×

Benarkah Darah Haid Bisa Dijadikan Masker Wajah?

Bagikan Artikel :

Benarkah Darah Haid Bisa Dijadikan Masker Wajah?

Masker wajah memang efektif untuk merawat kulit agar terlihat cerah dan bersih. Masker wajah ini banyak sekali jenisnya mulai dari bahan-bahan yang alami sampai masker instan yang dijual di pasaran. Bahan-bahan alami yang biasa digunakan masker adalah jeruk lemon, putih telur, bengkuang, kopi, yoghurt dan lain-lain. Tapi ada masker alami yang sedikit aneh dan terdengar menjijikkan yaitu darah haid. Bagi sebagian orang masker wajah dari darah haid berefek baik bagi kulit maupun tubuhnya.

Seperti seorang wanita bernama Gabrielle yang merupakan seorang seniman berusia. Ia kerap melukis dengan darah menstruasi dan bahkan menerapkannya pada wajahnya sebagai masker wajah. Dia mengatakan bahwa menggunakan darah haid untuk seni dan perawatan diri adalah cara untuk sepenuhnya terhubung dengan tubuhnya dan menghargai ‘cairan suci’ tersebut.

Setiap bulan dia mengumpulkan darah haid menggunakan cangkir lalu menggunakannya untuk melukis sesuatu yang indah. Gabrielle menggunakan waktu ini sebagai kesempatan untuk merayakan tubuhnya dan semua keajaibannya.

Menurut Gabriella masker darah haid tidak hanya membuat kulit benar-benar bercahaya, juga bekerja secara aktif dalam mengobati jerawat, karena ada sel-sel induk dan banyak nutrisi yang dimaksudkan untuk membantu menumbuhkan bayi dan lapisan Rahim.

Selama ini darah menstruasi dianggap sebagai darah yang kotor dan memiliki kesan jorok. Meski demikian, sebagian orang mempercayai adanya manfaat darah haid untuk wajah seperti mengatasi jerawat, mencegah munculnya jerawat dan membuat wajah glowing

Related Posts :

    Bagaimana Tanggapan Secara Medis?

    Saat ini memang tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa cairan menstruasi dapat menimbulkan manfaat perawatan kulit. Bisa dikatakan bahwa manfaat-manfaat tersebut masih merupakan mitos belaka.

    Cerita yang beredar di masyarakat hanyalah cerita dari mulut ke mulut dan sulit untuk dibuktikan kebenarannya. Karena belum terbukti secara ilmiah, perawatan ini tentunya menjadi perawatan yang tidak disarankan.

    Apa Kandungan Yang Ada Pada Darah Haid?

    Darah haid sebenarnya bukan sepenuhnya darah kotor, melainkan sama seperti darah yang keluar dari tubuh ketika seseorang terluka. Meskipun begitu, darah yang keluar ketika menstruasi tidak dapat dikatakan bersih karena telah bercampur dengan jaringan pada dinding rahim yang ikut luruh bersama darah tersebut.

    Memang benar ada sel punca yang terdapat pada darah menstruasi. Sedang dilakukan penelitian sebatas pada model hewan, untuk menguji kemampuan sel punca untuk memperbaiki proses penyembuhan luka pada kulit.

    Namun belum ada bukti medis yang cukup kuat untuk mendukung penggunaan masker wajah dari darah menstruasi. Kecerahan wajah, sebagian besar ditentukan oleh minimalnya penumpukan lapisan luar kulit yang sudah mati. Sehingga pembaharuan lapisan sel kulit terjadi terus menerus. Nah, penumpukan lapisan luar kulit yang sudah mati bisa diminimalkan dengan eksfoliasi.

    Sedangkan, untuk mengatasi jerawat diperlukan zat yang berfungsi sebagai anti-radang dan anti-bakteri. Belum ada bukti ilmiah yang mengatakan darah menstruasi memiliki kemampuan eksfoliasi maupun kemampuan anti-radang dan anti-bakteri pada kulit. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengaplikasikan darah haid langsung pada wajah. Jika menginginkan kulit wajah yang cantik, mulus dan sehat, pilihlah perawatan yang sudah terbukti kebenarannya secara ilmiah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 2, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mr.p

  • Oleh : Sandro Tobing
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’allaikum kak mau tanya makanan apa saja yang bisa meningkatkan Hormon dan bisa membuat ukuran mr p bertambah?

  • Oleh : Sandro Tobing
  • Pake IUD saat berhubungan intim

  • Oleh : Azelia Jihan
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok, saya mau bertanya kalo melahirkan anak pertama terus di pasang IUD yg 8 tahun. Apakah saat berhubungan intim mengeluarkan sperma kedalam vagina apakah bisa hamil atau tidak?saat pake IUD?. Apakah saat berhubungan intim pake IUD terasa sakit atau tidak dok? Terima kasih dok.

    Pil kb

  • Oleh : Putri Lulu
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Apakah pil kb bisa memancing kehamilan ?

  • Oleh : Putri Lulu
  • Gelembung/kantong

  • Oleh : Dewi Gita
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok, knpa di vagina saya kalau lubangnya di buka trlihat ada seperti gelembung yg isi cairan dok?

  • Oleh : Dewi Gita
  • Masalah haid dan cara penyelesaiannya

  • Oleh : Rosalia Sabella
  • 2 tahun yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan…saya mau tanya masalah seputaran haid, saya baru umur 18 tahun belum menikah dan belum pernah melakukan hubungan sex, tapi saya sudah telat haid 2 bulan…saya 4 bulan yang lalu pernah mengkonsumsi pil penggemuk badan tapi saya stop sebelum pil itu habis, sebulan setelah minum itu haid saya masih teratur tpi setelah 2 bulan minum itu haid saya jdi tdk teratur lagi, bahkan sampai 2 bulan lebih tdk haid tpi setelah itu haid terus bulan berikut nya juga sama haid tdk teratur…jadi bagaimana yaa bu supaya haid saya jadi teratur dan lancar lagi?

    Mohon di jawab bu…wassalamualaikum…

  • Oleh : Rosalia Sabella
  • Tanya Bidan