Faktor Penyebab Cacat Kandungan yang Harus Diwaspadai

Menjaga kehamilan agar tetap sehat merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap calon ibu. Memeriksakan kandungan secara rutin ke bidan atau dokter kandungan Anda merupakan cara yang tepat untuk mengontrol kondisi kandungan, meskipun ibu merasa dalam kondisi yang fit. Karena, ada banyak hal yang bisa mengganggu kondisi kandungan yang mungkin saja tidak ibu ketahui. Ada banyak gangguan kehamilan yang bisa timbul, salah satunya adalah cacat kandungan.

Cacat kandungan merupakan suatu kondisi dimana adanya ketidaknormalan dalam struktur ataupun fungsi tubuh pada bayi. Hal ini biasanya diketahui setelah bayi lahir. Kondisi ini memang jarang terjadi, namun ketika terjadi akibatnya bisa menyebabkan bayi memiliki kecacatan fisik ataupun mental. Beberapa kecacatan tersebut bisa saja bersifat fatal bagi bayi, bahkan pada beberapa kasus bisa menyebabkan kematian.

Faktor Penyebab Cacat Kandungan yang Harus Diwaspadai oleh Ibu Hamil

Terdapat beberapa faktor penyebab cacat kandungan yang harus diwaspadai untuk menghindari kemungkinan bayi mengalami ketidaknormalan, diantaranya :

  • Masalah Genetik

    Permasalahan ini timbul ketika satu atau beberapa gen tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Selain itu, hal ini juga bisa diakibatkan karena adanya bagian gen yang hilang.

  • Permasalahan pada Kromosom

    Masalah pada kromosom ini disebabkan karena adanya bagian kromoson yang hilang, sehingga kromosom tersebut tidak dapat bekerja dengan sempurna.

  • Masalah pada Lingkungan

    Faktor penyebab cacat kandungan yang harus diwaspadai yang terakhir yaitu adanya permasalah pada lingkungan ibu yang sedang hamil. Misalya ibu hami terserang penyakit rubella atau German measles dan penggunaan obat-obatan terlarang dan mengonsumsi minuman beralkohol selama masa kehamilan.

Selain dengan menghindari faktor penyebab cacat kandungan tersebut, ibu hamil juga harus mengetehui dan menghindari faktor yang bisa menimbulkan risiko ibu hamil mengalami cacat kandungan. Faktor risiko tersebut diantaranya adalah :

  1. Kegemukan

    Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu kondisi pada ibu hamil yang bisa menimbulkan berbagai masalah, termasuk cacat kandungan. Menjaga berat badan dan pola hidup selama masa kehamilan bisa membantu mengurangi risiko cacat kandungan.

  2. Obat-obatan Tertentu

    Beberapa jeis obat-obatan tidak akan dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika memang ibu mengalami masalah padakesehatan dan diharuskan mengonsumsi obat, perhatikanlah bahan aktifnya dan dosis yang boleh dikonsumsio leh ibu hamil. Setelah itu, konsultasikan dengan dokter apakah obat tersebut aman untuk ibu hamil.

  3. Toxoplasmosis

    Kotoran kucing mengandung bakteri yang jika menginfeksi ibu hamil bisa menmbulkan cacat kandungan. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi wanita hamil untuk menghindari bahay ini dengan tidak bersentuhan dengan kucing selama masa kehamilan.

  4. Panas

    Panas merupakan musuh bagi janin dalam kandungan. Panas yang berlebih bisa terasa hingga ke dalam kandungan Anda. Maka dari itu, sebaiknya hindari mandi dengan air panas, sauna, dan panas terik matahari selama masa kehamilan.

Citra Dewi Amd.Keb - August 3, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
ANGGUN

Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat saya dalam keadaan sadar atau bahkan ketika sedang bermimpi. Bagaimana cara menyembuhkannya bu ? Saya merasa terganggu dengan kondisi seperti ini dan tolong segera dijawab ya. Terima kasih bu bidan.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Diranan

Selamat pagi, saat ini saya lagi hamil dan memasuki trimester kedua. Namun, kebetulan kemarin ada teman saya yang bilang, bahwa vitamin B kompleks sangat baik bagi ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Hanya saja saya takut dok, bukannya ibu hamil dilarang minum obat berbahan kimia yah dok? Mohon jawabannya.

Dijawab Oleh : Diranan
Diskusi Dari:
Milda

Selamat pagi, maaf bu bidan saya ingin menanyakan perihal kehamilan saya yang disertai dengan gejala kaki bengkak dan kini usia kehamilan saya menginjal trimester 3. Apakah hal ini wajar dan bagaimana cara mengatasinya ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Rani Anggraeni

Sore bu bidan.
Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

Perlu Jawaban