×

Asalkan Tidak Berlebihan, Buah Anggur Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Asalkan Tidak Berlebihan, Buah Anggur Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Kata orang ibu hamil jangan makan anggur, nanti janinya kepanansan atau nanti janinya mabuk? Pernah dengar gak Bun? Nih Bidan Citra jelasin ya, bahwa ibu hamil itu boleh makan anggur bahkan dianjurkan lho. Buah anggur itu banyak sekali manfaatnya untuk ibu dan janinya.

Buah anggur mengandung berbagai macam nutrisi penting mulai dari vitamin, serat, asam organik (sitrat, askorbat), pektin, zat besi, kalsium, kalium, dan asam folat

Manfaat Anggur Untuk Ibu Hamil

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Konsumsi anggur dalam kadar yang cukup mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena anggur kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonol, linalool, geraniol, dan tannin
  2. Kandungan magnesium yang terdapat pada anggur mampu meredakan kram otot yang Mama alami selama kehamilan.
  3. Buah anggur merupakan sumber makanan berserat yang baik, konsumsi anggur saat hamil dapat mencegah Mama alami sembelit
  4. Kandungan resveratrol dalam anggur bisa membahayakan kesehatan jika dalam dosis yang tinggi. Namun dalam dosis pas atau tidak berlebih, reseveratrol mampu membantu mengontrol kadar kolesterol selama kehamilan.
  5. Anemia merupakan masalah kesehatan yang tak jarang diderita perempuan hamil. Nah, kandungan zat besi yang terdapat pada anggur mampu meningkatkan produksi sel darah merah sehat sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

Fakta Makan Anggur Bagi Ibu Hamil

Buah anggur menjadi tidak baik dikonsumsi ibu hamil jika berlebihan karena dapat memicu terjadinya keracunan.
Hal ini karena kandungan reseveratrol yang terdapat di anggur terbilang cukup tinggi sehingga konsumsi secara berlebih dapat memicu terjadinya keracunan Ma. Bagaimana agar terhindar dari bahaya selama kehamilan?
Untuk mencegah hal ini terjadi, tentu Bunda harus membatasi atau mengonsumsi anggur secukupnya saja.

Hindari Mengonsumsi Buah Anggur Berlebihan Pada Saat Trimester 3

Pada trimester ketiga, sebaiknya hindari konsumsi anggur demi keamanan. Jika Mama menderita penyakit diabetes, obesitas, dan gangguan pencernaan, ada baiknya untuk menghindari konsumsi anggur. Atau tanyakan kepada dokter untuk keamanannya.

Cara Mengolah Buah Anggur

Jika Bunda bosan atau tidak mau memakanya langsung, bunda bisa mengolah buah anggur menjadi jus, sop buah, pudding, aneka dissert, vietnames rolls, selai, salad buah atau yang lainnya. Tapi ingat jangan berlebihan ya Bun!

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 27, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang haid

  • Oleh : Vina Pratiwi
  • 1 bulan yang lalu

    Saya mau konsul kan saya blm di bulan juni trus saya haid dibulan juli tnggal 1 trus darah coklat trus ga kluar di softek apa itu normal dok

  • Oleh : Vina Pratiwi
  • Cara atasi mentruasi dan penyebab pms lambat

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    saya baru usia 15 tahun pas tangal 25 November 2020 nah saya terhakir pms bulan Desember 2020 nah awal bulan Januari 2021 saya sebulan belom pms itu kenapa y k berat badan saya 40 kilogram pas terus juga gak napsu makan saya makan sehari 1 kali itu juga gak napsu makan itu penyebab nya ap Y k tolong jawab?….

  • Oleh : kimnadiya kimnadiya
  • Kehamilan

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saya mau menanyakan usia kehamilan saya 6 minggu. Saya sempat terkena batuk kering sampai menekan di perut bahkan sampai keluar keputihan saat batuk. Saat hari ke 4 saya terjadi flek. Saya langsung periksa k dr kandungan. Saat di usg terdapat kantung janin tapi janin belum terlihat lalu dokter memeriksa menggunakan alat langsung dr dlm kandungan. Dan janin terlihat. Tapi detak jantung belum terlihat. Dr mengatakan bahwa resiko besar keguguran. Sehingga saya di minta bedrest dan diberi obat penguat. Yang saya tanyakan, apakah mungkin terdapat janin tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar resiko bisa berkembang dengan normal? Dan apa yang harus saya lakukan selain bedrest? Mohon informasinya

    Haid

  • Oleh : Rhippy
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat siang dok, saya berumur 34 tahun dan baru menikah.. sebelum menikah masa haid saya kurun waktu 3 hari tp setelah menikah ini masa haid saya cuman 2 hari dan pada hari ke 3 cuman bercak coklat saja apa ini termasuk normal? Terimakasih sebelumnya..

  • Oleh : Rhippy
  • Vagina

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Saya punya kyk benjolan di pinggir vagina, saya kurang tau itu knp.. kira kira bisa saran gk itu pnyakit apa

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • Tanya Bidan