×

Inilah Fakta Menarik Aktivitas Janin Dalam Kandungan

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan – Janin yang ada dirahim seorang ibu kebanyakan sering digambarkan sedang dalam keadaan tenang dan diam saja. Tapi kenyataannya janin dalam kandungan tidak hanya diam saja sambil menunggu waktunya untuk lahir. Ternyata banyak hal yang menakjubkan yang mampu dilakukannya meskipun si kecil masih berada didalam kandungan.

Salah satunya adalah mendengar aktivitas luar biasa yang bisa dilakukan si kecil saat berada didalam kandungan. Bukan hanya itu saja, karena masih banyak berbagai hal yang menakjubkan yang dapat dilakukan si kecil saat didalam kandungan.

Related Posts :

    Berikut ini ada beberapa fakta menarik menurut medis aktivitas si kecil sejak masih dalam kandungan seperti:

    1. Janin dalam kandungan merasakan kaget

    Menurut seorang ahli kandungan dari RSUD Dr. Doetomo, Dr Hari Nugroho SpOG mengatakan bahwa janin dalam kandungan bisa melakukan beberapa hal tergantung dari usianya dikandungan. Ternyata sudah mampu bereaksi pada suara keras yang terdengar disekitarnya, termasuk pada saat mendengar suara keras atau ketika sang ibu bersin, janin akan merasa kaget jika usia janin dalam kandungan telah berada diatas 9 minggu. Kekagetan dari janin dapat berupa gerakan secara langsung seketika janin menendang-nendang pada perut ibunya.

    2. Janin dalam kandungan mengalami cegukan

    Pada saat janin mulai memasuki trimester kedua atau ketiga akan mengalami cegukan , ibunya akan merasakan bagian perutnya seperti merasa kejang.

    3. Janin dalam kandungan merasakan jika kehadirannya ditolak

    Beberapa ibu hamil yang menolak kehadiran si kecil dikarenakan beberapa sebab yang dapat dirasakan oleh si kecil sehingga bisa mempengaruhi pertumbuhannya.

    4. Janin dalam kandungan merasa stress

    Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, janin juga bisa merasakan stress bahkan sejak berada dalam kandungan.

    Seorang psikolog anak dan juga dosen dari Fakultas Psikologi UI, Rini Hildayani, MSi mengatakan stress ketika janin masih didalam kandungan tidak dapat dilepaskan dari stress yang dialami oleh ibunya.

    5. Janin dalam kandungan merasakan makanan

    Sejak usia 4 bulan kehamilan, janin dapat menghirup dan meneguk berbagai makanan yang dimakan oleh ibunya lewat cairan ketuban. Saat memasuki trimester ketiga janin sudah bisa merasakan apakah makanan tersebut asam, manis, pahit, atau beraroma khas seperti berbau bawang putih. Kemampuan ini juga akan menunjukan preferensinya kepada selera makanan tertentu dan janin akan memberikan reaksi pada apa yang dikonsumsi ibunya.

    Itulah aktivitas janin dalam kandungan menurut media. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan anda saat sedang hamil, sebab secara langsung akan berpengaruh pada janin didalam kandungan. Tidak lupa juga selalu menjaga asupan nutrisi sehat agar saat persalinan berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

    Baca juga artikel lainnya:

    Ternyata Ini Rahasia Supaya Hamil Bebas Stress

    Nutrisi yang Harus dipenuhi Pada Ibu Hamil Pada Trimester 1

    Buah yang Baik Bagi Ibu Hamil Menjelang Persalinan

    Inilah Keuntungan Hamil Di Usia 20 Tahunan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 7, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    Apakah Nyeri Haid Mempengaruhi Kesuburan ?

  • Oleh : Risky nur
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

  • Oleh : Risky nur
  • keluhan miss V

  • Oleh : Vila Okta Sabela
  • 7 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum, saya bertanya dibagian miss V sudah lama ada benjolan kecil didalam labia mayora dan minora, jika di pegang2 akan terasa gatal memerah dan BAK pun ada nyeri sedikit. bisa jg dibiarkan tidak dipegang2 benjolannya mengecil . tetapi saya tidak pernah melakukan hub.seks. jadi bagaimana dok cara menangani nya keluhan tersebut.

  • Oleh : Vila Okta Sabela
  • Bolehkan ibu hamil facial?

  • Oleh : jerrigibson293
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan saya mau tanya saat ini saya sedang hamil 5 bulan amankah jika melakukan facial wajah dan menggunakan obat jerawat? mohon jawabannya

    kebidanan

  • Oleh : Rosita
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu bidan saya kemarin menikah dan melakukan hub intim bersama suami saya tapi ga keluar darah. Katanya kalo ga keluar darah saat malam pertama ga perawan. Mohon penjelasanya

    Tanya Bidan