Fase Perkembangan Janin Dari 1 Sampai 9 Bulan Lengkap

Proses tahapan perkembangan janin dari bulan ke bulan tak jarang banyak ibu hamil ingin mengetahuinya untuk memastikan keadaan janin dalam kandungannya tetap baik-baik saja. Untuk mereka yang memiliki lebih uang, pastinya setiap bulan bisa untuk melakukan pemeriksaan USG agar dapat melihat bentuk dan perkembangan janin tersebut. Tapi, ibu hamil harus tahu ternyata banyak efek samping jika sering melakukan USG saat hamil, pada umumnya untuk mengetahui jenis kelamin janin tanpa USG dapat dilakukan dengan membayangkan sesuai dengan perkembangan janin dari bulan ke bulan.

Berikut ini penjelasan fase perkembangan janin dari 1 sampai 9 bulan lengkap dengan gambar secara detail agar mudah untuk anda bayangkan.

Satu Bulan Perkembangan Janin. Mulai terbentuknya kantung kehamilan berfungsi untuk melindungi janin dari air ketuban dan mulai terbentuknya placenta berfungsi untuk menyalurkan nutrisi makanan dari tubuh ibu ke janinya. Dan juga sudah mulai terjadi aliran darah dalam tubuh janin sehingga pada kehamilan bulan pertama, para ibu hamil sebaiknya disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah yang baik untuk ibu hamil.

Dua Bulan Perkembangan Janin. Wajah bayi sudah mulai terbentuk dan berkembang. Telinga sudah mulai terlihat sebagai lipatan pada kepala bagian kanan dan kiri. Mulai tampak juga bakal tangan, kaki, dan jari-jari mungilnya. Selain itu, mulai terbentuk juga sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan.

Tiga Bulan Perkembangan Janin. Fase bagian tubuh janin mulai terbentuk sempurna. Mulai tumbuh kuku dan tangan akan mulai bisa mengepal. Tapi belum terlihat sempurna, jenis kelamin janin diusia 3 bulan ini sehingga jika melakukan pemeriksaan USG kurang tepat diusia 3 bulan kehamilan jika tujuannya hanya untuk mengetahui jenis kelamin janin. Perlu diketahui bahwa sistem kemih dan organ reproduksi mulai terbentuk, sedangkan hati mulai memproduksi empedu.

Empat Bulan Perkembangan Janin. Semakin lengkap menunjukan bagian-bagian tubuh seperti wajah, tangan, kaki, jari dapat dilihat dengan jelas. Sangat tepat untuk melakukan USG diusia 4 bulan kehamilan, anda dapat mulai mendengar detak jantung janin akan semakin aktif dan sering bergerak seperti mengisap jarinya, menguap dan mengubah ekspresi wajah dengan menggunakan bantuan alat khusus .

Lima Bulan Perkembangan Janin. Untuk melatih ototnya gerakan janin akan semakin terasa kencang dan kepala janin sudah mulai tumbuh rambut halus, termasuk juga tangan dan kaki. Kulit janin mulai menutupi lapisan putih seluruhnya yang berfungsi untuk mencegah janin terkena secara langsung cairan ketuban saat persalinan nanti.

Enam Bulan Perkembangan Janin. Mulai terbentuk keriput pada kulit janin. Pada bulan ini juga janin sudah dapat membuka dan menutup kelopak mata dan sudah bisa mendengar suara-suara dari luar perut. Oleh karena itu, para ibu hamil disarankan untuk mengajak bicara atau berkomunikasi dengan janin yang berfungsi untuk merangsang kecerdasan janin sejak dalam kandungan.

Tujuh Bulan Perkembangan Janin. Mulai sudah bisa merespon suara-suara yang didengarnya dari luar perut dan juga sudah bisa merasakan adanya cahaya. Pertumbuhan janin akan semakin berkembang, tubuhnya semakin besar sehingga ibu hamil dapat merasakan ketika janin berganti posisi dan juga tubuh janin sudah mulai menyimpan lemak.

Delapan Bulan Perkembangan Janin. Semakin banyak cadangan lemak dalam kulit janin sehingga kulit janin tidak lagi terlihat keriput. Sudah mulai berfungsi juga pendengaran dan penglihatan janin dengan baik dan dengan sistem tubuh lainnya juga sudah dapat berfungsi kecuali paru-paru. Semakin sempurna otak janin sehingga akan sering menendang.

Sembilan Bulan Perkembangan Janin. Perkembangan paru-paru sudah dapat berfungsi dengan baik sehingga tubuhnya akan memutar dengan posisi kepala berada dibawah untuk menghadap jalannya lahir. Sehingga dibulan ini, ibu hamil harus siapkan mental dan fisik untuk menghadapi persalinan yang semakin dekat.

Itulah fase perkembangan janin dari 1 sampai 9 bulan lengkap dengan gambar yang dapat curhat bidan jelaskan. Tidak semuanya fase perkembangan janin sama seperti yang sudah dijelaskan diatas karena mengingat janin memiliki proses petumbuhan yang berbeda. Jika anda ingin mengetahui perkembangan janin yang anda rasakan tiap bulannya anda bisa langsung tanya bidan sehingga bisa memberikan informasi yang lebih efektif.

Citra Dewi Amd.Keb - September 26, 2016
Diskusi Dari:
Nani Mulyaningsih

Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Dessi Yudha Arisandy

Assalamualikum bu bidan, nama saya Filza Syafira. Saya mau bertanya kira – kira biaya untuk cek kesuburan suami istri butuh berapa ya ? Rincian pemeriksaannya seperti apa aja bu ? Terima kasih, mohon dijawab.

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Lutfi Maharani

Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Marini Sjola Manoppo

Assalamu’alaikum bu bidan,
Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

Dijawab Oleh : Marini Sjola Manoppo
Diskusi Dari:
Sri Maryati

Selamat pagi dok, saya mau bertanya tentang usia kehamilan yang sebarnya. Sebenarnya bagian mana cara menghitung kehamilan ini? Kemarin saya periksa ke dokter kandungan, katanya kandungan saya sudah 29W lebih, padahal terakhir saya hed tanggal 18-04-2016. Mohon infonya ya dok.

Perlu Jawaban