usia kehamilan sudah hampir lebih dari 9 bulan tapi bayi belum lahir

  • Dari
    Pertanyaan
  • #2036

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

    #2214

    Selamat siang terimakasih telah berkonsultasi kepada kami di http://www.curhatbidan.com
    Normanya usia kehamilan pada persalinan terjadi dalam usia 38-42 minggu. Jika lebih, maka kehamilan dianggap melewati waktu. Kehamilan lewat waktu (KLW) merupakan kehamilan yang berlangsung melebihi 42 minggu atau 294 hari dari hari pertama haid terakhir (HPHT).
    Jika hal ini terjadi maka harus segera ditangani dan dilakukan pemeriksaan oleh dokter kandungan agar segera diketahui apakah penyebabnya. Selain itu dokter juga akan memantau kesejahteraan janin dari jumlah air ketuban, kematangan plasenta, dan kardiotokografi.
    Setelah itu dokter akan memutuskan mengenai proses persalinannya. Bila dilakukan persalinan pervaginam, biasanya dokter akan melakukan induksi dengan obat-obatan dan cara tertentu. Namun bisa juga persalinan melalui operasi Caesar jika induksi gagal, ukuran bayi terlalu besar, gawat janin, dan lain-lain.
    Demikian penjelasan dari kami semoga dapat membantu, kami tunggu konsultasi berikutnya. Salam

You must be logged in to reply to this topic.