×

Tentang flek

Bagikan Artikel :

  • Arvindy Vindy
  • Dok saya kan kemarin sempet telat haid 3 hari tapi sudah mengeluarkan flek dikit setetes, lalu ke 4 hari nya saya keluar darah lumayan lalu 5 – 8 hari balik sedikit keluarnya itu pun sekali kadang di singa hati aja, lalu ke 9 gak keluar lalu saat saya kerja keluar lagi darah sedikit pada siang hari dan ke 10 juga gitu , lalu ke 14 nya saya udah gak keluar ya dok, saya berhubungan sama suami saya pada pagi hari gpp kok siang balik keluar flek coklat lagi dok kenapa ya dok

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Hampir semua wanita usia subur pernah mengalami flek. Flek ini ada beberapa penyebabnya. Salah satunya adalah :
    1. kehamilan
    Anda mungkin mengeluarkan flek kecokelatan setelah sel telur berhasil dibuahi sperma dan menempel ke dinding rahim. Flek cokelat sebelum haid yang menjadi tanda kehamilan disebut dengan perdarahan implantasi.
    2. Sisa darah haid
    Flek cokelat bisa saja cairan keputihan yang sedikit bercampur darah tua sisa menstruasi kemarin.
    3. Gejala PMS
    Selain itu, flek cokelat juga bisa menjadi gejala PMS yang menandakan bahwa Anda mau haid dalam waktu dekat. Biasanya selang 1-2 hari atau bahkan beberapa jam setelah flek, darah haid akan mulai mengalir seperti biasa.
    4. Cedera vagina
    Kemungkinan lainnya yang memunculkan flek cokelat adalah cedera vagina. Cedera bisa jadi timbul akibat penetrasi seksual yang terlalu kasar.
    5. Baru pasang alat kontrasepsi
    Pil KB atau KB spiral bisa membuat vagina mengeluarkan bercak cokelat. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena sebetulnya sangat normal.
    6. Baru tes Pap smear
    Anda mungkin saja mengeluarkan flek cokelat setelah menjalani pemeriksaan di area vagina. Pap smear termasuk salah satu tes yang menyebabkan hal ini.
    7. Perimenopause
    Pada wanita usia paruh baya (sekitar 40-50 tahun), kemunculan flek cokelat umumnya menandakan Anda sedang dalam masa perimenopause.

    Nah yang disebutkan di atas adalah penyebab flek yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Tapi ada juga flek yang menandakan ketidak normalan salah satunya adalah:
    1. Penyakit menular seksual
    Flek cokelat berbau tidak sedap bisa menjadi tanda penyakit kelamin yang menular lewat hubungan seks tanpa kondom. Misalnya klamidia atau gonore.
    2. Penyakit radang panggul
    Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi pada organ reproduksi wanita seperti rahim, leher rahim (serviks), indung telur (ovarium), atau tuba fallopi.
    3. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
    PCOS adalah penyakit yang terjadi akibat ketidakseimbangan hormon androgen dalam tubuh. Kondisi ini membuat siklus haid jadi tidak teratur sehingga sering memicu munculnya flek cokelat di antara waktu haid.
    4. Kanker serviks
    Pada kasus yang jarang, kehadiran flek cokelat sebelum haid bisa menandakan kanker serviks. Tanpa perawatan medis, kanker serviks bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang bersifat fatal. Bahkan kematian.

    Anda disarankan segera ke dokter apabila mengeluarkan flek disertai gejala seperti :
    • Sering terjadi setelah berhubungan seks
    • Flek cokelat memiliki aroma yang tidak sedap
    • Kemunculan flek disertai dengan rasa sakit atau kram perut
    • Flek disertai dengan gatal-gatal di vagina

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    1 balasan, 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan