×

Aman Gak Sih Ibu Hamil Pakai Softlens?

Bagikan Artikel :

Aman Gak Sih Ibu Hamil Pakai Softlens?

Memang menggunakan softlens lebih nyaman ketimbang menggunakan kacamata. Selain itu menggunakan softens juga dirasa akan membuat lebih percaya diri.
Tapi kalau missal ibu hamil yang menggunakan softlens aman gak sih? Berpengaruh terhadap janinnya gak?. Nah unutk membantu menjawab pertanyaan apakah lensa kontak aman untuk ibu hamil, Bidan Citra akan sedikit jelaskan

Lensa yang umumnya dipasangkan di kornea mata untuk mengganti kacamata konvensional meskipun demikian bentuknya tidak nampak sehingga tidak akan mengaggu penampilan anda. Selain itu warna dari lensa kontak yang akan membantu mata anda semakin cantik. Kini lensa kontak tidak hanya dapat digunakan untuk individu yang bermasalah dengan kesehatan mata akan tetapi pada orang normal (mata tidak minus). Dalam menggunakan softlens harus sangat teliti. Pertama ketika menyentuh softlens maka usahan mencuci tangan denga sabun agar mata tidak iritasi. Kemudian penggunaan softlens tidak seperti menggunakan kacamata. Softlens tidak bisa dipakai dalam waktu yang lama. Penggunaan yang terlalu lama dan memakainya ketika saat tidur akan menyebabkan luka pada kornea. Softlens akan aman digunakan apabila memperhatikan kesehatan mata.

Related Posts :

    Amankah Penggunaan Softlens Pada Ibu Hamil?

    Pada ibu hamil terjadi perubahan bentuk tubuh begitu pala pada organ mata yang dapat terjadi pada perubahan kornea dan ukuran mata.Inilah yang menyebabkan ibu hamil tidak nyaman ketika menggunakan lensa kontak. Meskipun demikian ukuran mata akan kembali pada bentuk semula apabila ibu sudah persalinan. Keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah perubahan pada visus dan mata yang terasa kering.Sehingga penggunaan softlens kurang tepat dibandingkan menggunakan kacamata. Meskipun demikian bukan berarti ibu hamil dilarang akan tetapi harus waspada saja dalam menggunakannya. Perubahan hormonal yang terjadi ketika ibu hamil akan mengakibatkan lensa kontak mengalami gangguan ketika digunakan.

    Perlu anda ketahui bahwa selama kehamilan anda akan mengalami perubahan hormonal dan fluktuasi tekanan darah pada organ mata. Berikut ini adalah perubahan yang terjadi pada mata : Pembengkakan kornea yang mengakibatkan menjadi tebal dan melengkung. Sehingga ketika menggunakan lensa mata menjadi tidak nyaman dan mudah menggeser. Mata mudah mengalami iritasi, inilah yang menyebabkan terjadi infeksi yang lebih sensitif pada ibu hamil yang menurun. Bahkan ini yang menyebabkan menjadi ibu hamil terlambat berobat dan mengalami iritasi dan infeksi. Mata yang kering sehingga apabila terjadi gangguan yang akan memproduksi kelenjar penghasil lapisan pada air mata. Inilah yang menyebabkan mata menjadi menguap dan merasakan mata yang perih. Mengalami penglihatan yang kabur bahkan mengalami pembengkaakn pada kornea yang mengubah menjadi kondisi refraksi mata menjadi lebih minus dibandingkan sebelum kehamilan.

    Cara Aman Dan Nyaman Menggunakan Lensa Kontak Bagi Ibu Hamil

    Ibu hamil boleh saja menggunakan softlens asalkan memiliki batasan yang seharusnya digunakan dan disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu untuk mengurangi resiko kesehatan pada ibu. Mengingat kondisi ibu hamil berbeda-beda sehingga harus dilakukan pemeriksaan sebelum menggunakan lensa ketika hamil. Adapun hal yang harus diperhatikan agar nyaman menggunakan lensa kontak selama. Apabila anda pertama kali menggunakannya pilih yang menggunakannya masa harian atau mingguan sehingga mudah beradaptasi dengan mata. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mata ketika menggunakan softlens. Anda dapat menggunakan cairan pembersih dengan memperhatikan kadaluarsanya.

    Gunakan Softlens sebelum anda menggunakan make-up. Ketika menyentuh Softlens usahakan untuk tangan bersih Perhatikan pula kebersihan ketika menggunaan Softlens Hindari mengucek mata apalagi bila terpapar debu Anda dapat menggunakan tetes mata apabila mata terasa kering Anda juga harus menggunakan sesuai petunjuk ahli perawatan mata untuk mendapatkan perawatan yang optimal.

    Dengan demikian apabila anda akan menggunakan softlens ketika hamil sebaiknya sangat memperhatikan kenyamanan. Hal ini dikarenakan kondisi ibu saat hamil mengalami perubahan fisik. Salah satunya terjadi pembengkakan pada bagian tubuh.

    Selama hamil, ibu akan mengalami volume darah dan cairan tubuh yang semakin bertambah. Inilah yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada mata. Meskipun demikian pembengkakan pada mata akan berbeda dengan bengkak pada kaki dan wajah hanya terlihat kecil pada mata bahkan cenderung tidak terasa. Meskipun demikian ukuran kornea akan berubah dan mengalami ketidaknyaman sehingga lensa kontak yang tidak pas akan menempel pada bola mata.Hal termudah yang dapat dilakukan pada ibu hamil adalah dengan menggunakan kacamata selama masa kehamilan. Penggunaan lensa akan lebih baik apabila digunakan digunakan setelah melahirkan dan volume darah sudah kembali normal. Sehingga sudah kembali normal dan nyaman menggunakan Softlens

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 11, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim

  • Oleh : romad25102493501
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim, istri saya masih was was Ada yg bilang boleh Ada yg bilang jangan dulu

    Jenis persalinan apa yang baik untuk saya?

  • Oleh : Milda
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Kehamilan

  • Oleh : Yoga Hendrawan
  • 11 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok . Istri saya mengalami keputihan agak banyak setelah 3 hari berhubungan , apakah itu menandakan kehamilan dok ? Terimakasih

  • Oleh : Yoga Hendrawan
  • Makanan Pemicu Keguguran

  • Oleh : Dessi Yudha Arisandy
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 3 bulan dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang memicu keguguran, takutnya saya salah makan mohin di jawab bu bidan terimakasih

    Tanya Bidan