×

Testpack garis 2 tetapi samar

Bagikan Artikel :

  • Ira Wati
  • Malam bu bidan, saya mau nanya, saya sudah melakukan testpack garisnya ada 2 tapi yg 1 samar 1 nya jelas, itu artinya apa ya bu? Kalau memang artinya saya positif hamil, kira” kapan saya harus periksa ke bidan atau USG ke dokter kandungan? Terima kasih.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Hallo terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com

    Ada beberapa alasan hasil testpack garis samar, salah satu penyebabnya adalah:

    1. Kamu sedang hamil
    Bila kamu melakukan tes kehamilan di rumah dan hasilnya menunjukkan dua garis samar, kemungkinan besar kamu hamil. Test pack dengan dua garis samar dapat karena hormon hCG yang dihasilkan masih sangat rendah dan belum bisa terdeteksi sepenuhnya. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka hormon hCG dalam tubuh akan meningkat. Kamu bisa mengulang tes kehamilan beberapa hari kemudian.
    2. Test pack mengalami penguapan
    Dua garis samar pada test pack juga bisa disebabkan oleh proses penguapan dari urine pada alat tes. Untuk menentukan apakah garis samar yang timbul adalah tanda positif atau garis penguapan, perhatikan kapan garis kedua tersebut muncul. Garis penguapan biasanya muncul beberapa menit setelah waktu yang disarankan dalam instruksi pemakaian. Sebaliknya, bila hasil positif samar sudah terlihat dalam rentang waktu yang disarankan, kemungkinan besar kamu hamil. Untuk itu, penting membaca hasil tes, sesuai dengan instruksi yang ada.
    3. Kamu mengalami keguguran dini
    Sayangnya, garis positif yang samar juga bisa menjadi tanda keguguran yang sangat dini dan sering dikatakan kehamilan kimiawi, yang biasanya terjadi di bawah usia 12 minggu atau jauh lebih awal dari itu. Jika kamu masih melihat hasil positif setelah keguguran, test pack biasanya memperlihatkan garis yang samar. Hal ini disebabkan peningkatan hormon hCG masih terdeteksi, meski kadarnya telah mulai menurun.
    Bila tidak yakin dengan hasil yang muncul, kamu dapat mengulang tes beberapa hari kemudian. Bila kamu benar hamil, maka hormon hCG akan sudah meningkat dan dapat memunculkan garis yang lebih tegas. Pastikan juga untuk menggunakan test pack dengan tepat agar hasilnya lebih akurat.

    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu. Salam

    1 balasan, 12 bulan yang lalu

    You must be logged in to reply to this topic.

    Bagikan Artikel :

    Tanya Bidan