Inilah Keuntungan Hamil Di Usia 20 Tahunan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Tahukah anda ternyata ada beberapa keuntungan hamil diusia 20.an bagi seorang wanita dianggap sebagai waktu yang paling tepat untuk kehamilan. Karena, secara biologis, usia ini merupakan puncak kesuburan dan kondisi tubuh seseorang sedang prima sehingga akan lebih minim resiko.

    Mengenai kesuburan dilihat dari sisi biologis, diusia 20.an memang merupakan masa paling baik untuk mengandung dan melahirkan bayi. Menurut seorang dokter konsultan fertilitias reproduksi, Judit Albert, sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara wanita diawal dengan akhir usia 20.an. Semuanya mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi dan rata-rata puncak kesuburan wanita biasanya berada diusia 24 tahun.

    Apabila anda hamil diusia 20.an, maka memiliki resiko yang lebih kecil akan lahirnya bayi dengan kelainan genetik. Dengan seiring bertambahnya usia anda, ovarium juga akan ikut menua, demikian juga dengan sel telur yang akan semakin menurun kualitasnya. Jika dibandingkan seorang wanita muda yang mempunyai lebih sedikit resiko akan kelainan genetik yang bisa diakibatkan seperti down syndrome. Resiko keguguran jika hamil pada wanita usia 20.an akan lebih rendah dibandingkan dengan wanita berusia lebih tua, yaitu sekitar 10 % bagi wanita berusia 20.an, 20 % bagi wanita pertengahan hingga akhir 30.an dan sekitar 35 % bagi wanita diawal 40.an.

    Selain itu, keuntungan hamil diusia 20.an  adalah resiko untuk timbulnya masalah kandungan seperti fibroid dan endometriosis jauh lebih kecil yang keduanya dapat berkembang dan menjadi suatu masalah serius jika tidak segera ditangani. Kemudian juga akan lebih kecil resiko terjadinya komplikasi kesehatan misalnya hipertensi dan diabetes serta peluang untuk melahirkan bayi prematur ataupun melahirkan bayi yang memiliki berat badan rendah juga akan lebih minim dibandingkan ibu hamil usia 35.an. Dan bahkan setelah melahirkan, seorang ibu akan  jauh lebih baik mempunyai daya tahan tubuh untuk menyusui saat malam hari dan beraktivitas seharian.

    Tidak hanya memberikan efek yang positif pada seorang ibu dari segi fisik. Menurut Susan Heitler, seorang konsultan pernikahan dan keluarga, mengatakan bahwa saat berusia 20.an seorang wanita akan lebih mudah dalam beradaptasi, hal tersebut sangat bagus untuk pernikahan serta dalam masa transisi sebagai orang tua.

    Untuk itu, bagi anda yang belum menikah atau sudah menikah tetapi belum merencanakan kehamilan sebaiknya segera direncanakan dengan baik terutama lakukan pemerikasaan ke bidan untuk mengetahui kesuburannya, agar berbagai keuntungan kehamilan diusia 20 tahunan ini bisa anda dapatkan dan agar dapat mulai membangun keluarga bahagia dengan kehadiran seorang anak secepat mungkin.

    Baca juga artikel lainnya:

    Pengaruh Usia Terhadap Kesuburan Wanita

    Penyebab Persalinan Prematur Yang Perlu Anda Ketahui

    Diabetes Gestasional Yang Terjadi Pada Masa Kehamilan

    Kenali Jenis-jenis Hipertensi Pada Kehamilan Serta Bahayanya

    Amankah Melakukan Pijatan Selama Masa Kehamilan?

    Penulis : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd. Keb
  • Citra Dewi Amd.Keb - October 31, 2016

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Dijawab Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
    Diskusi Dari:
    Cantika Rahayu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Aisyah Putri Setiawan

    selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

    Dijawab Oleh : Aisyah Putri Setiawan
    Diskusi Dari:
    Nenk Marsya

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Anonymous

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

    Dijawab Oleh :