×

Apabila Ibu Hamil Ngidam Gak Dijabanin

Bagikan Artikel :

Apabila Ngidam Gak Dijabanin

Kayanya gak ada deh ibu hamil yang gak pernah ngidam. Iya kan? Padahal dalam medis sebenarnya tidak ada kata ngidam. Ini hanya masalah psikologis ibu hamil yang ingin lebih diperhatikan. Ngidam biasanya diartikan sebagai keinginan ibu hamil untuk makan makanan tertentu dan biasanya dengan permintaan khusus dan sulit dicari, seperti mangga muda, buah kecapi, kue yang dibuat oleh ibu mertua, dan lainnya. Ngidam juga kadang diartikan sebagai permintaan jabang bayi. Jika ngidamnya tidak dituruti, biasanya ibu takut janinnya mendapat masalah. Padahal ini tidak benar.

Hingga saat ini tidak ada penjelasan yang dapat diterima yang mampu menjelaskan apa yang sedang terjadi pada tubuh saat ngidam. Namun, di balik keinginan ibu yang banyak saat ngidam, sebaiknya tetap memperhatikan apakah makanan yang diminta ibu saat ngidam menyehatkan atau membawa dampak buruk. Jangan sampai karena alasan ngidam, ibu banyak mengonsumsi makanan yang justru membahayakan ibu dan janin.

Related Posts :

    Misalnya, ibu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam karena sedang ngidam fastfood. Konsumsi banyak fastfood dapat berdampak pada tekanan darah ibu, menyebabkan kembung, membuat pergelangan kaki bengkak, serta makan terlalu banyak gula dapat menambah beban pada pankreas.
    Tetap perhatikan asupan makanan ibu supaya kebutuhan zat gizi penting yang diperlukan ibu hamil dan janin tetap terpenuhi dan membawa manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Sebaiknya makan makanan yang sehat saat ngidam, walaupun keinginan untuk makan makanan saat ngidam tidak dapat ditentukan.

    Arti ngidam bagi tubuh

    Tidak ada yang mengetahui mengapa ngidam terjadi, ada yang mengatakan bahwa ngidam merupakan tanda tubuh ibu hamil sedang kekurangan beberapa zat gizi sehingga ngidam adalah cara tubuh untuk meminta apa yang tubuh perlukan. Seperti dilansir dari webmd, ngidam bukan berarti tubuh benar-benar membutuhkan makanan tertentu yang Anda inginkan, tetapi mungkin tubuh perlu sesuatu (zat gizi) yang di dalam makanan tersebut. Selera Anda menafsirkannya sebagai keinginan untuk sesuatu yang spesifik. Banyak ahli mengatakan indra pengecap pada lidah memainkan peran dalam bagaimana kita menafsirkan kebutuhan tubuh kita.

    Ngidam Bisa Jadi Alarm Dari Tubuh

    Ngidam mungkin merupakan pesan dari otak mengenai kebutuhan Anda, perut Anda sedang lapar atau Anda membutuhkan zat gizi tertentu. Stres, cemas, dan emosi dapat berdampak pada kebutuhan akan makanan tertentu. Biasanya Anda ingin mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat ketika merasa down atau stress, seperti roti, biskuit dan makanan manis, karena makanan ini memiliki efek menenangkan dan meningkatkan kadar zat kimia dalam otak yang menghasilkan suasana hati senang (serotonin). Contoh lainnya, yaitu jika ibu hamil ngidam burger, daging, atau kentang goreng, mungkin ibu sedang membutuhkan protein, natrium, dan kalium. Cokelat atau es krim mungkin merupakan tanda tubuh ibu membutuhkan kalsium atau lemak.

    Arti Sebenarnya Ngidam

    1. Apabila yang diidamkan cokelat maka tubuh sedang membutuhkan magnesium. Berarti harus makan almond dan bayam.
    2. Apabila yang diidamkan makanan manis maka tubuh lagi membutuhkan kromium dan fosfor. Berarti yang harus dimakan adalah buah, brokoli dan kacang-kacangan.
    3. Apabila yang diidamkan makanan asin maka tubuh sedang membutuhkan klorida. Berarti yang harus dimakan adalah zaitun dan sayuran hijau.
    4. Apabila yang diidamkan makanan berlemak maka tubuh butuh omega 3. Berarti harus makan chia seeds, kenari dan ikan laut.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 3, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Lendir bayi

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Anak saya umur 4 bulan. Kenapa lendir dari lahir belum hilang sampai sekarang? Kira2 apa penyebabnya? Dan apa benar berlendir tidak akan naik berat badan bayi? Sekarang ini di tambah dengan batuk. Mohon solusi

    Sperma encer

  • Oleh : Sarah Safitri
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum wr wb bu bidan saya ingin bertanya apakah pada wanita juga bisa terjadi sperma encer? Lalu jika memang bisa bagaimana cara mengatasi? Karena sebelumnya saya menyadari saat keluar seperti keputihan bentuknya kental lalu kedua kalinya bening seperti air

    Insomnia Akut

  • Oleh : Alfiyah
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, akhir akhir ini saya sering kali merasakan susah tidur atau insomnia. Akibat insomnia, di kantorpun kerjaan menjadi menumpuk dan konsentrasi tidak seperti biasanya. Saya mau bertanya, bagai mana cara mengatasi insomnia akut ini?

  • Oleh : Alfiyah
  • Tentang KB

  • Oleh : rika meirina
  • 2 bulan yang lalu

    hallo bu dok saya mau nanya
    kemaren saya suntik kb 1 bulan umur saya 21 tahun apakah itu aman?
    dan di bulan selanjutnya saya tidak lagi suntik apakah saya masih bisa hamil? karna saya sudah menikah 1 tahun lebih tapi tidak ada tanda2 kehamilan , apakah saya harus mancing kehamilan dengan pil kb? Terimakasih bu dok🙏🏻

    Konsultasi masalah haid

  • Oleh : Tukijo
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum
    Maaf pak/buk dokter saya mau konsultasi, usia saya sekitar 20.n , semenjak saya pindah kerja kok jadwal haid saya jd kurang teratur ya..? Apakah itu normal..? Atau pengaruh hormon.? Apa karena kecapek.n atau gejala penyakit ya dok..? Terus solusi buat saya gmna ya dok

    Maaf sebelumnya dan terima kasih. 😊

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan