki periode haid.
    • Kehamilan. Flek coklat bisa menjadi tanda awal bahwa Anda sedang berbadan dua. Umumnya, flek keluar saat kehamilan berusia 4-6 minggu. Namun, jika Anda mengalami perdarahan selama kehamilan yang disertai dengan kram perut, mungkin itu pertanda Anda mengalami keguguran.
    • Perimenopause. Saat usia transisi menuju menopause, biasanya sekitar usia 40-an tahun, Anda mungkin akan melihat flek coklat sebelum haid. Itu terjadi karena tubuh sedang bertransisi menuju menopause, yaitu kondisi ketika Anda tidak lagi mengalami ovulasi dan menstruasi.
    • Efek samping alat kontrasepsi. Mengonsumsi pil KB dapat membuat Anda mengalami perdarahan dan flek coklat yang tidak teratur. Selain pil KB, alat kontrasepsi yang bisa memicu munculnya flek coklat adalah IUD atau KB spiral.
    • Infeksi. Infeksi pada organ kewanitaan dapat menyebabkan munculnya flek sebelum haid. Infeksi seperti penyakit menular seksual, infeksi jamur, hingga kanker serviks akibat infeksi HPV, bisa menyebabkan flek coklat sebelum haid disertai gejala lain seperti gatal atau nyeri pada vagina, nyeri setelah berhubungan seksual, dan muncul bau tidak sedap dari vagina.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    1 balasan, 2 minggu, 1 hari yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan