Inilah Penyebab Mengapa Tangan Anak Sering Berkeringat

Memperhatikan kondisi tubuh anak merupakan hal yang terpenting dari rangkaian perawatan kesehatan buah hati anda. Mulai dari memperhatikan masalah-masalah umum, seperti malas berbicara, malas belajar, hiperaktif, sulit makan, susah buang air besar, sering mengeluh sakit, terganggunya konsentrasi anak dalam belajar, autis hingga masalah yang sering kali di alami oleh anak seperti tangan yang berkeringat sekalipun harus selalu menjadi perhatian anda.

Meski keringat yang keluar secara berlebih dari tubuh tidak selamanya tanda adanya masalah kesehatan, namun jika anda mendapati tangan si kecil mengalami kondisi yang serupa andapun harus waspadai kondisi tersebut. Karena telapak tangan sering berkeringat pada anak juga kemungkinan menjadi suatu pertanda gejala awal dari suatu penyakit. Lalu, apa penyebab telapak tangan sering berkeringat pada anak?

Banyak orang yang berpendapat, bahwa tangan yang sering kali berkeringat merupakan pertanda adanya masalah kesehatan seperti jantung dan juga stres. Lantas, benarkan pernyataan tersebut? sebaiknya, anda cari dahulu informasi seputar penyebab telapak tangan sering berkeringat pada anak, sebelum anda mulai mencari solusi untuk mengatasi kondisi tersebut.  Jika berminat, anda dapat menyimak informasi peyebab mengapa tangan anak sering berkeringat disini, yang mana akan tim curhat bidan informasikan secara lengkap dan juga terpercaya.

Inilah penyebab mengapa tangan anak sering berkeringat:

1. Bagian dari proses metabolisme tubuh
Keringat sering kali mucul pada telapak tangan anak terlebih saat mereka tidur. Para orang tuapun sering mengeluhkan dan menghawatirkan akan kondisi tersebut. Namun anda tak perlu khawatir, kondisi tersebut di latar belakangi karena adanya kelenjar keringat pada daerah-daerah tersebut. Dan patut anda ketahui, sebenarnya banyak keluar keringat adalah pertnda baik. Karena dengan demikian sistem kelenjar keringat bekerja secar sempurna.

Keringat juga sering kali keluar pada saat tubuh anak memproses makanan yang di konsumsinya menjadi protein yang nantinya akan di gunakan sebagai penambah energi. Karena saat proses tersebut, tubuh memerlukan kalori yang sangat besar, sehingga terjadilah peningkatan suhu dalam tubuh yang kemudian di buang oleh keringat. Adanya proses ini juga menjadikan anak yang sedang terdiam sekalipun dapat menghasilkan keringat.

2. Adanya suatu indiskasi penyakit
Selain proses metabolisme tubuh, penyebab telapak kaki dan tangan anak sering kali berkeringat juga sering kali di indikasikan sebagai pertanda awal gejala penyakit serius seperti jantung. Akan tetapi pertanyaan itu, tidak sepenuhnya benar. Dan yang menjadi pertanyaan, seberapa banyak keringat yag keluar yang masih bisa di toleransi?

Keringat yang keluar dianggap normal, jika mereka tidak terganggu dengan keringatnya sendiri. Dan jumlah keringat anak masih di katakan wajar apabila apabila perkembangan anak termasuk selera makan yang masih baik, pola tidur yang cukup serta pertumbuhan mental dan fisik anak masih baik. Akan tetapi, keringat berlebih pada anak pun sering kali harus di waspadai apabila di sertai dengan beberapa gejala seperti anak rewel, susah tidur,  serta nafsu makannya yang berkurang. Karena beberapa kondisi tersebut dapat menjadi indikasi adanya gangguan pada tubuh anak yang perlu mendapatkan perawatan khusus. Adapun beberapa gangguan kesehatan tersebut seperti:

  • Gizi yang kurang. Anak-anak dengan asupan gizi yang kurang dari asupan normal, umumnya sering kali mengeluarkan keringat secara berlebih. Hal ini di sebabkan akibat kurangnya asupan nutrisi yang sangat di perlukan oleh tubuh.
  • Alergi. Anak yang memiliki riwayat alergi juga umumnya sering kali memiliki jumlah secara berlebih. Hal tersebut di karenakan anak yang memiliki riwayat sangat hipersensitif dengan cuaca atau kondisi yang panas.
  • Hiperhidrosis. Adalah salah satu gejala awal terhadap kondisi khusus dalam tubuh. Yang pada umumnya kondisi tersebut sering kali memicu keringat secara berlebih. Pada umunya, hiperhidrosis sering kali si sebabkan oleh penyakit sistem endokrin seperti diabetes melitus, kanker serta kelainan pada kelenjar getah bening.

Nah, sekarang anda telah mengatahui penyebab mengapa tangan anak sering berkeringat, sehingga memudahkan anda untuk mencari solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Jika kondisi tangan yang sering berkeringat pada anak di sebabkan adanya indikasi suatu penyakit, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan bidan atau dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat, sehingga kondisi kesehatan anakpun tidak semakin memburuk.

Citra Dewi Amd.Keb - October 18, 2016
Diskusi Dari:
Dian Poenya Raizo

Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Siti Rohmah

Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Indriana Puspa Aliansa

Halo bu bidan, saya mau tanya, boleh tidak bayi usia 5 bulan diberi vitamin untuk daya tahan tubuhnya agar kuat ?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Gek Anik

Siang bu bidan.

2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

Perlu Jawaban
Diskusi Dari:
Anonymous

Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

Dijawab Oleh :