×

Apa yang Akan Terjadi Jika Janin Kekurangan Nutrisi

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan – Kebutuhan akan nutrisi yang baik dan juga seimbang bagi anak diawali sedari awal mungkin, yang tepatnya sejak seribu hari pertama kehidupan sikecil. Bayi dalam kandungan sudah membutuhkan nutrisi dan gizi yang baik, karena janin sedang dalam tahap proses tumbuh kembang. Lantas apa yang akan terjadi jika janin dalam kandungan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup ?

Ini yang Akan Terjadi Jika Janin Kekurangan Nutrisi 

Related Posts :

    Janin dalam kandungan sebenarnya baik terhadap ibunya. Apabila ibunya tidak memberikan asupan nutrisi yang lengkap dan tidak terpenuhi dalam jumlah yang cukup, maka janin bisa beradaptasi dengan hal ini. Tetapi beradaptasinya itu akan memberikan dampak negatif yang cukup serius.

    Ketika seorang ibu hamil tidak memberikan nutrisi yang tepat untuk janin dalam kandungannya, maka janin akan mengecilkan semua organ vitalnya, seperti jantung, ginjal dan juga hati. Ukurannya tidak hanya mengecil tetapi juga organnya bisa semakin terbatas. dan kemungkinan akan terlahir dengan ukuran fisik yang kecil. 

    Baca Juga : Ketahui Manfaat Penting Vitamin D Untuk Kesuburan dan Kehamilan

    Oleh karena itu, ibu sebaiknya harus menjaga janin agar mampu terlahir dengan ukuran yang normal, dan juga mampu lahir dengan organ organ vital yang juga dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

    Dilihat dari segi medis, pertumbuhan akan bayi hingga ia berusia 1 tahun sangatlah pesat. Hal ini tentunya tidak perlu untuk diperdebatkan bahwa selama makanan pertama dan utama sikecil saat berusia di 6 bulan pertamanya adalah ASI. Pemberikaan ASI selama 6 bulan saja sudah termasuk dalam langkah yang luar biasa, karena nutrisi yang dibutuhkan bayi sudah lengkap dalam ASI. 

    Pada umumnya ketika usia bayi menginjak 6 bulan keatas, orang tua malah mulai melonggarkan pemberikaan nutrisi. Nah inilah sa;ah satu kesalahan yang sebaiknya mama koreksi, karena pada masa ini ASI ternyata tidak memnuhi kebutuhan bayi yang juga setiap perkembangannya meningkat. pada saat inilah mama seharusnya menambahkan asupan makanan yang bisa mendukung tumbuh kembang sikecil setelah usianya 6 bulan. 

    Dan perlu untuk diketahui juga, sampai menginjak masa pubertas sekali pun , anak masih membutuhkan asupan nutiri yang cukup. Seperti tidak lupa dalam pemberian 10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak. Dan barulah setelah masa pubertas, barulah seorang ibu bisa bernapas lega. Namun bukan berarti orang tua melepas kontrol terhadap pola makan serta asupan yang memberikan nutirisinya. Pola makan anak juga harus tetap diawasi supaya tidak berlebihan. Maka dengan ini, pertumbuhan sang anak akan tetap tumbuh dengan baik. 

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 7, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Penanganan herpes zoster

  • Oleh : puji
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

    Sakit tifes

  • Oleh : Chika ELlo
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bun saya mau tanya ank saya dari kmarin demam.tpi kalau pagi badanya anget klau mnjelang malam agak panas dikit…tpi mkanya gk kyak biasanya klau minum susu tetep ..bun minta solusinya makasih

    Bayi Gelisah Saat Akan BAK

  • Oleh : Diranan
  • 5 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya
    Bayi saya umur 4 bulan setiap mau pipis gelisah dan kadang menangis dulu, baru setelah itu dia pipis, tapi tidak diserta demam. Apa kondisi ini normal ?

    Menstruasi Setelah Melakukan Hubungan Suami Istri

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan