×

7 Manfaat Jika Suami Sering Mengelus Perut Istri Yang Sedang Hamil

Bagikan Artikel :

7 Manfaat Jika Suami Sering Mengelus Perut Istri Yang Sedang Hamil

Salah satu bentuk perhatian suami ketika istri hamil adalah sering mengelus perut dan mengajak ngobrol janin di dalam kandungan. Selain memberikan kebahagiaan bagi istri mengelus perut memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan psikologis lho! Sehingga hal ini sangat dianjurkan pagi para suami.

Related Posts :

    Manfaat Mengelus Perut Istri Yang Sedang Hamil

    1. Manambah rasa percaya diri
      Percaya ga ketika istri hamil terjadi prubahan hormone dan tubuh sehingga sebagian ibu hamil akan minder. Nah dengan memberikan sentuhan lembut di perutnya istri akan percaya diri.
    2. Memberikan rasa nyaman
      Perasaan tidak nyaman kadang dirasakan ibu yang sedang mengandung karena perubahan hormon dan fisik mereka. Usapan lembut di perut istri yang dilakukan suami akan membantu mereka mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.
      Rasa nyaman, tenang dan merasa diperhatikan dapat membantu tubuh melepaskan hormon antistres. Selain kepada istri usapan lembut di perut tadi juga dapat memberikan rasa yang sama kepada bayi. Ini karena hormon yang dilepaskan tadi juga turut memengaruhi suasana hati bayi di dalam kandungan.
      Anda dapat mulai melakukan usapan-usapan lembut di perut istri sejak usia kandungan memasuki 8 minggu. Lakukan sesering mungkin sebagai salah satu bentuk perhatian anda kepada istri dan bayi di kandungan.
    3. Membantu melancarkan proses persalinan
      Menurut sebuah penelitian, salah satu manfaat suami mengusap perut ibu hamil yang sudah besar bisa membantu saat persalinan. Rasa nyeri akibat persalinan berkurang kalau perut ibu hamil sering dielus oleh suami. Usapan lembut juga dihubungkan dengan memperkecil risiko kelahiran melalui operasi cesar serta mengurangi faktor kesulitan yang menghambat persalinan. Dengan semakin rutin melakukan usapan-usapan lembut ke perut istri sejak memasuki trimester ketiga, anda berperan memperlancar proses persalinan.
    4. Mengurangi risiko kesehatan
      Sebuah penelitian di Inggris juga mengungkap, dengan rutin melakukan usapan lembut ke perut akan membantu perkembangan fisik bayi secara maksimal. Risiko lahir prematur dan berat badan lahir rendah (BBLR) menurun signifikan berdasarkan hasil penelitian tersebut.
    5. Menambah kecerdasan janin
      Mengelus perut istri dengan usapan lembut dan penuh kasih sebagai bentuk stimulus yang positif bagi tumbuh kembang bayi selama di dalam kandungan istri. Selain itu, manfaat suami mengelus perut ibu hamil juga bisa membantu perkembangan sel-sel otak bayi secara maksimal.
    6. Menyiapkan mental seorang ayah
      Dengan rutin melakukan usapan ke perut istri, calon ayah sekaligus menyiapkan mental untuk peran barunya nanti. Usapan lembut diyakini dapat membangun koneksi yang kuat antara ibu, bayi dan anda. Sambil melakukannya, anda dan ibu dapat mencoba mengatakan hal-hal baik misalnya seperti mengobrol bersama, berdoa atau menyanyi seolah-olah bayi ada di tengah mereka.
      Saat mengelus perut ibu hamil, calon ayah akan dapat merasakan hal yang dirasakan oleh istri. Sehingga akan membangun empati dan kekuatan psikisnya sebagai calon ayah. Secara tidak langsung ayah akan menyiapkan dirinya, menyiapkan mentalnya untuk kehadiran sang buah hati.
    7. Bentuk komunikasi awal dengan buah hati
      Manfaat suami mengelus perut ibu hamil juga sebagai salah satu bentuk komunikasi dan membangun interaksi dengan bayi di dalam kandungan. Jadi saat mengelus perut istri yang hamil, ayah boleh mengajak bicara calon bayi dalam perut. Usapan-usapan lembut pada perut istri yang dilakukan anda akan berdampak pada kecerdasan emosional bayi di masa depan.

    Beberapa Gerakan Usapan Lembut Yang Dapat Anda Dan Ibu Hamil Lakukan

    • Mengoles aroma terapi. Usap dan oleskan minyak aroma terapi misalnya minyak lavender atau zaitun di perut sambil mengelus.
    • Lakukan gerakan memutar searah jarum jam, atau sebaliknya dengan penuh kelembutan.
    • Mengusap lembut bagian sisi perut istri. Lakukan perlahan dengan gerakan memutar atau naik dan turun. Perhatikan reaksi bayi di dalam perut saat anda melakukannya.
    • Gunakan jari telunjuk dan jari tengah, gerakan perlahan seperti mengusap dengan lembut di seluruh bagian perut istri.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 22, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi Usia 2 Minggu Belum BAB 9 Hari

  • Oleh : Ivie Suci
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Seputar payudarah

  • Oleh : Risma Syifa
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum. Malam bu bidan, saya mau tanya sempat beberapa kali puting saya mengeluarkan bercah putih sehabis mandi tapi alhamdulillah sudah lama tidak. Tapi kalo sama melakukan sadari alhamdulillah tidak ada keluar cairan seperti yang bu bidan katakan diyoutube. Itu kenapa ya bu?

    Normalkan Merasakan Tegang Di Perut Dalam Kehamilan

  • Oleh : Silvia Rizkiana Sari
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, yang saya ingin tanyakan tentang kehamilan saya apakah normal perut terasa seperti kram, tegang dan sakit padahal kehamilan baru masuk trimester pertama dan ini pengalaman pertama saya hamil, apakah ini berbahaya atau tidak ya bu? Ditunggu jawabannya.

    Ingin hamil anak ke 2 anak pertama sudah umur 6 thn

  • Oleh : Yoke Ceca
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Yoke Ceca
  • Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Tanya Bidan