×

Gangguan Kesehatan Mental Ini Sering Terjadi Pada Wanita

Bagikan Artikel :

Selamat datang di situs Curhatbidan.com yang pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai Gangguan Kesehatan Mental Pada Wanita. Gangguan kesehatan mental ini memang bisa terjadi pada siapa saja, baik itu pria ataupun wanita. Bahkan anak-anak juga bisa mengalami hal tersebut. Tetapi, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kaun wanitalah yang lebih rentan terhadap gangguan mental dibandingkan dengan pria.

Karena dalam hal ini, gangguan mental pada wanita sangat erat kaitannya dengan perasaan trauma karena kejadian lampau yang menimpanya. Wanita juga akan lebih lama mengingat suatu kejadian yang membuatnya merasa tidak nyaman atau tersakiti. Karena itulah yang menyebabkan seorang wanita sangat mudah terserang gangguan mental.

Wanita ini merupakan makhluk tuhan yang mempunyai perasaan sensitif, jadi tidak heran jika masalah kesehatan mental lebih kerap terjadi pada wanita. Nah, apa saja sih jenis gangguan mental yang sering terjadi pada wanita?

Beberapa Gangguan Kesehatan Mental Yang Sering Terjadi Pada Wanita


Trauma
Jenis gangguan kesehatan mental yang sering terjadi pada wanita yang pertama adalah trauma. Gangguan mental yang satu ini termasuk pada gangguan yang sangat sulit untuk dihilangkan atau sulit hilang dalam pikiran semua wanita. Apalagi jika kejadian tersebut membekas dan bahkan menyakitkan yang nantinya susah untuk dilupakan. Kata lainnya bahwa perasaan wanita sangat halus, jadi jika mengalami kejadian yang menyakitkan akan membekas dan tertinggal di hati lebih lama lagi.

Depresi
Wanita juga lebih rentan mengalami gangguan kesehatan mental “Depresi” dibanding dengan pria. Mengapa demikian? karena wanita lebih sering mengalami kondisi fluktuasi hormone pada sepanjang kehidupannya. Fluktuasi hormone tersebutlah yang menyebabkan wanita mengalami kehamilan, menstruasi, dan menopause. Dari semua proses biologis tersebut cenderung membuat wanita lebih rentan terkena gangguan depresi.

Panik
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa wanita dua kali lebih mudah panik dibanding dengan pria. Bahkan kasus yang lebih parah lagi panik tersebut akan berkembang menjadi fobia yang berkepanjangan. Hal ini terjadi karena kejadian apapun yang bisa membuatnya kaget.

Gangguan makanan
Karena wanita yang mengalami masalah mental akan berpengaruh pada pola makannya. Gangguan makan pada wanita ini memang seringkali berasal dari masalah mental. Biasanya wanita terobsesi untuk menjadi seorang yang sempurna dan akan merasa rela untuk menyakiti diri sendiri seperti misalnya melakukan anoreksia atau bulimia.

Baby blues
Baby blues ini merupakan masalah mental yang paling umum dan sering terjadi pada wanita pasca melahirkan. Baby blues ini akan membuat seorang wanita jadi membenci dan tidak menyukai bayinya. Dan yang menjadi penyebabnya adalah kelelahan, tidak percaya diri, dan merasa pesimis untuk merawat bayi. Baby blues juga biasanya terjadi pada wanita yang baru pertama kali menjalani kehamilan atau belum ada pengalaman dalam mengurus bayi. Kejadian seperti ini harus ditangani dengan benar, agar bayi tidak terlantar. Karena ibu yang mengalami baby blues ini tidak mau menyusui bayinya, yang ada merasa benci terhadap bayinya.

Mudah cemas
Dan yang terakhir adalah masalah mental wanita yakni lebih mudah merasa cemas karena banyak hal. Tubuh wanita juga mempunyai banyak hormone yang bisa membuat mereka lebih mudah cemas dan khawatir karena sesuatu. Jadi tidak heran jika saat ini anda sebagai seorang wanita mengalami perasaan seperti ini.

Lalu bagaimana jika sudah terindikasi terkena penyakit mental? Dikutip dari sebuah situs kesehatan ternama Amerika www.everydayhealth.com, cara yang paling mudah yang bisa dilakukan untuk mnegatasi gangguan kesehatan mental ini dengan menyeimbangkan fikiran, emosi, dan kesehatan tubuh dengan sebaik mungkin. Hal ini dilakukan untuk menurunkan tingkat stress yang dialami oleh seseorang, dan mengembalikan proses kimiawi yang berlangsung pada otak supaya kembali normal. Jika sulit untuk mengurangi stress yang sedang dialami, segera kunjungi psikiater yang merupakan alternatif lain yang dianjutkan.

Mungkin itulah beberapa gangguan kesehatan mental pada wanita. Masalah kesehatan mental ini tidak membahayakan jika tetap dalam batas yang wajar. Tapi jika dibiarkan saja akan berkembang menjadi lebih parah dan akan sangat beresiko pada kesehatan psikologis dalam jangka panjang. Untuk itu, karena wanita rentang akan masalah diatas, sebaiknya kita selalu senantiasa berusaha untuk menghindarinya. Semoga Bermanfaat:))

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 20, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat haid 9 hari

  • Oleh : Muhammadfadly Kadir
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selama 9 hari lewat 1 bulan saya belum haid dokk, apakah tanda lambat haid selama 9 hari itu tanda kehamilan,, tolong jelas kan

    Terima kasih

    Pendarahan

  • Oleh : githa
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Saya hamil 8 minggu tp sblmnya tdk masalah tp saya ada flek dan dan darah saat pup. Rasanya kaya haid

    Mengatasi lelah saat hamil

  • Oleh : priscillaledoux
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya Dila usia 32 tahun. Saat ini saya sedang hamil 5 bulan. Namun akhir-akhir ini saya cepat sekali merasa lelah bu bidan, tidak bersemangat dan pengennya tiduran terus. Ada tips ga bu bidan buat mengatasi rasa lelah saat hamil. Mohon jawabannya

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dan jika penis tidak berejakulasi apakah bisa hamil?(penis dan vagina bertemu 1 sama lain)

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan