Gangguan Kesehatan Mental Ini Sering Terjadi Pada Wanita

Selamat datang di situs Curhatbidan.com yang pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai Gangguan Kesehatan Mental Pada Wanita. Gangguan kesehatan mental ini memang bisa terjadi pada siapa saja, baik itu pria ataupun wanita. Bahkan anak-anak juga bisa mengalami hal tersebut. Tetapi, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kaun wanitalah yang lebih rentan terhadap gangguan mental dibandingkan dengan pria.

Karena dalam hal ini, gangguan mental pada wanita sangat erat kaitannya dengan perasaan trauma karena kejadian lampau yang menimpanya. Wanita juga akan lebih lama mengingat suatu kejadian yang membuatnya merasa tidak nyaman atau tersakiti. Karena itulah yang menyebabkan seorang wanita sangat mudah terserang gangguan mental.

Wanita ini merupakan makhluk tuhan yang mempunyai perasaan sensitif, jadi tidak heran jika masalah kesehatan mental lebih kerap terjadi pada wanita. Nah, apa saja sih jenis gangguan mental yang sering terjadi pada wanita?

Beberapa Gangguan Kesehatan Mental Yang Sering Terjadi Pada Wanita


Trauma
Jenis gangguan kesehatan mental yang sering terjadi pada wanita yang pertama adalah trauma. Gangguan mental yang satu ini termasuk pada gangguan yang sangat sulit untuk dihilangkan atau sulit hilang dalam pikiran semua wanita. Apalagi jika kejadian tersebut membekas dan bahkan menyakitkan yang nantinya susah untuk dilupakan. Kata lainnya bahwa perasaan wanita sangat halus, jadi jika mengalami kejadian yang menyakitkan akan membekas dan tertinggal di hati lebih lama lagi.

Depresi
Wanita juga lebih rentan mengalami gangguan kesehatan mental “Depresi” dibanding dengan pria. Mengapa demikian? karena wanita lebih sering mengalami kondisi fluktuasi hormone pada sepanjang kehidupannya. Fluktuasi hormone tersebutlah yang menyebabkan wanita mengalami kehamilan, menstruasi, dan menopause. Dari semua proses biologis tersebut cenderung membuat wanita lebih rentan terkena gangguan depresi.

Panik
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa wanita dua kali lebih mudah panik dibanding dengan pria. Bahkan kasus yang lebih parah lagi panik tersebut akan berkembang menjadi fobia yang berkepanjangan. Hal ini terjadi karena kejadian apapun yang bisa membuatnya kaget.

Gangguan makanan
Karena wanita yang mengalami masalah mental akan berpengaruh pada pola makannya. Gangguan makan pada wanita ini memang seringkali berasal dari masalah mental. Biasanya wanita terobsesi untuk menjadi seorang yang sempurna dan akan merasa rela untuk menyakiti diri sendiri seperti misalnya melakukan anoreksia atau bulimia.

Baby blues
Baby blues ini merupakan masalah mental yang paling umum dan sering terjadi pada wanita pasca melahirkan. Baby blues ini akan membuat seorang wanita jadi membenci dan tidak menyukai bayinya. Dan yang menjadi penyebabnya adalah kelelahan, tidak percaya diri, dan merasa pesimis untuk merawat bayi. Baby blues juga biasanya terjadi pada wanita yang baru pertama kali menjalani kehamilan atau belum ada pengalaman dalam mengurus bayi. Kejadian seperti ini harus ditangani dengan benar, agar bayi tidak terlantar. Karena ibu yang mengalami baby blues ini tidak mau menyusui bayinya, yang ada merasa benci terhadap bayinya.

Mudah cemas
Dan yang terakhir adalah masalah mental wanita yakni lebih mudah merasa cemas karena banyak hal. Tubuh wanita juga mempunyai banyak hormone yang bisa membuat mereka lebih mudah cemas dan khawatir karena sesuatu. Jadi tidak heran jika saat ini anda sebagai seorang wanita mengalami perasaan seperti ini.

Lalu bagaimana jika sudah terindikasi terkena penyakit mental? Dikutip dari sebuah situs kesehatan ternama Amerika www.everydayhealth.com, cara yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk mnegatasi gangguan kesehatan mental ini dengan menyeimbangkan fikiran, emosi, dan kesehatan tubuh dengan sebaik mungkin. Hal ini dilakukan untuk menurunkan tingkat stress yang dialami oleh seseorang, dan mengembalikan proses kimiawi yang berlangsung pada otak supaya kembali normal. Jika sulit untuk mengurangi stress yang sedang dialami, segera kunjungi psikiater yang merupakan alternatif lain yang dianjutkan.

Mungkin itulah beberapa gangguan kesehatan mental pada wanita. Masalah kesehatan mental ini tidak membahayakan jika tetap dalam batas yang wajar. Tapi jika dibiarkan saja akan berkembang menjadi lebih parah dan akan sangat beresiko pada kesehatan psikologis dalam jangka panjang. Untuk itu, karena wanita rentang akan masalah diatas, sebaiknya kita selalu senantiasa berusaha untuk menghindarinya. Semoga Bermanfaat:))

Citra Dewi Amd.Keb - October 20, 2016
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Malam Dok…!
Dok,saya mau tanya kenapa hampir setiap pagi hari,setelah sarapan,,sering mual2 dan muntah2…usia kehamilan saya saat ini sudah 10 minggu…
Terima kasih atas jawabannya dok…!

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Tika

Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

pertanyaan nya:
kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

Terima Kasih.

Dijawab Oleh : Tika
Diskusi Dari:
Jenni

Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

Terimakasih

Dijawab Oleh : Jenni
Diskusi Dari:
Amel Fayunl

Siang Bu..
Saya sekarang lagi hamil usia kandungan saya sudah memasuki 24 minggu, tapi akhir-akhir ini daerah vagina dan selangkangan saya sering sakit, terus mau pindah posisi tidur rasa sakitnya itu semakin terasa, apakah itu berbahaya untuk saya dan janin?

Dijawab Oleh : Amel Fayunl