Faktor Penyebab Terjadinya Persalinan dengan Presenasi Muka


Presentasi muka adalah komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Pada presentasi muka, kepala dan leher janin mengalami hiperekstensi (terlalu tengadah) sehingga pada persalinan akan menyebabkan lama. Pada presentasi muka bagian presentasi janin adalah wajah janin antara punggung orbital dan dagu. Dagu janin adalah titik yang ditunjuk untuk referensi selama pemeriksaan dalam melalui serviks.

Penyebab Presentasi Muka pada Janin

a. Struma congenitas (pembesaran kelenjar tiroid)

b. Kelainan tulang leher

c. Lilitan tali pusat yang banyak

d. Meningocele

e. Anencephal

Komplikasi yang Terjadi pada Persalinan Presentasi Muka

a. Persalinan macet

b. Terdapat luka pada muka bayi

c. Perdarahan

Cara Mendeteksi Presentasi Muka pada Janin

Diagnosis presentasi muka ditegakkan memalui pemeriksaan pervaginam (VT), dengan meraba adanya mulut, hidung, tulang rahang atas dan orbital ridges.

a. Dalam kehamilan letak muka dapat dicurigai jika ada tonjolan kepala teraba sepihak dengan punggung dan antara belakang kepala dan punggung teraba sudut yang runcing. Tonjolan kepala ini juga bertentangan dengan pihak bagian-bagian kecil.

b. Dalam persalinan dengan pemeriksaan dalam pada pembukaan yang cukup besar teraba; orbita, hidung, tulang pipi, mulut dan dagu. Karena muka agak lunak harus dibedakan dari bokong. Letak muka dagu kiri depan. Dagu menjadi petunjuk dagu kiri depan, dagu kanan depan, dagu kanan belakang.

Penatalaksanaan Persalinan pada Prensetasi Muka

Dalam keadaan tanpa penyempitan panggul dan dengan persalinan spontan yang efektif tanpa adanya gawat janin, persalinan pervaginam biasanya akan berhasil.

Bila proses persalinan tersebut dibiarkan, pemantauan terhadap jantung bayi sebaiknya dilakukan dengan menggunakan alat-alat eksternal untuk menghindari kerusakan pada muka dan mata bayi. Seperti disebutkan di atas, presentasi muka pada bayi aterm lebih sering terjadi pada kasus penyempitan pintu atas panggul. Karena itu, sectio caesarea sering terbukti sebagai cara yang terbaik untuk persalinan bayi aterm dengan presentasi muka. Untuk mendeteksi lebih awal terjadinya presentasi muka, maka perlu adanya pemeriksaan secara rutin baik pada dokter kandungan maupun bidan.

Citra Dewi Amd.Keb - July 20, 2018
Diskusi Dari:
Hani fahrunnisa

Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Reny Anggra

Selamat pagi, bu bidan saya mau curhat dong anak saya sekarang umur 5 tahun giginya cenderung hitam-hitam dan berantakan sekali. Anak saya juga susah bila di suruh sikat gigi bu bidan, saya takut nanti gigi anak saya makin berantakan saat tumbuh gigi baru. Gimana cara mengatasinya yah bu bidan ? Ditunggu balasan nya yah bu bidan

Dijawab Oleh : Reny Anggra
Diskusi Dari:
Nurfah Putriie Sopiant

Siang ibu bidan, nama saya aisyah. Saya mau bertanya tentang perlengkapan apa saja yang harus di persiapkan dan harus di bawa ke Ruma Sakit atau Bidan ketika saya melahirkan. Jujur saja, saat ini saya masih bingung perlengkapan bayi apa saja yang harus saya bawa saat melahirkan nanti. Mohon jawabannya dok 🙂

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Dah Wisnugaduh

Hallo bu bidan, saya ini termasuk wanita yang suka mengalami PMS ketika menstruasi, yang ingin saya tanyakan ketika PMS makanan dan minuman apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari agar PMS tidak mengganggu aktivitas saya. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya.

Perlu Jawaban

Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

Dijawab Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu