Ini Alasan Mengapa Anak Susah Tidur

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Melihat anak-anak bisa istirahat atau tidur dengan nyaman dan tenang tentu membuat para orang tua merasa senang dan lega. Para ahli kesehatan anak mengungkapkan apabila anak yang mempunyai waktu tidur cukup dan mereka bisa tidur dengan nyaman dan pulas, secara langsung ini akan membantu proses tumbuh kembang anak menjadi lebih baik dan berkualitas pula.

    Namun, ada beberapa anak yang tidak bisa tidur dengan nyaman, kesempatan istirahat mereka tidak didapatkan dengan baik. Beberapa hal yang menyebabkan anak-anak susah tidur. hal tersebut antara lain:

    Terlalu lelah

    Pada umumnya anak membutuhkan waktu tidur selama 11 jam sampai 14 jam setiap harinya. Baik itu tidur siang ataupun tidur malam. Anak-anak sering melakukan aktivitas yang terlalu berlebihan seperti bermain, belajar, dan aktivitas lainnya yang menyita waktu istirahat, sehingga mereka mnegalami kelelahan dan kelelahan itu berisiko membuat anak susah tidur. Untuk mengsiasatinya bunda hendaknya mengatur waktu untuk anak bermain dan waktu untuk anak istirahat dengan lebih baik dan bijak.

    Merasa cemas dan khawatir

    Sama halnya seperti orang dewasa pada umumnya anak-anak pun akan mengalami susah tidur apabila perasaan mereka diselimuti kekhawatiran dan kecemasan.  Selain menyebabkan susah tidur, perasaan yang sangat tidak nyaman ini juga menyebabkan risiko lain seperti nafsu makan menurun, rewel dan mudah terserang penyakit.

    Obstructive Sleep Apnea

    Beberapa anak tidak bisa tidur karena apnea tidur obstruktif – ketika saluran udara terhambat, sering dengan pembesaran amandel dan jaringan hidung yang disebut kelenjar gondok. Anak-anak dengan apnea tidur biasanya mendengkur keras, telah sesak napas, dan tidur gelisah.

    Masalah Kesehatan

    Beberapa masalah kesehatan seperti asma, alergi dapat menyebabkan anak susah tidur. Hidung tersumbat akibat dari alergi, pilek dan asma dapat membuat anak sulit bernafas. Sehingga membuat anak tidak bisa tidur karena kondisi yang sangat mengganggu atau tidak nyaman tersebut.

    Peralatan Elektronik di Kamar Tidur

    Ada beberapa alat elektronik yang akan membuat anak susah tidur seperti tv, komputer, video game, telepon dan yang lainnya yang membuat berisik di dalam rumah. Jauhkan alat-lat tersebut dari kamar anak Anda. bahkan anak-anakpun membutuhkan rutinitas santai untuk tidur.

    Mimpi Buruk

    Tidak hanya orang dewasa yang mengalami mimpi buruk saat tidur. Anak-anak pun mengalami mimpi buruk ketika mereka tidur. Mimpi buruk inilah yang mendorong anak terjaga di sela-sela waktu tidurnya. Apalagi, jika selepas bermimpi buruk orang tua atau seseorang yang ada di dekatkanya tak mencoba menenangkan perasaannya.

    Bahaya Anak-anak susah tidur atau tidak cukup tidur

    • Anak beresiko lebih tinggi terkena diabetes.
    • Anak menjadi lebih pemarah. 
    • Anak kurang konsentrasi dan kesulitan berpikir logis.
    • Mengalami penurunan IQ. 
    • Kurang tidur pada anak dapat menyebabkan obesitas.
    • Anak beresiko terkena masalah depresi dan kecemasan.

    Bun, itulah beberapa alsan mengapa anak-anak susah tidur. Selain itu ada juga hal lain yang bisa membuat anak tidak bisa tidur seperti mendengkur, suasana kamar yang kurang nyaman, adanya suara gaduh dan pengaruh obat. Mulailah memperhatikan jam istirahat atau waktu tidur anak dengan baik agar anak-anak bisa tumbuh berkembang dengan normal dan sehat.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - March 4, 2017
    Diskusi Dari:
    Yuli Ani

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    tylermcphillamy

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : tylermcphillamy
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
    Diskusi Dari:
    Adhy Putra Lautan

    Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
    Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
    Terima kasih.

    Dijawab Oleh : Adhy Putra Lautan
    Diskusi Dari:
    Pipit Winartii

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Dijawab Oleh : Pipit Winartii