×

Tentang kehamilan

Bagikan Artikel :

  • Martins Varela
  • Halo matsore ibu bidang..
    Ini aku varela istri aku baru lahir 2 bulan tpi kami uda beraktifitas hubungan intim lagi..dan saat berhubungan intim kurasa uda sedikit sel sperma yg uda masuk ..kira2 uda 2 kali begini …apakah istri saya bisa terjadi kehamilan lagi ya ibu bidan…tolong masukannya ya ibu bidan…
    Makasih buat curhat bidan.🙏🙏🙏

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Setelah melahirkan, seorang perempuan bisa hamil kembali hanya dalam waktu 3 minggu. Bahkan ketika siklus menstruasi belum kembali stabil. Biasanya menstruasi baru kembali terjdi 6 minggu setelah persalinan.

    Untuk para ibu yang tak menyusui, bisa kembali menstruasi pada hari ke-74. Setelah itu, kehamilan bisa langsung terjadi. Tidak menyusui memang membuat kemungkinan hamil kembali lebih tinggi.

    Hal itu karena selama proses menyusui hormon yang dikeluarkan tubuh untuk menghasilkan ASI menghambat terjadinya ovulasi atau pematangan sel telur. Menyusui dalam beberapa hal memang bisa menghambat kehamilan.

    Tapi ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadikan menyusui sebagai kontrasepsi alami. Pertama menyusui harus secara eksklusif. Artinya Anda tak memberikan asupan apapun pada bayi selain ASI.

    Menyusui juga harus dilakukan secara intensif yaitu menyusui langsung. Selama 5 jam di siang hari dan 6 jam di malam hari dan terus menyusui apapun kondisinya. Jika berhenti menyusui sehari saja, bisa menurunkan level hormon prolaktin dalam tubuh yang bisa memicu kembali proses ovulasi.

    Setelah ibu kembali menstruasi, berarti menyusui tak lagi bisa menunda kehamilan. Ibu harus mencari cara atau alat lain sebagai kontrasepsi.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

    1 balasan, 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan