Faktor Penyebab Sariawan Pada Anak-Anak

Salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak ialah sariawan, sariawan timbul akibat kekurangan vitamin C dan serat. Sariawan adalah benjolan pada daerah mulut yang berwarna putih kekuningan. Sariawan yang muncul pada umumnya berjumlah lebih dari satu, karena itu keadaan ini sangat mengganggu anak-anak terutama katika anak makan. 

Rasa perih saat makan akan membuat anak-anak tidak bisa memakan makanannya. Sariawan ini menyerang bagian daerah bibir, pipi bagian dalam dan juga lidah.

Penyabab dari sariawan ini belum diketahui dengan pasti namun ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab sariawan diantaranya:

  • Kurangnya mengkonsumsi vitamin C, B dan zat besi pada anak.
  • Kebersihkan mulut yang kurang terjaga.
  • Akibat dari jamur seperti candida albicans.
  • Selalu memakan makanan yang berminyak seperti gorengan.
  • Sistem kekebalan tubuh yang mengalami penurunan.
  • Akibat luka yang muncul pada mulut yang mengalami infeksi bakteri contonhya seperti tergigit dan mengkonsumi makanan yang masih panas.
  • Meminum minuman yang terlalu asam

Itulah beberapa fator yang bisa menjadi penyebab munculnya sariawan pada anak-anak, untuk mengatasi sariawan pada anak bunda bisa memberikankanya obat sariawan yang sudah banyak dijual di toko obat. Atau bunda bisa juga mengatasi sariawan dengan ramuan alami yang masih tradisional agar anak tidak menolak melakukan pengobatan. kami akam memberikan sebuah tips membuat obat sariawan dengan menggunakan bahan alami.

Mengatasi sariawan pada anak dengan menggunakan Yoghurt

Produk olahan susu ini dianggap sebagai obat sariawan yang memiliki reaksinya lansung membunuh akar infeksi dari sariawan. Cara mengobatinya cukup mudah. Bunda bisa menyuruh anaknya untuk berkumur dengan yogurt selama 30 detik. Mengkonsumsi Yoghurt dua gelas sehari juga sangat baik untuk anak-anak.

Baking Soda

Baking soda mengandung sifat anti-bakteri yang sangat cocok digunakan untuk membunuh mikroorganisme berbahaya yang hidup di dalam tubuh, seperti jamur candida penyebab sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan baking soda bisa diawali dengan mencampur 10 ml air dengan 1 sendok teh baking soda, kemudian aduk hingga berbentuk pasta. Poles pasta obat pada seluruh area mulut, kemudian diamkan sampai mengering, baru dibersihkan dengan cara berkumur.

Baking soda juga cocok dijadikan obat sariawan untuk anak bayi karena tidak memberi efek samping yang membahayakan. 

Dengan temulawak

Bahan: Rimpang temulawak 1 jari, asam kawak 1 jari, gula aren dan air satu gelas.

Cara pembuatannya: Cuci bersih temulawak, kemudian ptong tipis-tipis dan masukan kedalam wadah bersih bersama air, dan asam tawak. Masaklah hingga mendidih selama 15 menit. Angkat dan tuangkan pada gelas dengan menambahkan gula aren secukupnya, setelah itu bunda bisa berikan pada anak untuk diminum. Diminum 2 kali 1/2 gelas sehari  pada pagi dan sore hari. 

ketiga tips tersebut bisa bunda coba untuk mengatasi sariwaan pada anak. Kebersihan mulu anak-anak adalah hal yang paling penting untuk dijaga agar mulut tidak mudah terkena penyakit sehingga kenyaman anak tetap terlindungi.

Citra Dewi Amd.Keb - April 8, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Sri Maryati

Selamat pagi dok, saya mau bertanya tentang usia kehamilan yang sebarnya. Sebenarnya bagian mana cara menghitung kehamilan ini? Kemarin saya periksa ke dokter kandungan, katanya kandungan saya sudah 29W lebih, padahal terakhir saya hed tanggal 18-04-2016. Mohon infonya ya dok.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan saat ini saya hamil 7 bulan, saya sering mengalami sakit di bagian bokong,pinggang,paha sama perut bagian bawah.. itu kenapa ya bu? apakah berbahaya apa tidak ?perut saya pun suka terasa kencang dan keras

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Nani Mulyaningsih

Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan sudah menikah. Saya mau bertanya bu bidan sudah beberapa minggu ini menstruasi saya hanya berlangsung selama 2 hari saja. Bulan-bulan kemaren biasanya saya menstruasi 4 sampai 5 harian. Apakah siklus menstruasi yang singkat ini berpengaruh pada kesehatan saya? Mohon jawabannya bu bidan trims

Dijawab Oleh : Nani Mulyaningsih
Diskusi Dari:
Anonymous

Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

Dijawab Oleh :