Harapan Hidup Kanker Serviks Stadium 3

Harapan Hidup Kanker Serviks Stadium #
Kanker serviks stadium 3 ditandai dengan terbentuknya kanker dengan area mencakup serviks berikut dengan area pelvis hingga mendekati panggul. Invasi bisa mencapai area vagina bawah, ligamen panggul hingga rahim dan saluran kencing. Kanker juga mungkin menyerang kelenjar limfa dan memudahkan kanker untuk menyebar ke organ lain atau bermetastasis. Karena cairan limfa yang sudah terkontaminasi sel kanker sangat mudah menyebarkan kanker ke seluruh bagian tubuh.

Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun untuk kanker serviks stadium IIIA sekitar 35 persen. Untuk kanker stadium IIIB, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun adalah sekitar 32 persen. Sedangkan kesembuhan kanker stadium 3 tergantung serangkaian pengobatan dan kondisi tubuh individu.

Jenis-jenis kanker serviks stadium 3

1. Kanker serviks stadium 3A: Persebaran kanker yang mencapai area pelvis dan vagina. Ukuran yang cukup kentara terlihat pada area serviks dan mengakar hingga menembus otot penyangga serviks.

2. Kanker serviks stadium 3B: Invasi kanker pada stadium ini relatif serius, hingga menembus ligamen pelvis cukup dalam. Juga mungkin mulai menyentuh area saluran kencing dan rahim tengah. Kadang sel kanker membentuk massa yang menyumbat aliran air kencing.

Gejala Kanker Serviks Stadium 3

Mencapai stadium 3 bisa dikatakan pasien sudah berada pada fase yang sangat serius. Kemungkinan pasien selamat dari kematian juga relatif kecil, bahkan di bawah 60%. Serangan bisa mencapai ligamen (penyangga rahim) dan jaringan saraf pada area panggul dan pelvis. Ini kerap kali menyebabkan sumbatan pada area selangkangan dan perut. Beberapa pasien mulai mengeluhkan nyeri dalam pada perut bawah, kadang menjalar ke sisi kanan dan kiri perut. Pasien juga biasanya memiliki bentuk perut yang besar.

Tekanan juga menyebabkan aliran darah menuju kaki tersumbat dan memicu pembengkakan serta rasa nyeri yang dalam. Pasien juga bisa mengalami kesulitan berjalan. Kadang massa kanker justru menutup jalan aliran kencing dan menyebabkan pasien kesulitan untuk buang air kecil. Ini juga akan memicu gangguan pada ginjal.
Sedang pada kondisi yang lain perkembangan kanker bisa menyerang usus besar. Ini memicu masalah kesulitan BAB. Kanker pada usus bisa menjadi krusial karena usus memiliki peran pada fungsi seluruh tubuh.

Langkah Pengobatan Kanker Serviks Stadium 3

Terapi akan menyinergikan antara kemoterapi, radioterapi dan terapi radiasi jarak dekat. Komposisi yang tepat dari sinergi ketiga prosedur ini membantu melemahkan dan mematikan sel-sel kanker dengan optimal. Bila sel kanker lemah, kemampuan invasi dan efek inflamasi yang dihasilkan bisa berkurang.

Pada beberapa kondisi, memang pasien kanker serviks stadium 3 lebih fokus pada pelemahan dan mengurangi agresivitas sel kanker untuk menginvasi dan merusak sel sehat. Untuk itu kadang terapi radiasi jarak dekat yang diberikan bukan lagi dengan metode Brachyterapy tetapi dengan kapsul radiasi yang dimasukan khusus pada area perkembangan kanker. Metode yang dikenal dengan sebutan internal implant radiation akan menyerang secara lokal dan langsung pada titik perkembangan kanker tanpa efek samping yang meluas.

Pilihan lain adalah Loop Electrosurgical Excision Procedure atau LEEP. Prosedur dengan terapi listrik bertegangan khusus bekerja untuk melemahkan dan mematikan sel kanker. Biasa diberikan untuk kasus kanker serviks stadium 3A atau untuk penanganan pasca pembedahan atau pengangkatan jaringan.

Karena pengangkatan jaringan selalu menjadi solusi yang siap ditawarkan. Pada stadium 3 pasien kanker serviks masih mungkin untuk melalui prosedur cyroterapi, terutama bila bentuk sel kanker lebih solid dan tidak melebar. Tetapi bila sel kanker melebar dengan persebaran yang lebih luas, pilihan histerektomi bisa jadi akan ditempuh. Histerektomi bisa jadi akan mengangkat area rahim, sejumlah bagian ureter dan uretra dan sebagian otot vagina. Ini membuat pasien juga harus membuat saluran kencing alternatif sebagai pengganti saluran kencing lama yang diangkat.

Untuk memaksimalkan hasil terapi, pasien sangat disarankan merubah gaya hidup. Ini penting untuk kembali memaksimalkan peran sel-sel limfosit dalam tubuh. Pasien bisa membantu memerangi serangan kanker dengan kemampuan sel-sel limfosit dalam tubuh. Tubuh Anda membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap. Vitamin C, vitamin E, vitamin D, magnesium, flavonoid dan komponen fitokimia lain. Ini akan menguatkan sel-sel limfosit dan membantunya lebih maksimal dalam melawan serangan kanker.

Beberapa asupan buah, sayuran dan herbal bisa membantu Anda mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut. Dan salah satu jenis herbal yang baik untuk anti kanker adalah Sarang Semut Papua.
Ingatlah bahwa vonis kanker bukanlah akhir segalanya, justru itu adalah awal dari perjuangan Anda mengalahkan kanker. Langkah pertama yang perlu dilakukan sekarang adalah berusaha meyakinkan diri untuk tidak menyerah. Kemudian lakukan langkah selanjutnya dengan mencari pengobatan yang paling cocok dengan keadaan Anda.

Citra Dewi Amd.Keb - September 15, 2018
Diskusi Dari:
Aryanto Id

siang dok, tante saya sedang hamil 5 bulan. tapi dia mengeluh karena akhir-akhir ini dia sering sakit sendi dan kaku malah kemarin terjadi bengkak dok, kira-kira tante saya kenapa yah? apakah itu penyakit rematik? bagaimana solusinya ?

Dijawab Oleh : Aryanto Id
Diskusi Dari:
Indriana Puspa Aliansa

Halo bu bidan, saya mau tanya, boleh tidak bayi usia 5 bulan diberi vitamin untuk daya tahan tubuhnya agar kuat ?

Dijawab Oleh : Indriana Puspa Aliansa
Diskusi Dari:
Anonymous

Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
tylermcphillamy

Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

Dijawab Oleh : tylermcphillamy