Inilah 6 Tips Travelling Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda

Inilah 6 Tips Travelling Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda – Bidan Online,- Saat mengandung tentunya berbagai kegiatan harus di kurangi agar ibu hamil tidak mengalami kelelahan berlebih. Pada masa kehamilan tentunya banyak pantangan yang harus di hindari tentu saja itu semua bertujuan agar calon ibu dan janin tetap sehat. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bukan jika ibu hamil juga butuh travelling. Travelling saat hamil tentunya akan lebih menyenangkan dan suasana baru akan membuat pikirin ibu hamil lebih segar juga tenang.

Bukan hanya orang biasa saja yang perlu liburan, ibu hamil juga sangat butuh liburan agar tidak merasa jenuh. Tidak hanya itu travelling tentunya akan membuat perasaan ibu hamil lebih bahagia sehingga stres dapat di minimalisir. Ya tidak sedikit ibu hamil yang merasakan stres, dan anda juga tahu jika stres memiliki efek buruk bagi janin. Travelling saat hamil tentunya harus di persiapkan secara matang muali dari penentuan tempat, waktu, hingga persiapan fisik ibu hamil. Dan berikut ini beberapa tips travelling saat hamil yang harus di perhatikan.

Usia kehamilan
Jika amnda ibu hamil yang memiliki rencana untuk travelling waktu yang sangat tepat yaitu memasuki trimester kedua. Bukan tanpa alasan trimester kedua dinilai menjadi usia kehamilan yang paling aman untuk melakukan travelling atau perjalanan jauh. Usia kandungan antara 18 sampai 24 minggu dinilai menjadi usia kehamilan yang paling tepat jika anda ingin berlibur. Bayangkan saja jika anda melakukan travelling trimester pertama selain ibu hamil sering mengalami keluhan seperti pusing dan mual. Trimester pertama juga dianggap menjadi usia kehamilan yang rawan untuk melakukan perjalan jauh ataupun kegiatan berat.

Pemilihan tempat
Untuk travelling saat hamil tentunya tidak harjus jauh-jauh memilih tempat wisata hingga luar negeri. Ya meskipun aman ada baiknya anda lebih memilih tempat wisata lokal yang jaraknya tidak terlalu jauh. Jika anda berniat ingin travelling ke luar negeri pastikan untuk memilih negara yang tidak terlalu jauh dan menghabiskan jam terbang yang lama.

Travelling naik mobil
Mobil menjadi alat transfortasi yang paling tepat untuk para ibu hamil yang ingin melakukan travelling. Bukan tanpa alasan ibu hamil tentunya harus selalu nyaman dan butuh bergerak. Yang harus di perhatikan ibu hamil saat naik mobil yaitu penggunaan seatbelt. Untuk para ibu hamil sangat di sarankan untuk memakai seatbealt tepat di bawah perut dan hindari bepergian jauh menggunakan mobil lebih dari 6 jam per hari.

Banyak minum dan konsumsi camilan sehat
Saat ibu hamil melakukan perjalanan jauh tentu saja asupan cairan menjadi hal yang utama. Apalagi untuk ibu hamil yang travelling menggunakan pesawat. Pastikan untuk memenuhi asupan cairan saat hamil setidaknya 8 sampai 12 gelas per hari. Tidak lupa untuk mengkonsumsi camilan sehat seperti buah agar kadar gula darah tidak turun.

Lakukan peregangan
Selama kehamilan tentunya para ibu harus melakukan banyak peregangan tidak terkecuali saat travelling. Jika travelling menggunakan mobil anda bisa berhenti sesekali untuk menghirup udara segar dan melakukan peregangan. Namun jika menggunakan pesawat ibu hamil dapat melakukan peregangan dengan cara berjalan-jalan kecil ke kamar mandi. Gerakan dan peregangan dapat melancarkan sirkulasi darah pada ibu hamil.

Bawa catatan medis kehamilan
Untuk para ibu hamil yang berniat untuk melakukan traveliing baik jauh ataupun dekat sangat di sarankan untuk selalu membawa catatan medis kehamilan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan jika terjadi sesuatu pada kehamilaan anda saat travelling.

Citra Dewi Amd.Keb - January 12, 2017
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
Anonymous

halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

terima kasih

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya ingin bertanya apakah setiap kehamilan BO slalu disertai perdarahan?kl tidak alasannya apa.tks

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
mohon penjelassannnya

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
Anonymous

selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

Dijawab Oleh :