×

Seputar payudarah

Bagikan Artikel :

  • Risma Syifa
  • Assalamu’alaikum. Malam bu bidan, saya mau tanya sempat beberapa kali puting saya mengeluarkan bercah putih sehabis mandi tapi alhamdulillah sudah lama tidak. Tapi kalo sama melakukan sadari alhamdulillah tidak ada keluar cairan seperti yang bu bidan katakan diyoutube. Itu kenapa ya bu?

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Pengeluaran cairan putih dari putting tanpa benjolan dan rasa nyeri disebut dengan galaktorea. galaktorea merupakan pengeluaran cairan dari puting payudara yang tak terkait dengan produksi ASI. Meskipun bukan penyakit, galaktorea dapat merupakan tanda dari problematika kesehatan tertentu.

    Galaktorea umum dialami para perempuan berusia 20-35 tahun, baik mereka telah menikah dan berketurunan atau pascamenopause. Uniknya, galaktorea dapat saja dialami pria, bahkan bayi. Cara mengatasi galaktorea salah satunya :

    1. Hindari stimulasi payudara yang berlebihan.
    2. Pasien normoprolaktinemik dengan galaktorea yang mengganggu dapat berespons dengan pemberian kabergolin 0,25 mg dosis rendah dua kali seminggu. Pada pasien dengan gangguan hiperprolaktinemia, dapat diberikan obat golongan agonis dopamin, misalnya bromokriptin dan kabergolin.
    3. Galaktorea akibat prolaktinoma dapat ditangani secara medis, melalui surveilans yang cermat, sesuai ukuran dan pertumbuhan tumor, gejala terkait, dan kadar prolaktin.
    4. Prosedur pembedahan atau operasi dilakukan bila terjadi intoleransi, resistensi, atau kegagalan terapi, dijumpai problematika neurologis atau lainnya akibat ekspansi tumor secara langsung.
    5. Radioterapi perlu dipertimbangkan pada pasien dengan makroadenoma yang resisten atau tidak toleran terhadap terapi medis dan saat pembedahan belum berhasil.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    1 balasan, 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan