Faktor Penyebab Terjadinya Persalinan dengan Presenasi Muka


Presentasi muka adalah komplikasi pada kehamilan dan persalinan. Pada presentasi muka, kepala dan leher janin mengalami hiperekstensi (terlalu tengadah) sehingga pada persalinan akan menyebabkan lama. Pada presentasi muka bagian presentasi janin adalah wajah janin antara punggung orbital dan dagu. Dagu janin adalah titik yang ditunjuk untuk referensi selama pemeriksaan dalam melalui serviks.

Penyebab Presentasi Muka pada Janin

a. Struma congenitas (pembesaran kelenjar tiroid)

b. Kelainan tulang leher

c. Lilitan tali pusat yang banyak

d. Meningocele

e. Anencephal

Komplikasi yang Terjadi pada Persalinan Presentasi Muka

a. Persalinan macet

b. Terdapat luka pada muka bayi

c. Perdarahan

Cara Mendeteksi Presentasi Muka pada Janin

Diagnosis presentasi muka ditegakkan memalui pemeriksaan pervaginam (VT), dengan meraba adanya mulut, hidung, tulang rahang atas dan orbital ridges.

a. Dalam kehamilan letak muka dapat dicurigai jika ada tonjolan kepala teraba sepihak dengan punggung dan antara belakang kepala dan punggung teraba sudut yang runcing. Tonjolan kepala ini juga bertentangan dengan pihak bagian-bagian kecil.

b. Dalam persalinan dengan pemeriksaan dalam pada pembukaan yang cukup besar teraba; orbita, hidung, tulang pipi, mulut dan dagu. Karena muka agak lunak harus dibedakan dari bokong. Letak muka dagu kiri depan. Dagu menjadi petunjuk dagu kiri depan, dagu kanan depan, dagu kanan belakang.

Penatalaksanaan Persalinan pada Prensetasi Muka

Dalam keadaan tanpa penyempitan panggul dan dengan persalinan spontan yang efektif tanpa adanya gawat janin, persalinan pervaginam biasanya akan berhasil.

Bila proses persalinan tersebut dibiarkan, pemantauan terhadap jantung bayi sebaiknya dilakukan dengan menggunakan alat-alat eksternal untuk menghindari kerusakan pada muka dan mata bayi. Seperti disebutkan di atas, presentasi muka pada bayi aterm lebih sering terjadi pada kasus penyempitan pintu atas panggul. Karena itu, sectio caesarea sering terbukti sebagai cara yang terbaik untuk persalinan bayi aterm dengan presentasi muka. Untuk mendeteksi lebih awal terjadinya presentasi muka, maka perlu adanya pemeriksaan secara rutin baik pada dokter kandungan maupun bidan.

Citra Dewi Amd.Keb - July 20, 2018
Diskusi Dari:
Cantika Rahayu

Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
debbyaprilyulia

apakah bahaya dari ibu hamil yang baru terdeteksi virus toksoplasma?

Dijawab Oleh : debbyaprilyulia
Diskusi Dari:
Nenden Mustika

Ibu saya ingin bertanya,,saya ingin sekali mempunyai momongan,apakah menstruasi saya di katakan normal kalau bulan
januari menst tgl 10
Febuari menst tgl 10
Maret menst tgl 11 karena selama sebelum menikah dan sudah menikah jadwal menst saya tanggal tdk pernah berubah ubah,,terimakasih banyak atas jawabannya..

Dijawab Oleh : Nenden Mustika
Diskusi Dari:
Via

ibu bidan, saya mau bertanya tentang istri saya yang mengalami buang-buang air mencret, katanya perutnya tidak enak seperti ada bunyi air deras, dia juga punya maag. apa bahaya nanti buat janin di dalam perutnya?

Dijawab Oleh : Via
Diskusi Dari:
Anonymous

Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

Dijawab Oleh :