Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil

Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu HamilBidan Online,-
Pada masa kehamilan tentunya asupan makanan yang di konsumsi ibu akan
sangat berdampak pada janin. Makanan atau minuman yang di konsumsi ibu
hamil menjadi aspek penting yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan
dan perkembangan janin. Maka tidak heran bukan saat hamil calon ibu
sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi baik
itu sayuran, buah-bauahn, lauk pauk, hingga makanan lainnya yang
memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Namun apakah semua ibu hamil mengikuti anjuran tersebut? Memang tidak
sedikit ibu hamil yang tidak menjaga asupan makanan serta minumannya.
Entah karena tidak terlalu tahu ataupun memamng karena sudah suka makan
tidak bisa untuk menghindarinya. Minuman bersoda mungkin menjadi salah
satu minuman yang banyak di gemari semua orang tidak terkecuali oleh ibu
hamil. Rasa manis, asam, dengan sensasi soda tentunya menjadi daya
tarik tersendiri dari minuman bersoda atau sofdrink, apalagi jika di
konsumsi di saat cuaca sedang panas. Mungkin banyak para ibu hamil
pecinta kopi ataupun alkohol yang berpikiran jika minuman bersoda bisa
menjadi minuman pengganti yang lebih baik. Meskipun minuman bersoda
telah menjadi minuman yang sangat tidak asing lagi di konsumsis etiap
hari bahkan telah menjadi gaya hidup khususnya di perkotaan, faktanya
minuman bersoda memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan dan
sangat tidak di anjurkan di konsumsi ibu hamil.

Tahukah anda jika dalam setiap botol kecil minuman bersoda memiliki berbagai kandungan yang tidak baik bagi kehamilan. Beberapa kandungan yang ada pada satu kaleng kecil minuman bersoda yaitu asam fosfat atau soda, pengawet, kafein, juga kandungan gula yang tinggi. Tentunya dari beberapa kandungan tersebut anda sudah bisa menebak mengapa minuman bersoda sangat tidak di anjurkan untuk di konsumsi ibu hamil. Tentunya beberapa kandungan tersebut dapat menyebabkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Dan berikut ini bahaya minuman bersoda bagi ibu hamil yang wajib anda ketahui.

Obesitas dan diabetes
Obesitas atau kelebihan berat badan memang sangat tidak baik bagi kesehatan termasuk ibu hamil. Kenaikan berat badan hingga 75% dari berat ideal bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit salah satunya diabetes. Pada satu kaleng kecil minuman bersoda atau softdrink setidaknya memiliki kandungan gula 12 sendok teh, kandungan gula yang terlalu tinggi di dalam tubuh tentunya akan meningkatkan ibu hamil terkena penyakit diabetes hingga bobot bayi yang terlau besar. Dilansir dari Nbcnews ibu hamil yang mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari maka anaknya 2x lebih besar dapat terkena obesitas atau kelebihan berat badan saat berusia 1 tahun. Tentunya gula yang di gunakan pada minuman bersoda yaitu pemanis buatan dan anda juga sudah tahu bahaya pemanis buatan bagi kesehatan. Maka dari itu lebih baik hindari mengkonsumsi minuman bersoda sangat di sarankan untuk minum air putih saat hamil.

Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi pada saat hamil bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Nyatanya kandungan kafein pada minuman bersoda bisa menjadi pemicu yang sangat ampuh untuk meningkatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ibu hamil yang gemar mengkonsusi minuman bersoda juga dapat membuat imunitasnya lemah yang dapat membuat ibu hamil sangat mudah terserang penyakit.

Osteoporosis
Kandungan asam fosafat pada minuman bersoda nyatanya sangat tinggi dan memiliki dampak buruk bagi kesehatan tulang. Diketahui asam fosfat dapat meningkatkan kandungan fosfor di dalam tubuh. Kandungan fosfor yang tinggi di dalam tubuh dapat membuat penyerapan kalsium terhambat dan tentunya meningkatkan anda terkena osteoporosis. Apalagi saat hamil kekuatan tulang akan sangat penting bagi ibu hamil yang telah memasuki trimester kedua dan ketiga.

Itulah beberapa resiko mengkonsumsi minuman bersoda saat hamil, jika anda penggemar berat minuman bersoda sangat di sarankan untuk mengindarinya terlebih dahulu saat hamil. Lebih baik menggantinya dengan banyak minum air putih, sayur, buah, juga lauk pauk yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Serta jangan lupa imbangi dengan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat dan segar saat hamil.

Baca juga artikel lainnya:

Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Putih dan Bersih

5 Alasan Yang Menyebabkan Ibu Hamil Cepat Lelah

6 Tips Travellng Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda

Citra Dewi Amd.Keb - February 1, 2017
Diskusi Dari:
Anonymous

maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Uchi Susilawati

Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Riza

Dok saya mau bertanya, kenapa ya ko rahang saya terasa sangat sakit sekali ketika membuka mulut atau menguap? Hal ini sudah saya rasakan lumayan cukup lama

Dijawab Oleh : Riza