Ini yang Akan Anda Rasakan Saat Janin Bergerak Pertama Kali

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Bidan Online – Pada saat hamil, gerakan janin dalam kandungan menjadi sebuah momen yang ditunggu tunggu oleh setiap ibu hamil. Terlebih bagi calon ibu muda yang mungkin akan bertanya seperti apa rasanya saat janin dalam kandungan bergerak untuk pertama kali ?

    Terkadang ibu juga merasa sulit untuk membedakan mana gerakan janin dan bukan. Pada umumnya gerakan janin ini paling cepat bisa anda rasakan pada minggu ke 13 sampai dengan 16.

    Dan biasanya gerakan janin juga akan terasa saat mendekati trisemester kedua. Bunda tak usah khawatir jika memang bunda mengalami gerakan janin pada usia kehamilan 18 hingga 20 minggu kehamilan. Karena setiap kehamilan berbeda beda sehingga tidak selamanya gerakan janin ini terjadi pada waktu yang sama. Bahkan ada juga janin yang mulai bergerak dan terjadi di usia kehamilan 20 hingga 25 minggu.

    Ini yang Akan Anda Rasakan Saat Janin Bergerak Pertama Kali

    Biasanya bunda akan merasa kebingunan dan juga sulit membedakan antara gerakan janin dengan rasa dari adanya gas dalam perut atau bahkan perut kembung. Mungkin bunda tidak mengetahui gerakan janin di awal awal . Dan perlu untuk bunda ketahui janin memiliki waktu istirahat serta waktu untuk bergerak. Janin dalam kandungan juga layaknya manusia karena ia bisa merespon suara dengan adanya emosi bunda. Gerakan janin yang lebih jelasnya biasanya ditunjukan seperti dengan menendang, meninju atau bahkan bergulir.

    Dari gerakan janin tersebut, ada beberapa faktor yang menyebabkannya, seperti janin yang sedang berada dalam posisi yang kurang nyaman. Makanan yang dikonsumsi bunda baik itu Buah-buahan Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil, atau pun makanan jenis lainnya akan masuk ke janin melalui plasenta juga bisa menyebabkan gerakan pada janin tersebut. Gerakan yang seprti ini biasanya akan semakin anda rasakan ditrisemester ke tiga dan janin akan semakin memiliki pola gerakan yang sudah semakin teratur.

    Baca Juga : Mari Kenali Jenis Makanan yang Baik Untuk Pembentuk Otak Janin
    Dengan semakin lamanya masa kehamilan, maka gerakan janin untuk pertama kalinya ini bisa menjadi indikasi untuk kesehatan janin. Ditrisemester ketiga juga mama perlu menghitung gerakan janin untuk bisa membantu bunda dalam mengidentifikasi masalah dalam janin.

    Seperti misalnya pada saat trisemester ketiga, gerakan janin ini justru terbilang berkurang. Hal ini bisa diketahui dengan cara anda menghitung gerakan janin. Dan bunda bisa menghitung gerakan janin dengan cara mencatat lama waktu yang dibutuhkan untuk selanjutnya bunda bisa merasakan 10 gerakan. Minimal janin bergerak 10 kali dalam kurun waktu 2 jam.

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - October 17, 2016
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Fauzi

    Halo Bu Bidan, saya mau bertanya, bolehkah bayi mandi dengan air dingin ? Sejak umur berapa bayi boleh dimandikan dengan air dingin ?

    Dijawab Oleh : Fauzi
    Diskusi Dari:
    wahyu

    Malam bu bidan, saya via 23 thn.
    Tadi sore usg uk 8 minggu. Kantung janin sudah ada tapi janin belum ada masih gumpalan darah.
    Kenapa itu yaa bu bidan

    Dijawab Oleh : wahyu
    Diskusi Dari:
    frenni franita

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : frenni franita
    Diskusi Dari:
    They Xantana Noeza

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

    Perlu Jawaban