Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO

Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO
Ketidaksesuaian Golongan Darah Antara Ibu Dan Janin/Inkompatibilitas ABO -, Setiap golongan darah manusia dibedakan menjadi A-B-O-AB karena susunan molekulnya yang berbeda-beda sehingga setiap golongan darah memiliki karakteristik dan anti gen (immunitas) yang berbeda pula. Pada kasus inkompatibilitas ABO pada kehamilan disebabkan karena golongan darah AB dan pasanganya O, kemungkinan besar janin dan ibu akan mengalami beberapa reaksi imun (pertahanan tubuh).

Inkompatibilitas ABO merupakan suatu kondisi sebagai akibat dari ketidaksesuaian golongan darah antara ibu dan janin yang dikandungnya. Hal ini bisa menyebabkan embrio hilang pada waktu yang sangat awal secara misterius atau tiba-tiba.

Inkompatibilitas ABO merupakan salah satu penyebab dari penyakit hemolitik (sel darah merah yang tidak normal) pada bayi baru lahir yang biasanya terjadi pada janin dengan golongan darah A,B atau AB dari ibu yang bergolongan darah O.

Bayi Yang Terlahir Dari Inkompabilitas ABO

Manifestasi yang ditimbulkan Inkompatibilitas ABO terhadap janin bervariasi mulai dari ikterus (kuning) ringan dan anemia sampai hidrops fetalis (kondisi serius pada janin). Manifestasi yang muncul pada bayi setelah persalinan meliputi :

1) Asfiksia (kondisi kekurangan oksigen)

2) Pucat (oleh karena anemia)

3) Distres pernafasan

4) Jaundice (perubahan warna kuning pada kulit dan mata bayi yang baru lahir)

5) Hipoglikemia (kadar gula di dalam darah berada di bawah kadar normal)

6) Hipertensi pulmonal (naiknya tekanan di dalam pembuluh arteri paru akibat terhambatnya aliran darah yang melalui paru)

7) Edema (pembengkakan pada anggota tubuh)

8) Koagulopati (gangguan pembekuan darah)

Bayi Inkompabilitas ABO Harus Segera Ditangani

Apabila janin sampai cukup bulan dilahirkan hidup maka dapat terjadi ikterus yang dapat mengarah pada ikterus patologis atau hiperbilirubinemia. Apabila hal ini tidak ditangani secara tepat dapat menimbulkan kematian atau kelainan perkembangannya seperti gangguan perkembangaan mental, tuli, lambat bicara dan lain-lain

Komplikasi Pada Bayi Dengan Inkompatibilitas ABO

1. Penyakit kuning

Kebanyakan bayi yang baru lahir dengan inkompatibilitas ABO memiliki kadar bilirubin yang lebih tinggi dari normal, sehingga menyebabkan penyakit kuning pada bayi yang baru lahir. Ikterus pada bayi baru lahir memungkinkan untuk melakukan intervensi medis lebiih lanjut untuk mengatasinya.

2. Anemia

Banyak kasus dengan inkompatibilitas ABO mengalami anemia setelah beberapa minggu kelahiran. Anemia ini disebabkan oleh peningkatan jumlah kerusakan pada sel-sel darah merah dalam menaggapi antibody maternal. Antibody ini dapat bertahan di dalam tubuh bayi yang baru lahir selama beberapa minggu setelah persalinan. Sehingga memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan seberapa parah anemia pada bayi baru lahir.

Citra Dewi Amd.Keb - July 26, 2018
Diskusi Dari:
Neng Atna Julianti

Anak saya umur 4 bulan. Kenapa lendir dari lahir belum hilang sampai sekarang? Kira2 apa penyebabnya? Dan apa benar berlendir tidak akan naik berat badan bayi? Sekarang ini di tambah dengan batuk. Mohon solusi

Dijawab Oleh : Neng Atna Julianti
Diskusi Dari:
Anonymous

Dok mw tya. Ni sy hamil anak prtma. Apkh normal usia 4bln anak sya sunsang ya dok. Blm bisa dlihat jnis klamin ny?

Dijawab Oleh :
Diskusi Dari:
Novita dwi

Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

Dijawab Oleh : Novita dwi
Diskusi Dari:
Risky nur

Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

Dijawab Oleh : Risky nur
Diskusi Dari:
Muhammad Hanif Maulana

Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

Perlu Jawaban