Hal Penting Yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Positif Hamil

Bahagia? Tentu saja boleh! Jangan tutupi rasa senang ketika tahu anda dinyatakan positif hamil. Hal penting yang harus dipersiapkan untuk menyambut kehadiran sang buah hati.

Bukan hanya secara fisik, tetapi psikis pun tak boleh anda lupakan untuk menjamin kelancaran kehamilan, persalinan, dan kehadiran sang buah hati.

Lakukan langkah ini setelah dinyatakan positif hamil.

1. Stop KB
Ada banyak calon ibu yang mengeluhkan belum hamil setelah menghentikan penggunaan KB. Namun ada pula yang langsung berhasil hamil. Jangan takut. Pahami dulu fungsi dan cara kerja KB agar persiapan kehamilan anda semakin maksimal. Fungsi dari kontarespsi atau KB sebenarnya untuk menjarangkan kehamilan, bukan menurunkan kesuburan. Setelah lepas kontrasepsi, anda akan merasa sulit hamil sebab tubuh memerlukan waktu yang mengembalikan kesuburan. Jadi, jika anda ingin hamil, sebaiknya persiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya. Pastikan juga anda berhenti menggunakan alat kontrasepsi setelah dinyatakan positif hamil.

2. Berhenti Merokok dan Minum Obat Sembarangan, dalam kepulan asap rokok ada 4000 senyawa kimia berbahaya diantaranya; tar, karbon monoksida dan nikotin yang dapat mencetus keguguran, kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, dan kematian. Untuk menghindari paparan zat kimia ke janin, ibu hamil juga dilarang minum obat-obatan sembarangan. Obat resep dokter pun harus dipastikan tidak berbahaya bagi janin.

3. Olahraga

Saat hamil, calon ibu memang harus terlindungi dan tidak melakukan kegiatan yang terlalu menguras tenaga. Akan tetapi disaat yang sama ibu hamil juga perlu melakukan olahraga berintensitas rendah seperti berjalan kaki, berenang atau yoga kehamilan.

Melakukan olahraga ringan akan membantu wanita merasa lebih nyaman dengan perkembangan kehamilan mereka. Olahraga ringan yang dilakukan ibu hamil juga akan membantu mereka untuk melahirkan dengan lebih mudah serta menjaga agar berat badan tidak melonjak terlalu tinggi.

4. Mengubah Pola Makan

Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi tinggi, berprotein, dan bervitamin. Kalahkan apa yang anda tak suka, kalau ternyata itulah yang terbaik untuk kandungan.
Hindari pula makanan yang berpotensi buruk pada janin, speerti makanan yang kurang matang, berkafein tinggi, hingga mengandung MSG.

5. Bergabung dengan komunitas Curhat Bidan (Fanpage dan Twitter). Jadilah calon ibu yang up to date dalam urusan kehamilan, persalinan, dan perawatan bayi.

Itulah 5 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Positif Hamil , dan masih banyak lagi hal-hal yang harus diperhatikan saat kehamilan agar janin didalam kandungan tetap sehat. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Citra Dewi Amd.Keb - July 11, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 27 tahun dan saat ini sedang hamil 6 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah aman berhubungan intim saat usia kehamilan 6 bulan? apakah ada efeknya sama janin? trims mohon jawabannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
uye (wanita)

Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

Dijawab Oleh : uye (wanita)
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Sherly davies

Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

Dijawab Oleh : Sherly davies
Diskusi Dari:
Ririn

Selamat Pagi….
Dok saya mau bertanya, kan akhir akhir ini saya sering kali merasakan adanya masalah sakit pada bagian gigi ini, kemudian saya periksakan ke Dokter. Tapi setelah obatnya habis, ko tiba tiba kepala saya pusing ya? Terus tiba tiba seperti muncul memar gitu pada vbagian mata kiri saya, ini kira kira masalah kesehatan apa ya?

Perlu Jawaban