Faktor Penyebab Sariawan Pada Anak-Anak

Salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak ialah sariawan, sariawan timbul akibat kekurangan vitamin C dan serat. Sariawan adalah benjolan pada daerah mulut yang berwarna putih kekuningan. Sariawan yang muncul pada umumnya berjumlah lebih dari satu, karena itu keadaan ini sangat mengganggu anak-anak terutama katika anak makan. 

Rasa perih saat makan akan membuat anak-anak tidak bisa memakan makanannya. Sariawan ini menyerang bagian daerah bibir, pipi bagian dalam dan juga lidah.

Penyabab dari sariawan ini belum diketahui dengan pasti namun ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab sariawan diantaranya:

  • Kurangnya mengkonsumsi vitamin C, B dan zat besi pada anak.
  • Kebersihkan mulut yang kurang terjaga.
  • Akibat dari jamur seperti candida albicans.
  • Selalu memakan makanan yang berminyak seperti gorengan.
  • Sistem kekebalan tubuh yang mengalami penurunan.
  • Akibat luka yang muncul pada mulut yang mengalami infeksi bakteri contonhya seperti tergigit dan mengkonsumi makanan yang masih panas.
  • Meminum minuman yang terlalu asam

Itulah beberapa fator yang bisa menjadi penyebab munculnya sariawan pada anak-anak, untuk mengatasi sariawan pada anak bunda bisa memberikankanya obat sariawan yang sudah banyak dijual di toko obat. Atau bunda bisa juga mengatasi sariawan dengan ramuan alami yang masih tradisional agar anak tidak menolak melakukan pengobatan. kami akam memberikan sebuah tips membuat obat sariawan dengan menggunakan bahan alami.

Mengatasi sariawan pada anak dengan menggunakan Yoghurt

Produk olahan susu ini dianggap sebagai obat sariawan yang memiliki reaksinya lansung membunuh akar infeksi dari sariawan. Cara mengobatinya cukup mudah. Bunda bisa menyuruh anaknya untuk berkumur dengan yogurt selama 30 detik. Mengkonsumsi Yoghurt dua gelas sehari juga sangat baik untuk anak-anak.

Baking Soda

Baking soda mengandung sifat anti-bakteri yang sangat cocok digunakan untuk membunuh mikroorganisme berbahaya yang hidup di dalam tubuh, seperti jamur candida penyebab sariawan.

Cara mengobati sariawan dengan baking soda bisa diawali dengan mencampur 10 ml air dengan 1 sendok teh baking soda, kemudian aduk hingga berbentuk pasta. Poles pasta obat pada seluruh area mulut, kemudian diamkan sampai mengering, baru dibersihkan dengan cara berkumur.

Baking soda juga cocok dijadikan obat sariawan untuk anak bayi karena tidak memberi efek samping yang membahayakan. 

Dengan temulawak

Bahan: Rimpang temulawak 1 jari, asam kawak 1 jari, gula aren dan air satu gelas.

Cara pembuatannya: Cuci bersih temulawak, kemudian ptong tipis-tipis dan masukan kedalam wadah bersih bersama air, dan asam tawak. Masaklah hingga mendidih selama 15 menit. Angkat dan tuangkan pada gelas dengan menambahkan gula aren secukupnya, setelah itu bunda bisa berikan pada anak untuk diminum. Diminum 2 kali 1/2 gelas sehari  pada pagi dan sore hari. 

ketiga tips tersebut bisa bunda coba untuk mengatasi sariwaan pada anak. Kebersihan mulu anak-anak adalah hal yang paling penting untuk dijaga agar mulut tidak mudah terkena penyakit sehingga kenyaman anak tetap terlindungi.

Citra Dewi Amd.Keb - April 8, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
rina

pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

Dijawab Oleh : rina
Diskusi Dari:
Gigin Gumay

Selamat pagi
Saat ini saya tengah hamil anak pertama, sehingga saya belum memiliki banyak pengalaman di kehamilan ini. Untuk menjaga kehamilan saya tetap sehat dan tumbuh kembang janin saya tetap terjaga. Nutrisi baik apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan dan menu makanan apa yang bisa memenuhi asupan nutrisi tersebut? Terimakasih.

Dijawab Oleh : Gigin Gumay
Diskusi Dari:
Princess mikha

Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

Dijawab Oleh : Princess mikha
Diskusi Dari:
Mohammad ikhsan

Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan