×

Asupan Gizi Yang Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Saat wanita sedang hamil, wanita harus ekstra teliti dalam mengkonsumsi makanan yang dia makan. Hal ini karena sangat berpengaruh bagi kesehatannya dan juga kesehatan janin yang ada dalam kandungannya ini. Dengan mencukupi asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, maka anda akan mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya ini. Perlu diketahyi, bahwa ada beberapa jenis makanan yang memang sangat baik bagi kesehatan anda dan janin, atau juga ada beberapa jenis makanan yang justru sangat buruk bagi kesehatan janin anda ini. Hal ini akan menjadi salah satu hal yang memang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh anda ini. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa makanan sangat berpengaruh bagi kesehatan, dimana saat kita mengkonsumsi makanan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh maka otomatis kita akan terkena berbagai jenis masaah yang membahayakan kesehatan.

Agar ibu hamil ini memiliki kesehatan yang luar biasa, sebaiknya anda mengkonsumsi jenis asupan gizi seperti berikut ini :


  • Zat Besi

Hati, daging dan juga ikan merupakan salah satu dari beberapa jenis makanan yang mengandung kandungan zat besi. Kandungan yang ada di dalam makanan ini mampu membantu anda dalam membentukan sel darah merah dan bahkan juga merupakan salah satu jenis kandungan yang bisa mencegah datangnya masalah anemia pada ibu hamil ini.

  • Asam Folat

Salah satu dari beberapa asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil ini adalah jenis asupan asam folat. Asam folat ini merupakan jenis kandungan yang sangat penting dan perlu di penuhi oleh para ibu hamil, karena ini merupakan jenis kandungan yang memang mambantu fungsi saraf bayi yang ada di dalam kandungan anda ini. Jika kandungan ini tidak terpenuhi, maka kemungkinan besar anda kemungkinan anak lahir dengan beberapa kelainan ini akan dirasakan.

  • Vitamin

Untuk membantu mempertumbuhkan tulang bayi, menghindari kerusakan otak, melindungi jaringan dari otak, menjaga kesehatan gusi dan gigi ini perlu terpenuhi kandungan vitamin yang memang banyak. Semua jenis makanan ini sebenarnya sangat baik dan mengandung banyak vitamin, namun ada beberapa jenis makanan yang sangat disarankan dan dipercatya mengandung banyak vitamin seperti sayuran, buah, telur, susu, kuning dan juga hati ikan. Kandungan yang ada di dalam makanan ini sangat baik bagi kesehatan tubuh anda.

  • Kalsium

Janin yang ada di dalam tubuh anda ini sangat perlu mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Hal ini sangat perlu di perhatikan karena kalsium ini merupakan salah satu jenis kandungan yang bisa membantu janin untuk pembentukan gigi danjuga tulang. Tidak hanya bagi bayi saja, namun kandungan ini juga sangat baik bagi para ibu hamil seperti mampu terhindar dari masalah osteoporosis, sehingga tulang anda menjadi kuat dan juga terjaga. Kalsium ini terkandung di dalam kacang kacangan, sayuran hijau dan juga susu.

  • Kalori

Biasanya,ibu hamil ini perlu mendapatkan tambahan kalori setidaknya 300-100kkal perharinya dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil. Jika anda bingung perlu mengkonsumsi makanan apa, sebaiknya anda mengkonsumsi jenis makanan 4 sehat 5 sempurna, di mana jenis makanan ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Protein

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kandungan protein merupakan jenis kandungan yang mampu membuat pembentukan sel darah. Konsumsi jenis makanan kacang kacangan, daging, tahu dan juga tempe karena di dalam makanan ini mengandung kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda ini.

Itulah beberapa asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung kandungan kandungan tersebut, maka anda akan terhindar dari berbagai jenis masalah keluhan kesehatan dan bahkan anda janin yang ada di dalam tubuh anda akan lahir dengan sempurna. Konsumsi makanan makanan ini agar anda mendapatkan manfaatnya ini.

Curhat Bidan | Hal Yang Bisa Menimbulkan Persalinan Prematur

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 31, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang gatal dan panas ditempt yg gatal saat sedang hamil

  • Oleh : Dwi saputro
  • 9 bulan yang lalu

    Selamat malam
    Istri saya mengalami gatal gatal dan bintik merah dan di sekitar gatal itu terasa panas apa itu bawaa n bayi??

    Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • ragu dengan kehamilan

  • Oleh : cassandralamar9
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

    Hamil bagi penderita diabetes

  • Oleh : uye (wanita)
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

    Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan