Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Online Bidan – Masa subur penting bagi banyak pasangan suami istri terlebih mereka yang ingin menunda atau cepat memiliki buah hati, menurut laporan yang pernah dilampirkan The National Infertility Association sekitar 12% wanita mengalami inferlititas atau tidak subur dan 1 orang dari 8 wanita mengalami masalah ini.

William Gibbons, MD, mantan ketua American Society of Reproduksi Medicine dan direktur Reproductive Endocrinology and Infertility di Baylor College of Medicine, Houston memberikan cara agar wanita dapat memaksimalkan kesuburannya dan mempunyai buah hati dengan mudah.

1. Hindari Rokok

Di samping tidak baik untuk kesehatan, rokok dapat mengurangi masa kesuburan seseorang. Mengkonsumsi rokok 10 batang dalam satu hari menurunkan kesuburan seseorang. Wanita kemungkinan dapat mengalami masa menopause lebih awal karena ada bukti beberapa bahan kimia dan asap rokok  dapat membunuh ovarium.

2. Batasi Asupan Kafein

Kafein biasanya ditemukan pada minuman jenis kopi dan teh dan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan bisa menyebabkan seseorang terkena serangan hipertensi. Bagi Anda yang sedang mengusahakan kehamilan batasi asupan kalori tidak melebihi 200 mg dalam satu hari itu sama dengan tiga cangkir kopi per hari.

3. Olahraga

Rutin melakukan olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh tapi melakukan olahraga yang ekstrim terutama untuk perempuan sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya perempuan melakukan latihan aerobik tapi tidak lebih dari 7 jam dalam satu minggu karena jika lebih dari itu maka bisa menurunkan kesuburan.

4. Melakukan Seks Teratur

Melakukan hubungan intim merupakan salah satu faktor penentu kehamilan, jika Anda adalah pasangan yang melakukan hubungan intim kurang dari satu kali dalam seminggu kemungkinan terjadi penurunan peluang untuk bisa hamil sekitar 50% menjadi 18% namun jika Anda melakukannya 3 kali dalam seminggu peluang untuk hamil bisa meningkat hinga 80% tapi jika Anda merupakan pasangan yang melakukan hubungan intim setiap hari dalam beberapa jam sekali akan berakibat buruk.

5. Menjaga Berat Badan

Berat badan juga salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan, wanita yang memiliki BMI lebih besar dari 27 atau kurang dari 17 akan mengurangi kesuburan mereka ini juga berlaku untuk laki – laki.

6. Batasi Asupan Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sedikit dapat mengurangi hipertensi, namun lebih dari itu juga menyebabkan hipertensi. Di samping itu, mengkonsumsi alkohol lebih dari 4 porsi minuman beralkohol dalam seminggu dapat mengurangi kesuburan dan meningkatkan resiko disfungsi ovulasi.

7. Jangan Menunda Kehamilan

Ini penting untuk mereka yang sudah menjadi pasangan suami istri, mereka harus memutuskan kapan akan membangun keluarga pada saat yang tepat. Jika Anda sudah berpikir untuk memiliki anak maka sudah saatnya Anda tidak menundanya.

Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita semoga dapat bermanfaat.

Citra Dewi Amd.Keb - June 25, 2016
Diskusi Dari:
Amel Fayunl

Masa nifas saya selesai tgl 4nov.2017..Masa subur saya kira2 tgl BRP yah..

Dijawab Oleh : Amel Fayunl
Diskusi Dari:
Putri Kintamani

Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Hilman Suhilman

Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni
Diskusi Dari:
Anonymous

bu bidan, bagaimana cara menjaga kehamilan supaya baik dan tetap sehat hingga tiba waktu kelahiran?

Dijawab Oleh :