Inilah Fakta Menarik Aktivitas Janin Dalam Kandungan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tanya Bidan – Janin yang ada dirahim seorang ibu kebanyakan sering digambarkan sedang dalam keadaan tenang dan diam saja. Tapi kenyataannya janin dalam kandungan tidak hanya diam saja sambil menunggu waktunya untuk lahir. Ternyata banyak hal yang menakjubkan yang mampu dilakukannya meskipun si kecil masih berada didalam kandungan.

    Salah satunya adalah mendengar aktivitas luar biasa yang bisa dilakukan si kecil saat berada didalam kandungan. Bukan hanya itu saja, karena masih banyak berbagai hal yang menakjubkan yang dapat dilakukan si kecil saat didalam kandungan.

    Berikut ini ada beberapa fakta menarik menurut medis aktivitas si kecil sejak masih dalam kandungan seperti:

    1. Janin dalam kandungan merasakan kaget

    Menurut seorang ahli kandungan dari RSUD Dr. Doetomo, Dr Hari Nugroho SpOG mengatakan bahwa janin dalam kandungan bisa melakukan beberapa hal tergantung dari usianya dikandungan. Ternyata sudah mampu bereaksi pada suara keras yang terdengar disekitarnya, termasuk pada saat mendengar suara keras atau ketika sang ibu bersin, janin akan merasa kaget jika usia janin dalam kandungan telah berada diatas 9 minggu. Kekagetan dari janin dapat berupa gerakan secara langsung seketika janin menendang-nendang pada perut ibunya.

    2. Janin dalam kandungan mengalami cegukan

    Pada saat janin mulai memasuki trimester kedua atau ketiga akan mengalami cegukan , ibunya akan merasakan bagian perutnya seperti merasa kejang.

    3. Janin dalam kandungan merasakan jika kehadirannya ditolak

    Beberapa ibu hamil yang menolak kehadiran si kecil dikarenakan beberapa sebab yang dapat dirasakan oleh si kecil sehingga bisa mempengaruhi pertumbuhannya.

    4. Janin dalam kandungan merasa stress

    Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, janin juga bisa merasakan stress bahkan sejak berada dalam kandungan.

    Seorang psikolog anak dan juga dosen dari Fakultas Psikologi UI, Rini Hildayani, MSi mengatakan stress ketika janin masih didalam kandungan tidak dapat dilepaskan dari stress yang dialami oleh ibunya.

    5. Janin dalam kandungan merasakan makanan

    Sejak usia 4 bulan kehamilan, janin dapat menghirup dan meneguk berbagai makanan yang dimakan oleh ibunya lewat cairan ketuban. Saat memasuki trimester ketiga janin sudah bisa merasakan apakah makanan tersebut asam, manis, pahit, atau beraroma khas seperti berbau bawang putih. Kemampuan ini juga akan menunjukan preferensinya kepada selera makanan tertentu dan janin akan memberikan reaksi pada apa yang dikonsumsi ibunya.

    Itulah aktivitas janin dalam kandungan menurut media. Oleh karena itu, selalu jaga kesehatan anda saat sedang hamil, sebab secara langsung akan berpengaruh pada janin didalam kandungan. Tidak lupa juga selalu menjaga asupan nutrisi sehat agar saat persalinan berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

    Baca juga artikel lainnya:

    Ternyata Ini Rahasia Supaya Hamil Bebas Stress

    Nutrisi yang Harus dipenuhi Pada Ibu Hamil Pada Trimester 1

    Buah yang Baik Bagi Ibu Hamil Menjelang Persalinan

    Inilah Keuntungan Hamil Di Usia 20 Tahunan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 7, 2016
    Diskusi Dari:
    Siska zumrotul fauziah

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya apa saja faktor yang dapat berpengaruh agar memiliki bayi kembar pada keluarga yang tidak mempunyai riwayat anak kembar. Mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Siska zumrotul fauziah
    Diskusi Dari:
    THESSYA ULIANTRY

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

    Dijawab Oleh : THESSYA ULIANTRY
    Diskusi Dari:
    debbyaprilyulia

    apakah bahaya dari ibu hamil yang baru terdeteksi virus toksoplasma?

    Dijawab Oleh : debbyaprilyulia
    Diskusi Dari:
    Sitihumairoh

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Dijawab Oleh : Sitihumairoh
    Diskusi Dari:
    tylermcphillamy

    Selamat pagi bu bidan saya Luna umur 29 tahun saat ini saya sedang hamil 36 minggu. MInggu lalu saya di opname karena mengalami ketuban yang rembes dan di sarankan untuk menjalani operasi caesar. Namun berat badan bayi dalam kandungan saya tergolong kecil dan di sarankan untuk menaikan berat badan bayi minimal 2 kg agar operasi caesar dapat di lakukan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya menaikan berat badan bayi dalam kandungan. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : tylermcphillamy