×

Apabila Ibu Hamil Ngidam Gak Dijabanin

Bagikan Artikel :

Apabila Ngidam Gak Dijabanin

Kayanya gak ada deh ibu hamil yang gak pernah ngidam. Iya kan? Padahal dalam medis sebenarnya tidak ada kata ngidam. Ini hanya masalah psikologis ibu hamil yang ingin lebih diperhatikan. Ngidam biasanya diartikan sebagai keinginan ibu hamil untuk makan makanan tertentu dan biasanya dengan permintaan khusus dan sulit dicari, seperti mangga muda, buah kecapi, kue yang dibuat oleh ibu mertua, dan lainnya. Ngidam juga kadang diartikan sebagai permintaan jabang bayi. Jika ngidamnya tidak dituruti, biasanya ibu takut janinnya mendapat masalah. Padahal ini tidak benar.

Hingga saat ini tidak ada penjelasan yang dapat diterima yang mampu menjelaskan apa yang sedang terjadi pada tubuh saat ngidam. Namun, di balik keinginan ibu yang banyak saat ngidam, sebaiknya tetap memperhatikan apakah makanan yang diminta ibu saat ngidam menyehatkan atau membawa dampak buruk. Jangan sampai karena alasan ngidam, ibu banyak mengonsumsi makanan yang justru membahayakan ibu dan janin.

Misalnya, ibu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam karena sedang ngidam fastfood. Konsumsi banyak fastfood dapat berdampak pada tekanan darah ibu, menyebabkan kembung, membuat pergelangan kaki bengkak, serta makan terlalu banyak gula dapat menambah beban pada pankreas.
Tetap perhatikan asupan makanan ibu supaya kebutuhan zat gizi penting yang diperlukan ibu hamil dan janin tetap terpenuhi dan membawa manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Sebaiknya makan makanan yang sehat saat ngidam, walaupun keinginan untuk makan makanan saat ngidam tidak dapat ditentukan.

Arti ngidam bagi tubuh

Tidak ada yang mengetahui mengapa ngidam terjadi, ada yang mengatakan bahwa ngidam merupakan tanda tubuh ibu hamil sedang kekurangan beberapa zat gizi sehingga ngidam adalah cara tubuh untuk meminta apa yang tubuh perlukan. Seperti dilansir dari webmd, ngidam bukan berarti tubuh benar-benar membutuhkan makanan tertentu yang Anda inginkan, tetapi mungkin tubuh perlu sesuatu (zat gizi) yang di dalam makanan tersebut. Selera Anda menafsirkannya sebagai keinginan untuk sesuatu yang spesifik. Banyak ahli mengatakan indra pengecap pada lidah memainkan peran dalam bagaimana kita menafsirkan kebutuhan tubuh kita.

Ngidam Bisa Jadi Alarm Dari Tubuh

Ngidam mungkin merupakan pesan dari otak mengenai kebutuhan Anda, perut Anda sedang lapar atau Anda membutuhkan zat gizi tertentu. Stres, cemas, dan emosi dapat berdampak pada kebutuhan akan makanan tertentu. Biasanya Anda ingin mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat ketika merasa down atau stress, seperti roti, biskuit dan makanan manis, karena makanan ini memiliki efek menenangkan dan meningkatkan kadar zat kimia dalam otak yang menghasilkan suasana hati senang (serotonin). Contoh lainnya, yaitu jika ibu hamil ngidam burger, daging, atau kentang goreng, mungkin ibu sedang membutuhkan protein, natrium, dan kalium. Cokelat atau es krim mungkin merupakan tanda tubuh ibu membutuhkan kalsium atau lemak.

Arti Sebenarnya Ngidam

  1. Apabila yang diidamkan cokelat maka tubuh sedang membutuhkan magnesium. Berarti harus makan almond dan bayam.
  2. Apabila yang diidamkan makanan manis maka tubuh lagi membutuhkan kromium dan fosfor. Berarti yang harus dimakan adalah buah, brokoli dan kacang-kacangan.
  3. Apabila yang diidamkan makanan asin maka tubuh sedang membutuhkan klorida. Berarti yang harus dimakan adalah zaitun dan sayuran hijau.
  4. Apabila yang diidamkan makanan berlemak maka tubuh butuh omega 3. Berarti harus makan chia seeds, kenari dan ikan laut.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 3, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan

  • Oleh : indah nian lestari
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya , saya slalu keputihan setiap hari , sebenernya yang keluar dr vagina itu keputihannya warna putih pekat tp kelamaan dicelana dalam berubah jd warna kuning tp entah lah sebenernya warna apa saya juga bingung . Dan kemaren vagina sayaa terasa gatal sekali dan akhirnya saya berobat kepuskesmas terdekat dan saya dikasih obat metronidazol dan chlorphenamine maleate . Saya merasa sudah baikan setelah minum obat itu sekali dan karena merasa sudah sembuh saya tidak melanjutkan meminum obat tersebut . Dan hari ini gatal nya kambuh lagi . Sebenernya saya tuh sakit apa ya dok ? Apakah saya terkena kanker servik?

    Menstruasi

  • Oleh : Elfi Zahra
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Mau tanya apakah di perbolehkan minum em kapul karna daya mentruasi nya telat

  • Oleh : Elfi Zahra
  • Tentang miss v

  • Oleh : Dwi Tini
  • 7 bulan yang lalu

    Dok saya kemaren habis cukur rambut di miss v terus ga lama itu ada bisul, lama2 udh pecah terus jadi bengkak dan gatal. Gmna cara ngatasinya dok?

  • Oleh : Dwi Tini
  • Keputihan menggumpal

  • Oleh : debbyaprilyulia
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    selamat siang bu bidan, saya mau menanyakan tentang keputihan yang terkadang menggumpal, saya belum menikah, apakah ini berbahaya? dan bagaimana cara mengatasinya, ditunggu jawabannya ya bu

    Menstruasi yang tidak teratur

  • Oleh : herry sinaga
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan,

    aku mau tanya, siklus haid aku setiap bulannya selalu terlambat maksimal setelah meikah april tahun ini telat 1 minggu.

    hal demikian kenapa terjadi ya bu bidan, dan menyebabkan susah hamil atau tidak?

    atau daya da kelainan hormon atau bagaimana bu? dan cara mengatasinya bagaimana agar jika ada kelainan saya bisa mengobatinya sejak dini bu bidan.

    terimakasih

    Tanya Bidan