×

6 Perbedaan Hamil Anggur dan Hamil Diluar Kandungan

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan | Bunda haruslah bisa membedakan mana hamil anggur dan hamil diluar kandungan. Banyak yang menganggap hamil anggur dan hamil diluar kandungan sama, misalnya ibu hamil yang mengalami hamil anggur dan hamil diluar kandungan akan sama mengalami pendarahan dan nyeri pada bagian perut. Walau tanda dan gejala yang dialami sama tetapi hamil anggur dan hamil diluar kandungan memiliki perbedaan. Perbedaan inilah yang sebaiknya bunda ketahui.

Kehamilan di Luar Kandungan

Kehamilan di luar kandungan merupakan suatu kehanilan dimana janin tidak tertanam di rahim atau tertanam di luar rahim. Kehamilan di luar kandungan (Kehamilan ektopik) sebagian besar terjadi pada tuba fallopi. Kehamilan ektopik lebih jarang terjadi daripada keguguran, dengan perbandingan1 diantara 60 kehamilan.

Tanda Kehamilan diluar Kandungan

  1. Nyeri kram di bawah perut, biasanya lebih sakit dari sakit pada waktu akan haid.
  2. Nyeri yang menusuk di area sekitas perut.
  3. Pendarahan pada vagina.
  4. Level HCG rendah.

Hamil Anggur

Hamil anggur sering disebut sebagai MOLE, pada kehamilan ini yang tumbuh pada rahim bukanlah embrio melainkan suatu jaringan yang bersifat abnormal. Kehamilan anggur juga sering disebut sebagai gestational trophoblastic disease (GTD).

Tanda Hamil Anggur

Related Posts :
    1. Tes darah menunjukan level HCG yang tinggi.
    2. Tidak ada detak jantung pada janin.
    3. Pendarahan dari vagina
    4. Apabila dilihat dari USG terlihat ada rangkaian seperti anggur dalam rahim.

    6 Perbedaan Hamil Anggur dan Hamil Diluar Kandungan

    Ada beberapa perbedaan antara hamil anggur dan hamil diluar kandungan. Diantaranya sebagai berikut :

    • Bentuk Embrio
      Pada hamil anggur dan hamil diluar kandungan memiliki bentuk embrio berbeda. Pada hamil anggur bentuk embrio atau bakal janin berbentuk seperti anggur, sedangkan hamil diluar kandungan, bentuk embrio sama dengan kehamilan normal akan tetapi letaknya saja yang berada di luar rahim.

    • Letak Bakal Janin
      Walaupun bakal janin tidak berkembang, hamil anggur letaknya tetap berada pada rahim. Sedangkan hamil diluar kandungan bakal janin berada di luar rahim.
    • Penyebab Hamil Anggur dan Hamil diluar kandungan
      Penyebabnya tentu berbeda, hamil anggur disebabkan oleh tidak adanya sel yang dibuahi atau tidak adanya kromosom pada telur atau ovum yang dibuahi. Sedangkan hamil dluar kandungan, zigot tidak bisa menempel pada dinding rahim dan menempel di luar rahim.

    • Jenis Hamil Anggur dan Hamil Diluar Kandungan
      Hamil diluar kandungan memiliki 1 jenis saja, sedangkan hamil anggur memiliki 2 jenis yang berbeda, yaitu :

      – Complete Mole, Jenis hamil anggur ini disebut hamil anggur klasik / hamil yang seluruhnya bersifat palsu. Apabila dideteksi hamil anggur ini memang menandajan ciri orang yang hamil, perutnya juga akan seperti orang hamil, karena hamil anggur akan cepet berkembang dibandingkan dengan orang hamil biasa. Padahal yang berada pada rahimnya yaitu tumor jinak yang bersarang di dalam perut.

      – Partiel Mole, Jenis hamil anggur ini merupakan kebalikan dari Complete Mole. Memang pada awalnya benar-benar mengandung dan janin di dalam tubuhnya ada. Tetapi lama kelamaan hamil tersebut brubah menjadi hamil anggur karena perkembangan janin yang menjadi abnormal, sehingga janin akan berhenti berkembang karena mengalami kecacatan.

    • Faktor Risiko
      Bunda yang mengalami hamil anggur dan hamil diluar kandungan memiliki faktor risiko yang berbeda. Hamil diluar kandungan bisa menyerang bunda yang memiliki masalah dengan kesehatan reproduksinya, misalkan radang panggul, PMS, IMS dll.

      Sedangkan faktor risiko bunda yang mengalami hamil anggur bisa menyerang wanita pada usia kurang dari 20 tahun dan lebih dari uia 34 tahun. Persamaan faktor risiko dari hamil anggur dan hami di luar kandungan yaitu Bunda yang sama-sama memiliki riwayat hamil anggur dan hamil ektopik sebelumnya bisa rentan terkena kehamilan abnormal itu kembali.

    • Cara Mengatasinya
      Mengatasi hamil anggur dan hamil diluar kandunagn berbeda, untuk mengatasin hamil anggur menggunakan obat-obatan untuk meluruhkan janin yang tidak berkembang atau tumor yang ada di dalam kandungannya. Untuk hamil ektopik juga bisa menggunakan obat-obatan. Obat yang diberikanpun berbeda, dan mengatasi hamil anggur yang sudah parah dan kehamilan ektopik caranya pun berbeda. Apabila hamil anggur mengatasinya dengan kuret, sedangkan  hamil ektopik atau hamil diluar kandungan menggunakan tindakan pembedahan atau operasi.

    Perbedaan hamil anggur dan hamil diluar kandungan sering tidak diperhatikan, karena banyak yang menganggap hamil anggur dan hamil diluar kandungan sama. Hamil anggur dan juga hamil diluar kandungan janganlah disepelekan karena bisa menimbulkan kesehatan yang serius bagi yang mengalami hamil tersebut.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 5, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sakit Dada Tiba Tiba

  • Oleh : Atha
  • 9 bulan yang lalu

    Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

    Persalinan Yang Di Lakukan Di Dalam Air

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat Pagi Ibu Bidan 🙂

    Saya mau bertanya seputar persalinan di dalam air, apakah persalinan itu aman di lakukan? Dan apa saja manfaat manfaat serta bahaya dari persalinan tersebut bagi kesehatan ibu dan anak yang akan di lahirkan?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • Menstruasi yang tidak teratur

  • Oleh : herry sinaga
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan,

    aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu.

    hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan, dan menyebabkan susah hamil atau tidak?

    atau daya da kelainan hormon atau bagaimana bu? dan cara mengatasinya bagaimana agar jika ada kelainan saya bisa mengobatinya sejak dini bu bidan.

    terimakasih

    Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    Telat Haid Dan Hanya Bercak Merah Ketika Haid Datang

  • Oleh : Yuli Ani
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan,

    Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan