Ibu Hamil Ini Bahaya Paparan Radiasi Ponsel Bagi Janin

Bidan Kita – Dimasa yang sekarang ini penggunaan ponsel, menjadi sebuah kegitan yang tak pernah ketinggalan untuk setiap jamnya. Bahkan mungkin kini ponsel sudah menjadi sahabat sejati bagi kita yang tentunya sering menemani kita dimanapun dan kapanpun.
Dan bila sedang makan, belajar bahkan sampai mau tidur, kita seringkali masih disibukan dengan bermain ponsel.

Namun ibu hamil tentu pernah mendengar bahwa radiasi telepon genggam ini bisa menimbulkan efek samping yang tentunya berbahaya bagi kesehatan manusia. Meskipun telah banyak para ilmuan yang meyakini dan mempercayai akan adanya kebenaran tersebut, nyatanya ada juga para ilmuan yang membatah akan pertanyataan ini dengan alasan belum adanya penelitian yang cukup untuk membuktikan kebenaran tersebut.

Namun baru baru ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah Universitas Yale, Amerika yang mana dalam penelitiannya menyatakan bahwa penggunan gadget pada wanita hamil ternyata memang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan janin dalam kandungannya.

Bahkan para peneliti menganjurkan pada ibu hamil untuk tidak meletakan telepon genggamnya didalam saku yang dekat dengan perutnya, karena mengingat bahaya radiasi yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan sang janin dalam kandungan. Selain itu juga ibu hamil, disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan ponselnya guna mengurangi resiko bahaya yang ditimbulkan dari radiasi tersebut.

Dampak buruk yang kemungkinan bisa ditimbulkan dari adanya paparan radiasi terhadap janin seperti bisa mempengaruhi pada perkembangan otak janin, menimbulkan gangguan memori atau daya ingat, menyebabkan perasaan cemas, gangguan perilaku pada bayi dan juga bisa menyebabkan hiperaktivitas pada bayi kelak.

Otak pada bayi tentunya masih sangat sensitif dari pada orang orang dewasa. Paparan dari radiasi ponsel bagi orang dewasa mungkin tidak berdampak terlalu besar, namun bisa memberikan pengaruh yang cukup besar bagi bayi yang bisa menggangu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Apalagi jika penggunaan ponsel ini sering kali ibu hamil operasikan, maka tentunya radiasi tersebut bisa semakin banyak diterima oleh janin

Baca Juga : Ketahui Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Mengagumkan

Langkah Untuk Menyikapi Bahaya Paparan Radiasi Ponsel Bagi janin

  • Ada baiknya bila ibu menggunakan ponsel sesuai dengan kebutuhan ibu pada saar itu, dan matikan ponsel jika sedang tidak digunakan. Serta tidak untuk meletakan ponsel di dekat daerah perut, seperti saku celana ataupun saku baju.
  • Dan akan jauh lebih baik, apabila ibu hamil tidak terlalu sering memaikan game pada ponselnya. Hal ini berguna untuk meminimalisir resiko akan bahaya yang mungkin bisa terjadi.
  • Jangan membiasakan untuk meletakan ponsel dekat bersama anda sewaktu anda sedang tertidur, khususnya untuk daerah yang dekat dengan kepala. Dan juga tempatkanlah ponsel anda agak jauh dari tubuh.
  • Jauhkan jangkauan ponsel dari tubuh ibu hamil, terutama sewaktu anda menggunakan fasilitas konektifitas seperti bluetooth. Sebab hal ini merupakan fasilitas yang menyala, maka sejumlah paparan akan dipancarkan meskipun dalam level yang tidak terlalu tinggi.

Mulailah pada saat ini untuk memperhatikan keseringan ibu hamil dalam menggunakan ponsel. Hal ini tentunya akan sangat bijak dan baik bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Gunakan ponsel sesuai dengan kebutuhan dan tidak lupa matikan saja ponsel selagi anda tidak menggunakannya. Supaya bisa meminimalisir akan bahaya dan dampak buruk yang mungkin bisa ditimbulkan pada janin.

Citra Dewi Amd.Keb - October 31, 2016
Diskusi Dari:
Lia Rachma

Pagi Dok. Saya wanita beru,ur 21 Tahun, mau bertanya kenapa ya kalau saya telat makan atau makan pedas perut saya sering panas dan juga keras dibagian perut sebelah kanan dan juga pusar. Apakah ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang berbahaya?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Pipit Winartii

Selamat Siang Dok,

Istri saya seblumnya mempunyai siklus menstrusai 28 hari
namun ini sudah lewat dari 28 hari apakah istri saya hamil

salam,

Dijawab Oleh : Pipit Winartii
Diskusi Dari:
Anonymous

maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang mengatakan saat bayi di jemur jangan langsung terkena sinar matahari. Yang sanya mau tanyakan bagaimana cara menjemur bayi yang benar ya mohon jawabannya

Dijawab Oleh :