Inilah Akibatnya Jika Ibu Hamil dan Janin Kekurangan Yodium

Inilah Akibatnya Jika Ibu Hamil dan Janin Kekurangan YodiumBidan Online,- Mungkin anda sudah tidak asing lagi jika mendengar kata yodium, ya kandungan yodium memang sangat identik dengan garam dapur. Garam dapur sendiri memang mengandung senyawa yodium ataupun sengaja ditambahkan pada garam dapur. Diketahui kandungan yodium memiliki manfaat yang sangat bagi kesehatan terlebih lagi untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Nah untuk itu yuk ketahui lebih jauh apa yang menyebabkan kandungan yodium ini sangat bagus untuk ibu hamil dan janin. Lalu berapa batas yodium yang harus di penuhi ibu hamil setiap harinya. Dan yang tidak kalah penting apakah akibatnya jika ibu hamil kekurangan yodium? Simak ulasannya berikut ini.

Yodium sendiri merupakan zat yang memiliki peranan penting dalam produksi hormon tiroid. Dan tahukah anda apa fungsi hormon tiroid ini? faktanya hormon tiroid memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang perkembangan otak. Dan tentu saja pada saat ibu hamil proses perkembangan otak janin sangatlah penting maka dari itu kandungan yodium akan sangat berperan penting dalam hal ini. Tidak hanya itu saja nyatanya kandungan hormon tiroid juga memiliki fungsi lainnya seperti menunjang pertumbuhan anak, menngatur suhu tubuh, pencernaan, metabolisme tubuh, hingga mengendalikan kontraksi otot.

Nah dilihat dari peranan hormon tiroid diatas maka tidak heran bukan jika kandungan yodium ini dinilai sangat penting bagi ibu hamil. Apa jadinya jika ibu hamil kekurangan yodium? sudah pasti bisa ditebak hal tersebut akan sangat berpengaruh pada proses perkembangan janin dalam kandungan. Ibu hamil yang kekurangan yodium bisa meningkatkan resiko keguguran, bayi lahir cacat seperti tubuh pendek, tuli,bisu, berat badan bayi rendah, janin lahir mati.

Nah setelah tahu manfaat yodium bagi ibu hamil dan janin serta akibatnya jika kekurangan yodium lalu berapa banyak kandungan yodium yang wajib dipenuhi ibu hamil setiap harinya. Pada wanita hamil kandungan yodium yang harus dipenuhi setiap harinya menurut Kementrian Kesehatan Indonesia yaitu sebanyak 220 mcg. Tentunya asupan yodium sebanyak 220 mcg tersebut dapat memebuhi kebutuhan yodium bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Kandungan yodium memang bisanya dicampurkan dalam garam, namun bukan berarti ibu hamil harus mengkonsumsi garam dengan jumlah yang banyak. Ada beberapa pilihan makanan yang mengandung yodium tinggi yang bisa anda coba seperti susu sapi, yoghurt, ikan salmon,  udang, lobster, kerang, daging sapi, telur ayam, buah-buahan, juga kacang-kacangan.

Nah untuk ibu hamil tentunya tidak ada salahnya bukan muldai dari sekarang penuhi asupan kadar yodium anda setiap harinya guna menunjang perkembangan otak dan saraf janin. Namun ingat konsumsi yodium dalam kadar yang sudah ditetapkan hindari mencampur makanan atau garam beryodium dengan makanan asam atau pedas karena dapat menghilangkan kadarnya.

Baca juga artikel lainnya:

Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

Penyebab Lidah Terasa Pahit Pada Ibu Hamil Muda

Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

Camilan Sehat Untuk Mengatasi Mual Pada Saat Hamil Muda

Cara Menurunkan Tekanan Darah Atau Hipertensi Saat Hamil

Citra Dewi Amd.Keb - August 26, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya hamil 8 minggu tp sblmnya tdk masalah tp saya ada flek dan dan darah saat pup. Rasanya kaya haid

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Nelly Tampubolon

Bu umur saya 23 thn saya hmil sdah 7 minggu lbih tpi mngapa msih datang bercak darah sedikit ,apa pnyebabnya

Dijawab Oleh : Nelly Tampubolon
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Alwia

Selamat pagi bu bidan saya adrian usia 27 tahun saya sudah menikah 1,5 tahun namun saat ini belum mempunyai momongan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan sperma agar saya cepat dapet momongan. Ditunggu jawabannya trims

Dijawab Oleh : Alwia