×

Asalkan Tidak Berlebihan, Buah Anggur Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Asalkan Tidak Berlebihan, Buah Anggur Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Kata orang ibu hamil jangan makan anggur, nanti janinya kepanansan atau nanti janinya mabuk? Pernah dengar gak Bun? Nih Bidan Citra jelasin ya, bahwa ibu hamil itu boleh makan anggur bahkan dianjurkan lho. Buah anggur itu banyak sekali manfaatnya untuk ibu dan janinya.

Buah anggur mengandung berbagai macam nutrisi penting mulai dari vitamin, serat, asam organik (sitrat, askorbat), pektin, zat besi, kalsium, kalium, dan asam folat

Manfaat Anggur Untuk Ibu Hamil

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Konsumsi anggur dalam kadar yang cukup mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena anggur kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonol, linalool, geraniol, dan tannin
  2. Kandungan magnesium yang terdapat pada anggur mampu meredakan kram otot yang Mama alami selama kehamilan.
  3. Buah anggur merupakan sumber makanan berserat yang baik, konsumsi anggur saat hamil dapat mencegah Mama alami sembelit
  4. Kandungan resveratrol dalam anggur bisa membahayakan kesehatan jika dalam dosis yang tinggi. Namun dalam dosis pas atau tidak berlebih, reseveratrol mampu membantu mengontrol kadar kolesterol selama kehamilan.
  5. Anemia merupakan masalah kesehatan yang tak jarang diderita perempuan hamil. Nah, kandungan zat besi yang terdapat pada anggur mampu meningkatkan produksi sel darah merah sehat sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

Fakta Makan Anggur Bagi Ibu Hamil

Buah anggur menjadi tidak baik dikonsumsi ibu hamil jika berlebihan karena dapat memicu terjadinya keracunan.
Hal ini karena kandungan reseveratrol yang terdapat di anggur terbilang cukup tinggi sehingga konsumsi secara berlebih dapat memicu terjadinya keracunan Ma. Bagaimana agar terhindar dari bahaya selama kehamilan?
Untuk mencegah hal ini terjadi, tentu Bunda harus membatasi atau mengonsumsi anggur secukupnya saja.

Hindari Mengonsumsi Buah Anggur Berlebihan Pada Saat Trimester 3

Pada trimester ketiga, sebaiknya hindari konsumsi anggur demi keamanan. Jika Mama menderita penyakit diabetes, obesitas, dan gangguan pencernaan, ada baiknya untuk menghindari konsumsi anggur. Atau tanyakan kepada dokter untuk keamanannya.

Cara Mengolah Buah Anggur

Jika Bunda bosan atau tidak mau memakanya langsung, bunda bisa mengolah buah anggur menjadi jus, sop buah, pudding, aneka dissert, vietnames rolls, selai, salad buah atau yang lainnya. Tapi ingat jangan berlebihan ya Bun!

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 27, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    HAID

  • Oleh : Nayla Utami
  • 9 bulan yang lalu

    Mau tanya, umur saya tahun ini 15 tahun tapi sampai saat ini saya belum mengalami haid apa penyebab dan solusinya?

  • Oleh : Nayla Utami
  • Saki Kaki Dan Tangan

  • Oleh : Mohammad ikhsan
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya, kok akhir akhir ini saya sering sekali merasakan sakit pada bagian kaki dan tangan saya ya dok? Rasanya itu cenat cenut, muncul tiba tiba dan bahkan hilang secar tiba tiba. Ini sakit apa ya dok? Terus bagian mana agar ini tidak terjadi terus menerus?

    Program kehamilan

  • Oleh : Claudia anggelina
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan

    Penyebab Munculnya Flek Darah saat Hamil

  • Oleh : Henny Diastara
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil fase trimester pertama dan saya khawatir tentang flek yang terjadi saat hamil, yang ingin saya tanyakan apa penyebab munculnya flek darah saat hamil? Terimakasih

  • Oleh : Henny Diastara
  • Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Tanya Bidan