Faktor Penyebab Mata Bayi Lengket

Selamat datang di website Bidan Online, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi yang tidak kalah penting yaitu faktor penyebab mata bayi lengket. Ketika bayi bangun di pagi hari biasanya akan mendapati kesulitan pada saat mmebuka matanya dan bahkan ditemukan seperti cairan keruh dimatanya. Apakah kondisi seperti ini normal ? Sebelum Anda mulai panik alangkah baiknya jika Anda mengetahui gejala yang dialami oleh bayi Anda agar bisa memberikan penanganan yang tepat.

  • Konstaminasi Saat Persalinan

Mata lengket pada bayi bisa disebabkan oleh adanya konstaminasi dairan ketuban atau darah saat proses persalinan yang mengakibatkan mata menjadi terlihat keruh dan tidak berbau. Apabila mengalami kecoklatan lalu biasanya mata bayi akan terinfeksi yang tidak berbau, jika bayi Anda mengalami hal seperti ini maka Anda bisa membersihkan mata bayi untuk menghindari adanya infeksi. Untuk penanganannya alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan atau obat tetes mata yang cocok untuk usia bayi dan agar kuman yang ada di dalam mata bayi hilang.

  • Infeksi Kuman Saat Persalinan

Ada beberapa kondisi kesehatan pada ibu hamil saat persalinan yang bisa memicu mata bayi menjadi lengket seperti infeksi yang disebabkan karena kewanitaan ibu sedang mengalami infeksi. Bayi yang mengalami infeksi saat persalinan ibu biasanya ditandi dengan kondisi mata yang terlihat kekuningan atau bahkan bisa sampai kehijauan dan mata yang terinfeksi menimbulkan bau, pada kondisi tertentu juga bisa mengalami bengkak serta menyebabkan kemerahan akibat meradang.

  • Gangguan Anatomis

Dan penyebab mata bayi lengket yang ketiga adalah akibat tersumbat oleh air mata yang berada di saluran penghubung antara kantung mata dengan rongga hidung. Kondisi seperti ini akan menyebbakan debu menjadi menempel di mata bayi dan bisa mengakibatkan adanya infeksi. Gejala yang ditimbulkan biasanya mata selalu berair dan belek dipagi hari serta mata yang terinfeksi tidak menimbulkan bau. Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda bisa membersihkan matanya dan jika kondisinya justru malah semakin parah maka Anda bisa membawanya ke dokter agar mendapatkan resep dari dokter. Mata bayi pada umumnya harus mendapatkan perawatan baik dalam kondisi normal atau tidak dalam kondisi sehat.

Berikut di bawah ini beberapa tips untuk mengatasi mata lengket bayi :

  • Cuci tangan Anda terlebih dahulu untuk menghindari adanya infeksi yang semakin parah.
  • Anda bisa mencoba membersihkan mata bayi pada saat sedang memandikan bayi.
  • Gunakan bahan yang lembut dan sudah dicelupkan ke dalam air hangat untuk membersihkan mata bayi.
  • Bersihkan dari bagian tengah kebagian arah luar mata dan perhatikan saat membersihkan sebaiknya mengganti kapas.
  • Gunakan asi untuk menghindari adanya infeksi, salah satu fungsi dari asi mengandung antibodi yang bagus, oleh karena itu Anda cukup menyusui bayi Anda secara teratur.
  • Jika Anda mendapatkan kotoran yang lebih banyak, maka Anda bisa mengompresnya dengan kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat.
  • Hindarkan bayi Anda dari tempat yang banyak debu atau kotoran agar infeksinya tidak menjadi semakin parah.
  • Bersihkan ruangan bayi Anda setiap hari agar mendapatkan pergantian udara yang cukup.
  • Apabila bayi Anda mengalami infeksi mata lebih dari tiga hari, meskipun gejalanya ringan sebaiknya segera periksakan pada dokter untuk mendapatkan kondisi kesehatannya dan mendapatkan penanganan yang baik.

Demikian informasi mengenai faktor penyebab mata bayi lengket, semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi referensi mengenai gangguan kesehatan mata pada bayi.

Baca Juga :

Citra Dewi Amd.Keb - May 9, 2017
Diskusi Dari:
Tika

Saya mau bertanya kasus mengenai let it ovum.. itu kasus yang seperti apa ya? Ada nama lain nya tidak? Saya cari di google tdk ada

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan, saya ingin tau apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil, itu saja ya bu 🙂

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
salsa amelia

selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
laceyu4030243

Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apa saja yang bisa menghambat terjadinya kehamilan karena saya sudah 1 tahun menikah namun belum juga dapat momongan. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh : laceyu4030243
Diskusi Dari:
Yuli Ani

Selamat siang bu bidan,

Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

Dijawab Oleh : Yuli Ani