Inilah Fakta Menarik Aktivitas Janin Dalam Kandungan

Tanya Bidan – Janin yang ada dirahim seorang ibu kebanyakan sering digambarkan sedang dalam keadaan tenang dan diam saja. Tapi kenyataannya janin dalam kandungan tidak hanya diam saja sambil menunggu waktunya untuk lahir. Ternyata banyak hal yang menakjubkan yang mampu dilakukannya meskipun si kecil masih berada didalam kandungan.

Salah satunya adalah mendengar aktivitas luar biasa yang bisa dilakukan si kecil saat berada didalam kandungan. Bukan hanya itu saja, karena masih banyak berbagai hal yang menakjubkan yang dapat dilakukan si kecil saat didalam kandungan.

Berikut ini ada beberapa fakta menarik menurut medis aktivitas si kecil sejak masih dalam kandungan seperti:

1. Janin dalam kandungan merasakan kaget

Menurut seorang ahli kandungan dari RSUD Dr. Doetomo, Dr Hari Nugroho SpOG mengatakan bahwa janin dalam kandungan bisa melakukan beberapa hal tergantung dari usianya dikandungan. Ternyata sudah mampu bereaksi pada suara keras yang terdengar disekitarnya, termasuk pada saat mendengar suara keras atau ketika sang ibu bersin, janin akan merasa kaget jika usia janin dalam kandungan telah berada diatas 9 minggu. Kekagetan dari janin dapat berupa gerakan secara langsung seketika janin menendang-nendang pada perut ibunya.

2. Janin dalam kandungan mengalami cegukan

Pada saat janin mulai memasuki trimester kedua atau ketiga akan mengalami cegukan , ibunya akan merasakan bagian perutnya seperti merasa kejang.

3. Janin dalam kandungan merasakan jika kehadirannya ditolak

Beberapa ibu hamil yang menolak kehadiran si kecil dikarenakan beberapa sebab yang dapat dirasakan oleh si kecil sehingga bisa mempengaruhi pertumbuhannya.

4. Janin dalam kandungan merasa stress

Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, janin juga bisa merasakan stress bahkan sejak berada dalam kandungan.

Seorang psikolog anak dan juga dosen dari Fakultas Psikologi UI, Rini Hildayani, MSi mengatakan stress ketika janin masih didalam kandungan tidak dapat dilepaskan dari stress yang dialami oleh ibunya.

5. Janin dalam kandungan merasakan makanan

Sejak usia 4 bulan kehamilan, janin dapat menghirup dan meneguk berbagai makanan yang dimakan oleh ibunya lewat cairan ketuban. Saat memasuki trimester ketiga janin sudah bisa merasakan apakah makanan tersebut asam, manis, pahit, atau beraroma khas seperti berbau bawang putih. Kemampuan ini juga akan menunjukan preferensinya kepada selera makanan tertentu dan janin akan memberikan reaksi pada apa yang dikonsumsi ibunya.

Itulah aktivitas janin dalam kandungan menurut media. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan anda saat sedang hamil, sebab secara langsung akan berpengaruh pada janin didalam kandungan. Tidak lupa juga selalu menjaga asupan nutrisi sehat agar saat persalinan berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Baca juga artikel lainnya:

Ternyata Ini Rahasia Supaya Hamil Bebas Stress

Nutrisi yang Harus dipenuhi Pada Ibu Hamil Pada Trimester 1

Buah yang Baik Bagi Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Inilah Keuntungan Hamil Di Usia 20 Tahunan

Citra Dewi Amd.Keb - November 7, 2016
Diskusi Dari:
puji

Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

Dijawab Oleh : puji
Diskusi Dari:
Anonymous

Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Putri Kintamani

Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

Dijawab Oleh : Putri Kintamani
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Assalamu’alaikum Bidan saya mau tanya dalam istilah medis ada kata SADARI apa perlu kita mendatangi Bidan di kota kita dan dokter kandungan? bagaimana maksudnya?mohon dibalas.

Dijawab Oleh : Dian Poenya Raizo
Diskusi Dari:
Sahputri Ramadhani

Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

Perlu Jawaban