Ibu Hamil Ini Bahaya Paparan Radiasi Ponsel Bagi Janin

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Bidan Kita – Dimasa yang sekarang ini penggunaan ponsel, menjadi sebuah kegitan yang tak pernah ketinggalan untuk setiap jamnya. Bahkan mungkin kini ponsel sudah menjadi sahabat sejati bagi kita yang tentunya sering menemani kita dimanapun dan kapanpun.
    Dan bila sedang makan, belajar bahkan sampai mau tidur, kita seringkali masih disibukan dengan bermain ponsel.

    Namun ibu hamil tentu pernah mendengar bahwa radiasi telepon genggam ini bisa menimbulkan efek samping yang tentunya berbahaya bagi kesehatan manusia. Meskipun telah banyak para ilmuan yang meyakini dan mempercayai akan adanya kebenaran tersebut, nyatanya ada juga para ilmuan yang membatah akan pertanyataan ini dengan alasan belum adanya penelitian yang cukup untuk membuktikan kebenaran tersebut.

    Namun baru baru ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah Universitas Yale, Amerika yang mana dalam penelitiannya menyatakan bahwa penggunan gadget pada wanita hamil ternyata memang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan janin dalam kandungannya.

    Bahkan para peneliti menganjurkan pada ibu hamil untuk tidak meletakan telepon genggamnya didalam saku yang dekat dengan perutnya, karena mengingat bahaya radiasi yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan sang janin dalam kandungan. Selain itu juga ibu hamil, disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan ponselnya guna mengurangi resiko bahaya yang ditimbulkan dari radiasi tersebut.

    Dampak buruk yang kemungkinan bisa ditimbulkan dari adanya paparan radiasi terhadap janin seperti bisa mempengaruhi pada perkembangan otak janin, menimbulkan gangguan memori atau daya ingat, menyebabkan perasaan cemas, gangguan perilaku pada bayi dan juga bisa menyebabkan hiperaktivitas pada bayi kelak.

    Otak pada bayi tentunya masih sangat sensitif dari pada orang orang dewasa. Paparan dari radiasi ponsel bagi orang dewasa mungkin tidak berdampak terlalu besar, namun bisa memberikan pengaruh yang cukup besar bagi bayi yang bisa menggangu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Apalagi jika penggunaan ponsel ini sering kali ibu hamil operasikan, maka tentunya radiasi tersebut bisa semakin banyak diterima oleh janin

    Baca Juga : Ketahui Tahap Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Mengagumkan

    Langkah Untuk Menyikapi Bahaya Paparan Radiasi Ponsel Bagi janin

    • Ada baiknya bila ibu menggunakan ponsel sesuai dengan kebutuhan ibu pada saar itu, dan matikan ponsel jika sedang tidak digunakan. Serta tidak untuk meletakan ponsel di dekat daerah perut, seperti saku celana ataupun saku baju.
    • Dan akan jauh lebih baik, apabila ibu hamil tidak terlalu sering memaikan game pada ponselnya. Hal ini berguna untuk meminimalisir resiko akan bahaya yang mungkin bisa terjadi.
    • Jangan membiasakan untuk meletakan ponsel dekat bersama anda sewaktu anda sedang tertidur, khususnya untuk daerah yang dekat dengan kepala. Dan juga tempatkanlah ponsel anda agak jauh dari tubuh.
    • Jauhkan jangkauan ponsel dari tubuh ibu hamil, terutama sewaktu anda menggunakan fasilitas konektifitas seperti bluetooth. Sebab hal ini merupakan fasilitas yang menyala, maka sejumlah paparan akan dipancarkan meskipun dalam level yang tidak terlalu tinggi.

    Mulailah pada saat ini untuk memperhatikan keseringan ibu hamil dalam menggunakan ponsel. Hal ini tentunya akan sangat bijak dan baik bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Gunakan ponsel sesuai dengan kebutuhan dan tidak lupa matikan saja ponsel selagi anda tidak menggunakannya. Supaya bisa meminimalisir akan bahaya dan dampak buruk yang mungkin bisa ditimbulkan pada janin.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - October 31, 2016
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum dok saya mau tanya,saya mengalami keluar gumpalan darah dan rasa sakit pada bagian bawah perut apakah saya mengalami keguguran atau tidak

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    Pipit Winartii

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

    Perlu Jawaban

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Dika andriani

    Siang Dok. Saya mau konsultasi. Kenapa ya perut saya sering kali merasakan sakit dan juga perih terutama saat di malam hari terutama di bagian atas pusar. Selain itu, saya juga sering kali merasakan ada yang aneh dengan diri saya karena saya merasakan lapar tapi kok tidak nafsu makan. Ini kira kira kenapa ya dok? Saya sudah coba mengkonumsi obat maag tapi masih tetap saja rasa sakit itu muncul

    Dijawab Oleh : Dika andriani
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

    Dijawab Oleh :