Mari Kenali Jenis Makanan yang Baik Untuk Pembentuk Otak Janin

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Kita – Rasa bahagia dimasa kehamilan tentunya dirasakan oleh setiap wanita hamil didunia, dan berbagai cara pastinya akan selalu dilakukan guna membuat janin dalam kandungan tetap sehat dan bisa terlahir dengan sempurna.

    Ibu hamil dituntut untuk lebih selektif dan lebih berhati hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi, karena makanan atau minuman yang dikonsumsi tentunya akan berdampak pada janin dalam kandungan. Maka tak heran makanan sehat selalu menjadi perhatian utama bagi para calon ibu.

    Selama masa kehamilan, sudah menjadi keharusan bagi ibu untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, yang terdiri dari berbagai protein dan juga makanan yang kaya akan nutrisi guna menunjang kesehatan janin . Dan banyak para ahli dan juga bidan kandungan mengatakan bahwasannya sangat penting sekali bagi para ibu hamil untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat terlebih diawal trisemmester pertama hingga trisemester akhir, hal ini bertujuan tak lain guna menjaga pembentukan janin.

    Makanan sehat serta bernutrisi yang dikonsumsi selama periode kehamilan akan membuat wanita hamil tetap sehat serta janin yang dikandunganya berkemang dengan sempurna.mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besi, seperti ikan serta buah  buahan dengan kandungan omega, akan baik untuk meningkatkan otak janin sehingga bayi akan memiliki kecerdasan yang bisa terus berkembang dengan baik. ( Baca : Makanan Untuk Mengatasi Kelelahan Selama Kehamilan )

    Makanan Pembangun Otak Janin

    Membahas mengenai perkembangan pertumbuhan otak janin, maka berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk pembangunan otak janin dalam kandungan. Berikut diantaranya

    1. Sayuran Berdaun Hijau
      Dimasa kehamilan, salah satu diet penting bagi ibu hamil adalah sayuran berdaun seperti halnya bayam dan juga brokoli. Sayuran yang berdaun hijau ini banyak mengandung zat besi dan juga kalsium yang baik guna perkembangan otak janin
    2. Buah Jeruk
      Pada tahap perkembangan dan pertumbuhan otak janin supaya bisa berkembang dengan baik setidakkanya ibu hamil harus mengkonsumsi 1 buah jeruk setiap hari.

    3. Hati
      Ketahuilah bahwa ibu hamil tidak mempunyai zat besi yang cukup guna mamasok oksigen dalam sirkulasi darah ke janin dan plasenta. Maka dari itu, jika ingin melahirkan seorang bayi yang cerdas, makanlah satu porsi hati sekali dalam seminggu
    4. Ayam
      Seperti yang telah diketahui bahwa daging ayam memiliki jumlah zat besi yang baik yakni besi heme yang tentunya sangat bagus untuk perkembangan otak janin
    5. Ikan
      Ikan sarden, mackerel dan juga salmon memiliki kandungan yang tinggi seperti omega 3 yang baik bila dikonsumsi selama masa kehamilan. Sebaiknya makanan yang mengandung omega 3 ini dikonsumsi 2 kali dalam seminggu
    6. Kuning Telur
      Manfaat baik yang terkandung dalam kuning telur diantaranya kolin yang mana merupakan salah satu zat yang ditemukan dalam vitamin B, kandungan ini sangat baik untuk perkembangan otak janin .

    7. Kubis
      Dalam setiap hidangan yang berisi kubis tentunya baik untuk pembentukan otak janin. Kubis sendiri mengandung sumber yang kaya akan asam folat dan sudah jelas baik bila dikonsumsi oleh wanita hamil.
    8. Kenari
      Kacang kenari memang menjadi pilihan makanan yang baik, karena kenari mengandung sejumlah omega 3 yang tinggi, yang idealnya bagus untuk pertumbuhan otak janin
    9. Aneka Buah Barries
      Cukup dengan mengkonsumsi segenggam berry seperti blueberry, stroberi dan raspberry akan meningkatkan tingkat IQ janin anda. Dan disarankan bagi anda ibu hamil untuk selalu mengkonsumsi salah satu dari buah barries ini selama masa hamil.

    Demikianlah beberapa jenis makanan yang baik untuk pembentuk otak janin. Perkembangan dan pertumbuhan otak janin yang terjaga dengan baik akan membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak janin dengan baik dan sempurna

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 15, 2016
    Diskusi Dari:
    Marini Sjola Manoppo

    Dok, saya mau bertanya. Biasanya kan tanggal sekarang ini saya jadwalnya menstrulasi, namun 2 hari belakang ini saya melihat di celana dalam saya ada bercak hitam sering sekali membuat gatal bagian miss V saya, mau tau dong apa sih penyebabnya itu?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    mahdi

    Siang dok. Saya Shelly. Anak saya yang berusia 1 bulan terkena pilek tapi tidak panas. Ada batuk sedikit jika sedang menyusui saja. Bagaimana cara menanganinya ? Apa perlu saya periksakan ke dokter ?

    Dijawab Oleh : mahdi
    Diskusi Dari:
    Dessi Yudha Arisandy

    Assalamualikum bu bidan, nama saya Filza Syafira. Saya mau bertanya kira – kira biaya untuk cek kesuburan suami istri butuh berapa ya ? Rincian pemeriksaannya seperti apa aja bu ? Terima kasih, mohon dijawab.

    Dijawab Oleh : Dessi Yudha Arisandy
    Diskusi Dari:
    Riza

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Cantika Rahayu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

    Perlu Jawaban