×

Ini Lho Alasan Janin Lebih Aktif Bergerak Di Malam Hari

Bagikan Artikel :

Ini Lho Alasan Janin Lebih Aktif Bergerak Di Malam Hari

Seneng yah Bun kalau janin di dalam rahim kita sering gerak-gerak. Tapi pernah gak sih bun ngerasa kok janinya lebih sering bergerak di malam hari ya? ya an bun? Padahal ini waktunya istirahat dan tidur tapi justru janin di dalam rahim terus aktif nendang-nendang kakinya. Nah kali ini Bidan Citra bakalan share alasan janin sering bergerak di malam hari.

Related Posts :

    Menurut American Pregnancy Association setiap bayi berbeda baik sebelum lahir maupun sesudah lahir. Apa yang dibilang normal atau gerakan normal pada setiap janin sangat bervariasi dan sangat berbeda. Semua gerakan janin adalah gerakan yang baik, tidak masalah kapan hal itu terjadi, baik pagi, siang, malam, atau bahkan dini hari.
    Menurut Psychology Today ketika kehamilan Anda memasuki bulan ke tujuh, bayi Anda akan lebih sering tertidur, bahkan 95% waktunya di dalam sana digunakan untuk tidur. Namun, si kecil tentu masih bergerak, biasanya ia akan bergerak setidaknya 50 kali per jam. Gerakan bayi Anda bisa berubah dari hari ke hari, namun jika semakin dekat dengan tanggal kelahirannya, semakin besar kemungkinan si kecil memiliki “rutinitasnya” sendiri.

    Alasan Janin Lebih Aktif Bergerak Di Malam Hari

    1. Beberapa bayi memang lebih aktif di malam hari. Tapi mungkin juga janin aktif bergerak di siang hari, hanya saja Anda tidak menyadarinya karena di siang hari Anda lebih banyak bergerak dibandingkan pada waktu malam hari yang mungkin Anda habiskan dengan duduk atau berbaring. Anda tidak bisa merasakan gerakannya ketika Anda sibuk kecuali tendangan si kecil yang lumayan kuat hingga membuat Anda bisa merasakannya. Oleh karena itu Anda akan menyimpulkan bahwa janin lebih aktif bergerak di malam hari saat Anda hendak istirahat/tidur.
    2. Suara-suara di luar rahim menjadi ayunan dan alunan music yang membuai sang janin di dalam perut. Saat malam hari tiba, dikala gerakan dan suara di luar rahim menjadi lebih tenang, janin akan tersadar dan penasaran apa yang sedang terjadi. Ini lah yang kemudian membuatnya menjadi lebih aktif, karena ia sebenarnya masih ingin menikmati aktvitas dan suara asing di siang hari.
    3. Janin aktif bergerak sebagai respon waspada. Janin bisa merespon suara Anda, calon ayah, dan sekitarnya ketika kehamilan Anda mulai masuk di usia tujuh bulan. Jadi, ketika Anda sedang bersantai diam sambil menonton televisi, si kecil bisa mendengarkan banyak suara baru yang berasal dari siaran televisi yang Anda tonton, hal ini membuat janin aktif bergerak.
    4. Makan camilan di larut malam. Jika Anda makan sesuatu yang rasa atau aromanya “kuat”, cairan ketuban Anda akan terpengaruh oleh makanan yang memiliki rasa atau aroma yang “tajam” ini dan bayi Anda kemungkinan besar akan bereaksi karena hal ini.

    Membandingkan gerakan janin pada malam dan siang hari

    Jika Anda khawatir janin aktif bergerak terus sepanjang malam, Anda bisa mencoba duduk dan diam sebentar di siang hari. Hidupkan televisi jika hal ini sudah menjadi kegiatan rutin Anda di malam hari. Lakukanlah kegiatan apapun yang Anda lakukan di malam hari pada waktu di siang harinya dan lihat bagaimana si kecil di dalam sana bereaksi.

    Sebenarnya, ketika Anda tidak melakukan hal-hal ini, jika Anda luangkan waktu untuk memperhatikannya, si kecil lebih banyak bergerak di siang hari daripada yang Anda duga. Bahkan jika si kecil diam pada siang hari, ini bukan peranda buruk untuk Anda atau bayi Anda sepanjang janin aktif bergerak terus di malam hari. Mungkin, si kecil memang memiliki “pola uniknya” sendiri untuk aktif di malam hari. Namun, jika Anda masih merasa khawatir dan takut, Anda bisa konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 20, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah Pada Vagina

  • Oleh : Jenni
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

    Berat badan anak

  • Oleh : Dica Rustiana
  • 8 bulan yang lalu

    Bu bidan anak saya umur 5 bulan tapi BB dia rendah cuma 5,6 asi saya cuma keluar dikit apa yg harus saya lakukan ??
    Saya kasih sufor tapi dia gk bisa pake botol dotnya kalo kasih bubur instan sudah boleh belum ya Bu ??
    Kalo sudah boleh bubur instan apa untuk penambah berat badan ank ??
    Mohon bantuannya Bu bidan terimakasih..

  • Oleh : Dica Rustiana
  • Tanda awal persalinan

  • Oleh : Dewi Dewi diana sari
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaukum, buk sya mau nanya tadi malam sya keluar cairan bening banyak sampe celana basah kayak ngompol gtu, trus subuh nya sya keluar cairan lagi beserta lendir kental tapi ngak ada darah itu lumayan banyak juga dri yang pertama, apakah itu tanda persalinan atau gimana yah buk?

  • Oleh : Dewi Dewi diana sari
  • Hamil

  • Oleh : Obey Hungkul
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

    Jenis persalinan apa yang baik untuk saya?

  • Oleh : Milda
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Tanya Bidan