Bahaya dan Pencegahan Herpes Zoster Pada Ibu Hamil

Curhat Bidan – Saat hamil sistem kekebalan tubh ibu hamil sering mengalami penurunan dan akibatnya ibu hamil akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu ibu hamil harus lebih menjaga kesehatan tubuh dan menjaga stamina agar tetap prima. Ada beberapa jenis infeksi yang dialami ibu hamil yang tidak akan menyebabkan pengaruh buruk pada janin. Tetapi akan lain apabila ibu hamil terinfeksi herpes.

Herpes tidak hanya menyebabkan terjadinya penularan virus dari kulit kelamin ibu hamil kepada bayi ketika persalinan, tetapi dapat menyebabkan kerusakan saraf janin dan keguguran. Penyakit herpes ada 2 jenis yaitu herpes zoster dan herpes simpleks. Herpes zoster biasanya menyerang pada bagian kulit dan hanya pada satu sisi tubuh, sedangkan herpes simpleks biasanya menyerang mulut, bibir dan juga pada alat vital.

Penyebab Herpes Zoster

Penyakit herpes zoster bisa menyerang siapa saja, tetapi umumnya herpes zoster dapat menyerang pada mereka yang mengalami penurunan sistem imun tubuh. Penyebab herpes zoster yaitu infeksi yang berasal dari virus varicalla zoster yang menimbulkan gelembung cairan pada bagian tubuh.
Penularan herpes zoster bisa melalui pakaian penderira, batuk, gelembung yang pecah dan bersin.

Gejala Penyakit Herpes Zoster

Gejala penyakit herpes zoster biasanya :

  • Demam
  • Pilek
  • Lesu dan Lemah

Gejala ini merupakan gejala yang khas pada seseorang yang terkena infeksi virus.
Adapun gejala yang lebih parah selain demam,pilek, lesu dan lemah, yaitu :

  • Nyeri pada sendi yang diikuti sakit kepala, dan biasanya beberapa hari kemudian akan timbul bintik kemerahan pada kulit dan ukurannya kecil. Bintik biasanya pertama muncul pada bagian perut dan dada.
    Kemerahan yang ada pada kulit akan berubah menjadi gelembung berisi cairan dan dinding yang tipis, ruam kulit juga akan terasa gatal atau nyeri. Gelembung yang pecah karena garukan akan menimbulkan keropeng yang akan terlepas dan kondisi ini akan menimbulkan bercak yang berwarna hitam sehingga kulit akan terlihat gelap.

Cara Menghindari Resiko Garukan Supaya Tidak Menyebarkan Virus

  1. Lakukanlah isolasi untuk mencegah penularan
  2. Gunakan obat antibiotik.
  3. Ketika mengalami demam kompres menggunakan air hangat.
  4. Menjaga pakaian supaya tetap bersih dan kering.
  5. Mencuci kulit menggunakan air dan sabun  untuk menjaga tangan tetap bersih.
  6. Gunakan antiseptik pada air mandi upaya mencegah terjadinya infeksi pada kulit.
  7. Upayakan kuku pendek, agar tidak menyebabkan gejala yang buruk.
  8. Lakukan diet gizi tinggi.
  9. Usahakan vesikel tidak pecah.

Bahaya Herpes Zoster Pada Ibu Hamil

Ada beberapa komplikasi yang akan terjadi apabila ibu hamil terkena herpes zoster, diantaranya :

  • Pneumonia
  • Ensepalitis
  • Persalinan preterm

Apabila terjadi pneumonia sebaiknya lakukan pemeriksaan dan perawatan di RS. Hal ini supaya dapat dilakukan pengobatan antiviral karena mungkin gejala akan memburuk dengan cepat.
Jika infeksi terlihat 3 minggu pasca persalinan, resiko infeksi pada janin mencapai 24%. Apabila infeksi virus varisella zoster tejadi 4 hari sebelum persainan atau 2 hari sebelumnya, maka neonatus ada pada resiko yang cukup tinggi. Apabila infeksi pada ibu hamil terjadi 5 – 21 hari sebelum persalinan maka janin akan terkena infeksi tetapi sifatnya masih ringan.
Imunoglobulin varicella zoster atau yang disingkat VZIG sebaiknya diberikan pada neonatus dalam jangka waktu 72 jam pasca kelahiran dan dilakukannya isolasi.

Pada saat kehamilan angka penderita herpes zoster pada ibu hamil tidak sering terjadi dan jika terjadi virus tidak terlalu membahayakan janin. Akan tetapi berbeda apabila herpes zoster menyerang ibu hamil pada saat memasuki masa persalinan, virus ini akan ditularkan langsung pada janin.

Citra Dewi Amd.Keb - August 27, 2016
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi ibu bidan, saya mau tau dong ada ga tips sehat yang harus dilakukan ibu hamil penderita diabetes?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Ratu

Selamat malam bu bidan,
Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

Dijawab Oleh : Ratu
Diskusi Dari:
Dewi

Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan terus, dan bahkan terasa ada seperti benjolan dibagian miss V ini yang memang sedikit mengganggu aktivitas saya. Sebenarnya, saya ingin sekali menarik daging yang keluar dari bagian miss V saya, namun saya merasakan takut ada hal yang bisa membahayakan kesehatan saya. Saya mau bertanya, bagai mana solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Sebelum telat haid sy pernah 2x tespek tp 1 hasil negatif 1 lagi 2 garis tapi samar membayang setelah telat haid 2 hari sy tespek lagi namun negaif , yg saya rasakan sdh 2 minggu ini pusing migran mual dan baru2 ini tenggorokan sy sakit . Apakah sy harus nunggu beberapa hari lagi untuk tespek kembali atau sy langsung memeriksakan diri ke bidan/usg ?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Alfiyah

Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

Perlu Jawaban